Nasi Uduk Rice Cooker Ini Gampang Buatnya!

Siapa tidak suka dengan rasa nasi yang Umami, harum, dan pulen satu ini. Nasi uduk selalu menjadi primadona, karena bisa disandingkan dengan berbagai macam lauk dan sajian. Tetapi pembuatan nasi uduk tidaklah sangat mudah. Utamanya karena pembuatan resep nasi uduk yang satu ini butuh proses yang panjang (lebih dari 30 menit). 


Membayangkannya saja tentu membuat Mama malas memasaknya. Namun, dalam artikel ini akan kita bahas jalan pintas dan cepat dalam memasak nasi uduk beserta kunci sukses memasaknya. Yuk disimak.


Bahan membuat nasi uduk rice cooker

Untuk membuat nasi uduk, Mama tentu saja perlu siapkan beras sebanyak 1 kilogram, air sebanyak 1 liter, dan santan sebanyak 500 ml. Resep ini dapat disesuaikan dengan banyaknya nasi uduk yang akan Mama buat.


Untuk bumbu pelengkapnya, Mama siapkan 6 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, daun salam, sereh, seruas lengkuas, garam dan sedikit MASAKO® untuk menambah rasa kelezatan nasi uduk yang berasal dari betawi atau yang biasa disebut nasi uduk betawi ini.


Cara membuat

Untuk membuat nasi uduk rice cooker ini (jangan khawatir kalau Mama punya magic com, tentu saja sangat bisa digunakan ya, Ma), Mama perlu cuci bersih beras dan rendam sebentar agar nantinya nasi yang diolah cepat matang.


Sambil menunggu nasi yang sedang direndam, Mama tumis semua bumbu pelengkap di atas dengan sedikit saja minyak hingga matang dan baunya harum. 


Bila semua sudah lengkap, masukkan beras dan semua bahan bahan kedalam rice cooker. Aduk rata. Jangan lupa pastikan rice cookernya sudah ON dan ditekan tombol cook yah, Ma. Tunggu hingga nasi matang, sesekali aduk nasi agar bumbu tercampur sempurna. 


Kunci sukses membuat nasi uduk rice cooker

Kunci sukses dalam pembuatan nasi uduk rice cooker ini tidak kalah pentingnya untuk Mama simak agar nasi uduk yang dihasilkan semakin yummy.



  • Jenis beras

Untuk pembuatan nasi uduk ini, Mama bisa pilih jenis beras yang tidak terlalu pulen. Karena proses memasak nasi uduk ini cukup panjang dan salah satu bahannya menggunakan santan. Tentu hal ini sangat berbeda dengan memasak nasi yang biasa masak sehari-hari. 

Bila Mama menggunakan beras yang pulen, maka nasi yang dihasilkan akan terlalu lembek. Untuk lebih baiknya, Mama bisa pilih jenis beras Medan, atau pilih beras yang bulirnya panjang.



  • Jenis dan takaran santan

Santan merupakan bahan utama dalam pembuatan nasi uduk ini, tetapi jenis santan yang digunakan juga mempengaruhi hasil akhir. Mama gunakan santan kental bila nantinya nasi uduk ini akan disajikan dengan lauk yang sederhana. Ini karena santan kental ini akan lebih cepat diserap beras. Dengan begitu, nasi yang dihasilkan tidak terlalu mekar, namun rasanya gurih mantap. 

Sebaliknya, bila Mama menyajikan dengan lauk lengkap, Mama bisa gunakan santan cair sehingga nasi yang dihasilkan lebih mekar, dan rasa gurihnya bisa mengimbangi lauk yang lainnya.



  • Bikin variasi

Agar nasi uduk yang dihasilkan semakin bervariasi, Mama di rumah juga bisa membuatnya menjadi berbagai macam lho. Mama bisa mengganti beras yang digunakan dengan menggunakan beras merah, walau tentunya untuk takaran bumbu dan santannya harus ditambahkan, karena beras merah lebih lama dalam proses memasaknya.

Nasi uduk warna warni? Siapa takut. Mama bisa menambahkan pewarna alami dari bunga telang bila ingin menghasilkan nasi uduk yang berwarna biru keunguan. Untuk nasi uduk rice cooker warna hijau, Mama bisa tambahkan ekstrak daun suji dan daun pandan, agar warna nasi menjadi kehijauan, cantik dan harumnya siapa mau menolak.


Sudah siap nasi uduk rice cookernya. Sekarang saatnya Mama memasak lauk pauk pelengkapnya. Nikmat dimakan bersama telur dadar, ayam goreng, sambal kacang, dan jangan lupa taburan bawang goreng. Untuk resep lauknya Mama bisa lihat di sini.