Artikel & Tips Resep Camilan ala SAORI®, Praktis, Gurih, dan Dijamin Nagih
Resep Camilan ala SAORI®, Praktis, Gurih, dan Dijamin Nagih

Resep Camilan ala SAORI®, Praktis, Gurih, dan Dijamin Nagih

07 Mar 2023, 12:03

Siapa bilang SAORI® cuma untuk masak tumis atau lauk pauk saja. Bumbu praktis ini juga bisa kok digunakan bikin aneka camilan.


Dengan varian rasa saus mentega, teriyaki, dan yang lainnya, banyak pilihan camilan lezat yang patut dicoba. Utamanya, makanan-makanan ala oriental.


Tenang saja, resep SAORI® Saus Tiram sama sekali tidak ribet. Justru bumbu ini sangat praktis sehingga menghemat banyak waktu.


Bagi Mama yang mau coba bikin camilan dari SAORI®, langsung saja simak rekomendasi resep Dapur Umami.


Resep Masakan Menggunakan SAORI® Saus Tiram

Berikut beberapa ide makanan oriental yang cocok buat ngemil santai di rumah bareng orang-orang tercinta:


1. Wonton

Wonton adalah kuliner khas Tiongkok yang bentuknya seperti kantong koin. Konon, bentuk tersebut melambangkan kebahagiaan.


Camilan gurih tersebut selalu ada di setiap perayaan Imlek. Kalau Mama penasaran, cara membuatnya mudah banget kok.


Ini termasuk kreasi resep ayam saus tiram SAORI® karena berbahan dasar ayam giling. Sebagai tambahannya bisa juga dicampur udang kupas giling.


Oke, langsung saja ke Resep Money Bag Wonton ala SAORI®. Pertama-tama, buat dulu adonan untuk isian.


Campur daging ayam dan udang gilingnya dengan bumbu-bumbu: SAORI® Saus Tiram, bawang putih, parutan jahe, kecap, merica, maizena, garam. Aduk-aduk sampai semua bahan tersebut tercampur.


Selanjutnya, tinggal bungkus adonan pakai kulit pangsit. Ambil sesendok adonan, letakkan di tengah kulit pangsit, lalu kuncupkan. Ikat kulitnya pakai daun bawang.


“Supaya kulit pangsit tidak rusak saat dilipat, pastikan permukaannya lembab.”


Goreng wonton dan sajikan dengan saus sesuai selera.


2. Gyoza Vegan

Rekomendasi kedua adalah makanan Jepang, gyoza. Ini bisa jadi variasi resep SAORI® Saus Mentega untuk camilan. Perbedaannya, resep kali ini khusus vegetarian karena gyoza biasanya pakai isian daging. Di sini, Dapur Umami menggunakan semua bahan vegan.


Persiapan Resep Vegan Gyoza ala SAORI® yaitu beli kulit khusus gyoza di supermarket. Boleh juga pakai kulit pangsit karena karakteristiknya mirip.


Kemudian untuk adonan isinya, siapkan wortel, daun bawang, jamur kuping, kol putih, bombay. Iris bahan-bahan tersebut, lalu tumis bersamaan. Tambahkan garam dan merica.


Isian sudah selesai, sekarang masukkan setiap satu sendok adonannya ke bungkus gyoza. Lipat kulitnya, rekatkan dengan air.


Untuk memasak gyoza, Mama hanya perlu meletakkan itu di wajan tanpa perlu membolak-balikkannya. Angkat saat bagian bawahnya sudah mulai kecoklatan.


Terakhir, masak saus dari SAORI® Saus Rasa Mentega dan air. Setelah itu, masukkan gyoza matang ke dalamnya.


“Gyoza dibawa oleh Tiongkok pada masa Perang Dunia II. Jadi, tidak heran kalau tampilannya memang mirip olahan pangsit Tiongkok.”


3. Pangsit Spesial

Camilan yang ketiga adalah resep udang saus tiram SAORI® simpel. Menu ini cocok buat orang-orang yang tidak suka ngemil gorengan.


Namanya pangsit spesial karena menggunakan isian udang dan ayam cincang. Sebagai penyedap alami, cukup tambahkan irisan daun bawang. Campurkan ketiga bahan tersebut, aduk-aduk bersama sebungkus SAORI® Saus Tiram. 


Langkah berikutnya, letakkan adonan ke dalam kulit pangsit. Bungkus kulitnya seperti pastel. Supaya lengket, oleskan air di pinggiran kulit pangsit.


Cara memasak pangsit spesial ini dengan cara direbus sehingga lebih sehat. Rebus sampai pangsitnya mengambang, lalu tiriskan.


Mudah banget, kan? Resep Pangsit Spesial SAORI® ini cukup buat ngemil empat orang.


4. Bola-Bola Daging Sapi

Terakhir, Dapur Umami punya resep daging teriyaki SAORI® yang kreatif. Alih-alih masak beef teriyaki, dagingnya diolah jadi seperti bakso. Dengan begitu, makanan ini juga bisa buat ngemil. 


Untuk membuat Resep Bola Daging SAORI® dibutuhkan sekiranya 200 gram daging sapi untuk 10 porsi.


Cincang dagingnya, kemudian campurkan parsley, tepung roti, keju, gula, serta jangan ketinggalan SAORI® Saus Tiram.


“Fungsi parsley di masakan sama dengan daun bawang, yaitu agar aroma masakan lebih wangi.”


Setelah itu, ambil segumpal adonan daging dan bentuk menjadi bola. Ulangi langkah ini sampai habis.


Goreng camilan bola daging di minyak panas sampai bagian luarnya kering. Tiriskan, kemudian sajikan bersama mayones atau saus sambal.


Bikin Camilan Oriental Praktis Pakai SAORI®

Di samping beberapa resep oriental di atas, masih banyak lagi Inspirasi Masakan dengan SAORI® yang patut Mama coba. Dengan aneka varian rasa SAORI®, tentunya kreasi camilan jadi tidak terbatas, praktis dan bikin ketagihan. Yuk, masak sekarang!




Source of thumbnail: wonton by Paul_Brighton on Canva Pro
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.