Resep Cemilan Sederhana dari Tahu untuk Piknik Outdoors

Salah satu kegiatan rekreasi yang terbilang paling aman saat ini adalah berkegiatan di luar ruangan. Ada banyak sekali pilihannya, mulai dari family camping, hiking ringan, maupun sekadar menikmati alam. Agar kebersamaan semakin lengkap dan energi tetap terjaga, cemilan ada kunci! Untuk itu, Mama perlu cadangan resep cemilan yang selalu siap.


Tapi perlu diingat, kondisi outdoors seringkali tidak bisa ditebak. Terkadang terlalu dingin, terlalu panas, terlalu berangin. atau mungkin terlalu lembab. Oleh karena itu, gizi yang bagus dibutuhkan ketika melakukan itu, termasuk juga untuk cemilan. 

Mari kita lihat tiga saja yang paling istimewa tapi sederhana. 


Tahu Tepung

Seperti biasa, mari kita mulai dengan yang paling mudah dan bahannya paling sederhana. Untuk membuatnya, Mama perlu menyiapkan tahu yang dipotong dadu dengan ukuran tidak terlalu besar dan simpan di kulkas agar padat. Bahan lainnya adalah 1 bagian tepung terigu, 1 bagian tepung tapioka, dan Masako® secukupnya. 


Untuk membuatnya, campurkan seluruh tepung di sebuah mangkuk dan aduk rata. Kemudian, masukkan tahu ke dalam adonan tersebut dan aduk hingga tahu rata tertutup tepung. Terakhir, panaskan minyak di atas api sedang. Setelah minyak cukup panas, masukkan tahu dan biarkan hingga warnanya berubah keemasan atau kecoklatan. 

Angkat dan tiriskan tahu untuk kemudian dipersiapkan untuk dihidangkan.


Martabak Isi Tahu

Yang kedua adalah resep cemilan yang bahannya cukup banyak tetapi membuatnya cukup mudah, yaitu martabak isi tahu. Untuk membuat ini, bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah kulit martabak (beli jadi), tahu (cincang sampai halus), tepung terigu, tepung tapioka, lada, garam, wortel cincang, putih telur, dan Masako® rasa ayam. 


Untuk membuatnya, hancurkan tahu dengan menggunakan garpu dan kemudian campurkan dengan semua bahan yang ada. Tambahkan air secukupnya agar adonan mudah diaduk. Setelah semua bahan tercampur rata, siapkan kulit martabak dan panaskan minyak.


Setelah minyak cukup panas, masukkan kulit martabak dan tuangkan adonan ke atasnya dan lipat kulit martabak hingga seluruh adonan tertutupi. 

Angkat martabak ketika warnanya sudah berubah keemasan.  


Bakwan Tahu Udang

Bakwan adalah makanan yang ada di berbagai tempat di seluruh Indonesia. Karenanya, tidak salah bila Dapur Umami mengadakan challenge membuat bakwan di segala penjuru nusantara. Nah, bakwan adalah makanan yang cocok untuk piknik. 


Di antara berbagai jenis bakwan, ada satu yang istimewa, yaitu bakwan tahu udang, yang resep detailnya bisa ditemukan di Dapur Umami. Yang patut dicatat adalah, bahwa bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya mudah. 


Bahan utamanya hanya terdiri dari tahu, udang, dan Sajiku® tepung bumbu bakwan crispy. Selain bahan utama ini, Mama membutuhkan sayuran yg bisa terdiri dari kacang polong dan wortel. Sebagai pelengkap, Mama membutuhkan minyak goreng untuk menggoreng semua. 


Pada intinya, cara membuatnya terdiri dari menghaluskan tahu, mencampurnya dengan udang, Sajiku®, dan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil. Kemudian, tambahkan air secukupnya dan aduk adonan hingga rata. 


Terakhir, Mama tinggal memanaskan minyak dan ketika sudah cukup panas tuangkan adonan. Setelah warna adonan berubah menjadi keemasan, bakwan sudah bisa diangkat. Lanjutkan hingga adonan habis. 


Tahu sangat cocok untuk berbagai resep cemilan untuk piknik outdoors


Setelah melihat tiga resep cemilan ini, pasti Mama jadi punya pandangan membuat cemilan yang lezat tapi mudah dibuat untuk piknik outdoors. Kalau ingin menambah kenikmatan berpiknik, jangan lupa tambahkan cabe rawit segar atau bon cabe ketika menikmatinya. Kecap juga teman yang bagus untuk menikmati cemilan ini.