Palekko: Rica-rica Ayam Khas Bugis yang Pedas

Ayam merupakan salah satu sumber protein yang paling digemari di Indonesia. Oleh karena itu, banyak diantara masakan khas Nusantara yang sangat bhineka ini berbahan dasar ayam. Salah satunya adalah kuliner yang berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan. Namanya Palekko, rasanya pedas mantap. Kuliner ini memadukan ayam dengan berbagai rempah.


Meski tidak sepopuler saudaranya, yakni coto, sop saudara maupun konro, palekko ayam alias rica-rica khas Bugis ini juga bisa menjadi primadona di meja makan keluarga Mama. Bahan bahanya pun bisa dikatakan sangat mudah ditemukan di kulkas Mama, tetapi siap siap Mama memasak nasi lagi yah, karena olahan satu ini mengundang nafsu makan.


Hati hati dalam membaca artikel ini dan mempraktekannya ya, Ma. Ini akan mengandung ketagihan! 


Bahan pembuatan Palekko atau Rica-rica ayam khas Bugis

Bahan dasar yang paling utama yang harus Mama siapkan tentu saja ayam. Siapkan ayam sebanyak satu kilogram, potong kecil-kecil.


Untuk selanjutnya Mama cuci ayam hingga bersih dan marinasi dengan menggunakan air asam jawa yang telah dilarutkan. Atau bila Mama tidak memiliki air asam jawa di rumah, Mama bisa menggunakan lemon atau air jeruk nipis.


Pastikan seluruh bagian ayam rata dan diamkan sekitar 30 menit hingga 1 jam. Semakin lama marinasinya, semakin asam atau jeruk serta bumbu meresap pula. Dan rasa ayam pun semakin mantap.


Sembari menunggu ayam yang telah dimarinasi, Mama bisa siapkan bumbu halus bawang putih (10 siung), bawang merah (15 butir), dan cabe merah keriting dan cabe rawit. Untuk cabe bisa Mama sesuaikan dengan level kepedasan yang diinginkan. Bumbu ini bisa Mama haluskan menggunakan chopper atau diulek kasar saja, Ma, tidak perlu terlalu halus.


Tidak lupa siapkan juga bumbu pelengkap yaitu, serai, lengkuas, daun salam, sedikit gula merah (sisir halus), merica, minyak untuk menumis, gula garam, dan AJI-NO-MOTO® untuk menambah rasa lezat pada masakan.


Cara membuat

Palekko ini pada dasarnya mudah dibuat. Panaskan minyak dalam wajan, tidak perlu banyak. Untuk rasa yang lebih gurih, Mama bisa menggunakan minyak kelapa untuk menumis.


Setelah panas, Mama bisa memasukan bumbu yang telah dihaluskan tadi kedalam wajan. Gunakan api kecil saja ya waktu menumis. Dengan begitu, ayam tidak mudah gosong dan bumbu matang sempurna.


Tidak lupa pula Mama masukkan bumbu pelengkap sambil terus diaduk hingga matang. 


Masukkan ayam bersama dengan air asamnya, hal ini akan semakin menambah cita rasa. Jadinya, rica-rica ayam yang dihasilkan tidak hanya pedas menggigit, namun ada rasa sedikit asam menggoda juga.


Aduk sesekali saja, karena potongan ayam yang kecil-kecil, sehingga jangan sampai ayam menjadi hancur bila terlalu banyak diaduk. Tak lupa Mama masukkan juga gula garam dan AJI-NO-MOTO®. Test rasa, apabila sudah pas, tunggu hingga ayam matang dan menyusut.


Segera angkat dan sajikan bersama mentimun, kubis, ataupun sayur lalap favorit keluarga.


Mama sudah siap mempraktekkan ayam rica-rica khas Bugis sesuai artikel diatas? Selain hemat, terjaga kebersihannya dengan memasak sendiri, tentu ada kepuasan batin tersendiri ketika menghidangkan masakan di tengah keluarga. Untuk resep olahan ayam lainnya Mama bisa menyimak berbagai kumpulan resep di dapur umami.