Resep Cemilan Goreng Kekinian Anti Bosan

Setelah bertahun-tahun, pasti Mama sudah hapal betul kalau keluarga selalu menikmati cemilan. Apapun musimnya, baik hujan maupun panas, yang namanya cemilan selalu dibutuhkan. Karena itulah Mama harus selalu siap resep cemilan. Kali ini cemilan goreng. 


Cemilan goreng adalah cemilan yang paling mudah dibuatnya, dan alatnya pun cenderung sederhana. Mama hanya membutuhkan wajan dan kompor. Tidak perlu oven atau mixer atau sejenisnya. 

Kali ini, mari kita lihat tiga resep cemilan goreng yang kekinian. Dijamin memberi kebaruan di akhir pekan.


Pisang nugget

Ini dia cemilan yang sedang populer beberapa tahun terakhir. Sayangnya, banyak dari kita yang menganggap cemilan ini sulit dibuat dan lebih baik beli jadi. Padahal, kalau tahu prinsip dasarnya, pisang nugget sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah.


Untuk ini, yang Mama butuhkan hanyalah pisang raja atau pisang kepok, Sajiku® tepung manis serbaguna, telur, dan tepung panir. Bahan lainnya bisa ditambahkan sesuai minat.


Cara membuatnya terdiri dari dua tahap. Yang pertama adalah penyiapan adonan pisang. Di sini, yang perlu Mama lakukan adalah menghaluskan pisang hingga cukup halus dan kemudian menambahkan Sajiku® tepung manis. Setelah itu, tata di loyang kaca untuk kemudian dikukus selama 30 menit. 


Yang kedua adalah menggorengnya. Di sini, Mama tinggal memotong-motong adonan pisang dengan ukuran sesuai selera. Kemudian, celupkan potongan pisang ke telur yang sudah dikocok. Terakhir, guling-gulingkan potongan adonan pisang ke tepung panir. 


Terakhir, masukkan adonan ke wajan dengan minyak panas sedang. Angkat ketika tepung panir sudah cukup mengeras dan warna sudah agak kecoklatan. Silakan menikmatinya sebelum terlalu dingin. Atau, seperti gaya Dapur Umami ini, tambahkan topping sesuai selera.


Pisang nugget dengan topping meses kaya warna


Brulee Bomb

Resep cemilan yang kedua ini juga kekinian dan tidak biasanya. Tapi bahan-bahannya sangat mudah ditemukan di minimarket dekat rumah. 


Bahan utamanya adalah bawang bombai, bawang putih, merica, Sajiku® tepung serbaguna (5-6 sendok makan), penyedap rasa, daging giling (atau bisa diganti daging asap tipis), susu UHT (250gr), keju parut, tepung panir, dan telur. Untuk menggoreng, dibutuhkan margarin dan minyang goreng biasa,

Cara membuatnya juga terdiri dari dua bagian.


Pertama adalah bagian membuat adonan brule. Untuk ini, Mama perlu mengawali dengan memanaskan margarin untuk menumis bawang putih dan bawang bombai. Setelah itu, masukkan daging giling atau daging asap tipis yang sudah dicincang. Kemudian masukkan susu, Sajiku® tepung serbaguna, dan keju parutnya.

 

Setelah adonan mengental, matikan api dan biarkan cukup dingin untuk selanjutnya dikepal-kepal menjadi bulatan. Kalau ingin, mama bisa masukkan sepotong keju mozarela. 


Terakhir, ketika sudah siap untuk menghidangkannya, panaskan minyak goreng di atas wajan cekung. Sambil menunggu minyak panas, guling-gulingkan bulatan di tepung panir. Ketika minyak cukup panas, goreng bulatan hingga berwarna keemasan sedikit coklat. Angkat dan tiriskan. 

Brulee bomb sangat cocok dinikmati bersama kopi pahit atau teh tanpa gula!


Cireng Mozarella

Ini dia campuran cita rasa tanah Pasundan dan Italia. Karena paduan inilah, Cireng mozarella bisa dinominasikan sebagai resep cemilan kekinian yang paling sederhana.


Bahan-bahannya sama sekali tidak berbeda dengan membuat cireng biasanya. Mama perlu menyiapkan tepung terigu (1 sdm), tepung tapioka (200 gr), bawang daun (yang kecil, iris-iris), air hangat (agar adonan tidak meletup saat digoreng), dan penyedap rasa AJI-NO-MOTO® secukupnya). 

Oh ya, jangan lupa siapkan juga mozarella. Potong-potong dadu mozarella dengan ukuran sesuai selera. 


Yang pertama-tama perlu dilakukan adalah mencampur semua bahan adonan cireng dan menguleni hingga tercampur rata. Kemudian pipihkan adonan cireng dan gunakan untuk membungkus potongan-potongan mozarella. Silakan bereksperimen dengan bentuknya (boleh bulatan atau seperti pastel isi). 


Setelah minyak di wajan cukup panas, goreng bahan yang sudah disiapkan. Cireng sangat cocok dinikmati ketika masih hangat ya, Mama. Kalau sudah dingin, sensasi cireng dan mozarellanya akan berkurang. 


Dengan tiga resep cemilan goreng kekinian ini, akhir pekan di rumah pun jadi tetap istimewa!