Resep Cemilan Sederhana Teman si Kecil Belajar

Satu hal yang mama butuhkan adalah resep cemilan sehat sederhana agar si kecil tetap senang saat belajar di rumah. Belajar di rumah menghadap komputer atau tablet bisa membuat si kesepian. Dan yang lebih parah lagi, si kecil jadi mudah bosan. Padahal, kalau sudah bosan belajar, butuh usaha ekstra untuk membuat si kecil belajar lagi. 


Karena itulah mama dan papa pasti tidak kurang-kurang mencari cara yang bisa membuat belajar di rumah jadi lebih marak. Salah satunya adalah menyediakan cemilan yang bisa dijadikan kudapan buat si kecil pada saat-saat jeda antara satu kelas dan kelas lainnya. 


Tapi, mama pasti tahu bahwa tidak semua kudapan cukup sehat dan bisa dijadikan teman belajar terus-terusan. Karena itulah dibutuhkan sedikit strategi untuk mendapatkan cemilan yang sehat dan bisa dinikmati setiap hari. 


Pisang Bakar

Ini dia resep cemilan yang paling sederhana dan bisa dikerjakan kapan saja. Cemilan sederhana ini lezat, mengenyangkan, dan juga menawarkan berbagai kandungan gizi yang berharga. Tentu saja yang paling awal bahwa pisang bakar ini sangat mudah dibuat. 


Untuk menyiapkan pisang bakar, hanya dibutuhkan tiga langkah. Yang pertama adalah membelah pisang menjadi dua secara memanjang atau dengan cara mama potong-potong secara menyerong. Kedua cara ini bisa dipakai untuk pisang bakar. Kemudian, panaskan minyak zaitun atau mentega, dan baru kemudian kita masukkan pisang. 


Untuk menghidangkannya, mama bisa memberikannya langsung kepada si buah hati. Atau, bila ingin sedikit lebih banyak kalori, mama bisa memberikan parutan keju chedar atau kental manis sesuai selera. Pisang bakar sebenarnya sudah manis. Namun, bila diperlukan, mama bisa menaburkan sedikit gula pasir sekadar memberikan tekstur. 


Pisang sangat dianjurkan sebagai cemilan sehat karena pisang kaya akan kalium. Kandungan kalium akhirnya akan menghasilkan elektroli, yang sangat diperlukan tubuh untuk menghindari dehidradisi atau menjaga keseimbangan air di dalam tubuh. 


Jeruk Peras 

Resep cemilan sederhana dan sehat yang kedua adalah jeruk peras yang diiris-iris sesuai selera. Jeruk kupas cenderung keras dan ketika diiris-iris kandungan sari jeruknya tidak langsung meluber. Hal ini menjadikan jeruk kupas bisa disajikan dan menunggu si kecil siap untuk memakannya. 


Untuk memperkuat rasanya, taburkan garam meja secukupnya ke atas permukaan bagian jeruk yang telah diiris-iris. Ini akan membuat jeruk terasa lebih kaya rasa karena rasa asin garam memberikan rasa unik di tengah manis dan asam jeruk peras. 


Cemilan ini juga bagus bagi anak karena jeruk pada dasarnya adalah salah satu buah paling kaya vitamin dan mineral. Kandungan vitamin A dan C-nya sangat bagus. Selain itu, jeruk juga kaya akan potassium, yang lagi-lagi berfungsi sebagai elektrolit yang membantu berbagai fungsi tubuh, mulai mengatur tekanan darah hingga denyut syaraf.


Jeruk Peras sebagai Cemilan Sehat Sederhana buat Belajar dari Rumah


Salad Buah

Terakhir, mama juga bisa menyiapkan salad buah, yang pastinya sangat disukai anak-anak karena rasanya yang merupakan paduan gurih, manis, dan asam. Tidak aturan pasti buah apa yang bisa dipakai untuk salad buah. Mama tinggal mendaftar buah-buahan yang ada di kulkas dan campur semua bahan yang ada. 


Untuk meningkatkan kekayaan gizi salad buah, mama bisa menggunakan yoghurt sebagai dressing. Yoghurt yang asalnya dari susu ini memiliki rasa gurih berbalut asam. Anak-anak biasanya sangat menyukai yoghurt. Tentu saja, selain kelezatannya, yoghurt juga memiliki manfaat yang besar, khususnya sebagai probiotik yang membantu penyerapan nutrisi. 


Setelah mengetahui tiga resep cemilan sehat untuk belajar di rumah ini, mama dan papa tinggal mencari cara untuk menyajikanya kepada si buah hati di tengah-tengah kesibukan mereka belajar di rumah. Mama bisa membuat sebuah sudut di rumah dengan meja dan kursi-kursi kecil yang bisa dipakai sebagai sudut makan. 


Bayangkanlah ini adalah kantin di sekolah tempat anak-anak bisa beristirahat sejenak untuk menikmati cemilan. Mungkin mama atau papa juga bisa ikut jajan di sana!


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/cut-whole-orange-fruits-with-green-leaves_8132442.htm