Nggak Bikin Lemes, Ini Makanan Diet Karbo untuk Pemula

Kalau mama takut lemes ketika menjalani diet karbo, mama perlu pastikan makanan diet karbo yang dipilih tepat. Prinsipnya, diet karbo adalah mengganti sumber utama tenaga dari yang semula karbohidrat menjadi makanan mengandung protein dan lemak sehat. 

Nah, makanan apa saja yang dapat memberikan tenaga dengan kriteria tersebut selama diet karbo? Dapur Umami punya daftar makanan diet karbo untuk pemula!


Telur

“Telur merupakan salah satu makanan paling sehat dan bergizi di planet ini,” demikian pernyataan Kris Gunnars, ahli nutrisi dari Healthline untuk menggambarkan betapa hebatnya telur. ¹

Satu butir telur menawarkan 77 jumlah kalori dengan 6 gram sumber protein di dalamnya. Selain itu, mama juga dapat memenuhi kebutuhan terhadap sejumlah mikro nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, fosfor, hingga selenium. ²

Kadar karbohidratnya yang tak sampai 1 gram per butir, tentu masih sangat dalam batas toleransi. Toh faktanya, pola makan diet karbo itu bukan menihilkan asupan karbohidrat, melainkan membatasinya. Jadi, makan 2-3 butir telur yang direbus tak akan bikin diet karbo mama gagal


Daging 

Baik daging ayam, sapi, maupun kambing, semuanya punya kriteria tinggi protein dan nol karbohidrat. Selain tentu mengandung nutrisi-nutrisi lain yang penting untuk makanan diet pengganti karbohidrat.

Per-100 gram ayam umumnya mengandung 29 gram protein. Sedangkan kambing dan sapi masing-masing sekitar 20 dan 26 gram. Orang yang makan makanan tinggi protein ini, secara medis bisa merasa kenyang lebih lama dan mampu mengontrol hasrat ngemil berlebihan.³

Namun kalau misinya untuk diet, Dapur Umami sarankan mama olah dengan teknik panggang untuk menghindari minyak goreng. Lemak jenuh dalam minyak adalah salah satu pantangan dalam diet karbo. Dengan kadar protein tinggi, daging sangat cocok untuk menu makan siang mama.


Ikan Laut

Selain protein yang tinggi, ikan laut juga menawarkan lemak sehat yang juga tak kalah tinggi. Ikan seperti salmon, sarden, atau tuna, bisa jadi paket lengkap dalam menu makan diet karbo.

Umumnya, kadar asam lemak omega 3 dalam ikan laut mencapai 2-3 ribu miligram. Angka tersebut melebihi angka kebutuhan gizi minimal zat tersebut untuk orang dewasa yang hanya berkisar 1600 miligram. Protein yang kadarnya ada kisaran belasan gram per 100 gram juga jelas tergolong tinggi.

Namun sama dengan aneka daging, mama juga sebaiknya hindari minyak dalam pengolahannya untuk dapatkan penurunan berat badan yang mama idamkan.


Alpukat

Dari sekian banyak buah-buahan yang menyehatkan, alpukat jadi salah satu yang terbaik selama diet karbo. 

Selain kaya dengan lemak sehat, alpukat juga merupakan makanan yang mengandung serat yang mengurangi problem pencernaan selama diet.

Mama juga dapat mengimbangi konsumsi daging-daging sumber protein yang mengandung kolesterol dengan buah ini. Berdasarkan riset, diet yang menyertakan alpukat dalam menu hariannya menurunkan kolesterol jahat hingga 22% selama 1 minggu.


Sayuran Hijau

Fungsi sayuran hijau dalam diet karbo adalah memenuhi berbagai vitamin dan mineral penting yang tak dimiliki sumber protein seperti daging dan ikan. Bagaimanapun, tubuh membutuhkan berbagai zat yang ada dalam sayuran ini seperti zat besi, magnesium, fosfor, serta vitamin (A,C, dan K). 

Pada saat yang sama, jenis sayur berdaun hijau juga hanya mengandung sedikit karbohidrat ketimbang jenis sayuran lainnya. Bayam, kangkung, brokoli, serta sawi adalah sebagian sayuran dalam kategori ini yang bisa mama masukan dalam menu harian yang baik untuk kesehatan ini.


Saran

Perlu mama ingat, diet karbo bukan berarti mama meninggalkan karbohidrat sepenuhnya, melainkan hanya membatasi saja.

Untuk pemula, sebaiknya tetap konsumsi karbohidrat antara 50-100 gram. Angka tersebut sebenarnya sudah wow karena cukup jauh dari Angka Kecukupan Gizi harian versi Kemenkes untuk wanita dewasa yang ada di angka 300 gram ke atas. 

Agar makanan diet karbo untuk pemula yang mama konsumsi tetap nikmat, mama bisa gunakan resep-resep harian dari Dapur Umami. Mama juga bisa menggunakan produk-produk Ajinomoto untuk melezatkan hidangan diet. Pastikan diet mama tetap menyenangkan dengan makanan yang umami!