Nasi Kebuli Ayam, Cocok Untuk Sajian Buka Puasa Nanti

Beberapa waktu lagi kita akan menyambut datangnya bulan puasa ya, Ma. Mama disini tentu sudah mulai mempersiapkan daftar menu apa saja, lengkap dengan cemilannya untuk menu berbuka dan sahur.


Kali ini kita akan bahas salah satu menu khas timur tengah yang dijamin nikmat dinikmati ketika buka puasa nanti. Yak benar, nasi kebuli ayam. 


Nasi berbumbu dengan aroma khas rempah-rempah yang kuat ini akan menjadi sajian yang menyenangkan setelah seharian menjalankan ibadah puasa.


Bahan-bahan dan bumbu nasi kebuli

Untuk membuat nasi kebuli ayam ini dibutuhkan rempah-rempah yang sangat banyak memang, Ma. Namun rasanya akan sebanding dengan persiapan memasaknya kok. 


Bahan yang digunakan tentu saja beras putih sebanyak satu kilogram, ayam 1,5 kilogram (potong kurang lebih 24 bagian), jintan, pala, ketumbar bubur 4 sendok makan, kayu manis (gunakan yang bubuk saja), 12 butir kapulaga, cengkeh, minyak samin 6 sendok makan besar, sereh, merica putih, gula, garam, dan pastinya AJI-NO-MOTO®.

 

Untuk rasa yang semakin autentik, Mama juga bisa siapkan daging kurma yang dipotong kecil-kecil.


Bumbu halus yang perlu disiapkan antara lain bawang putih sebanyak 20 siung, bawang merah 20 butir, dan seruas jahe. Resep ini untuk porsi besar ya ma, kalau Mama ingin memasak untuk porsi kecil, disesuaikan ya bahan yang digunakan.


Cara memasak

Untuk memasak nasi kebuli ayam, kita memerlukan beberapa tahapan, tahap pertama adalah Mama masukkan minyak ke dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga mengeluarkan aroma.


Masukkan jintan, kayu manis bubuk, ketumbar bubuk, cengkeh, kapulaga, dan pala. Masak sampai bumbu tersebut matang, masukkan ayam dan air hingga ayam terendam.

Masak hingga ayam matang dan empuk, angkat ayam dari wajan dan sisihkan.


Tahap kedua adalah saatnya Mama mulai memasak nasi. Masukkan minyak samin ke dalam wajan. Tumis sebentar minyak samin dengan beras yang sudah dicuci bersih.


Masukkan air kaldu dan bumbu sisa rebusan ayam yang sebelumnya sudah dimasak. Masukkan kurang lebih 1,5 liter atau sesuai selera Mama. Saring terlebih dahulu ya, Ma. Masak hingga air tersebut terserap habis. Diamkan kurang lebih 10 menit. 


Sambil menunggu, Mama bisa panaskan dandang. Bila dandang kukusan nasi sudah mulai panas, masukkan nasi yang telah diaron dengan air bumbu. Masak hingga nasi matang.


Tahap terakhir yakni Mama goreng ayam yang sudah direbus dengan bumbu tersebut. Silakan menggoreng kering atau setengah kering sesuai dengan selera. Sajikan nasi tadi dengan ayam goreng atau bahkan acar mentimun dan kerupuk atau emping sebagai pelengkapnya. Selamat menunggu jam berbuka puasa. 


Tips memasak nasi kebuli ayam 


  1. Bila diperlukan, Mama gunakan jenis beras basmati atau beras yang bulirnya panjang.
  2. Mama pastikan takaran beras dengan air yang Mama gunakan, agar nasi yang dihasilkan pas, tidak terlalu lembek.
  3. Pada tahap kedua cara memasak, Mama bisa skip tahapan tersebut dengan memasak nasi dalam rice cooker. Mama cukup masukkan beras kedalam rice cooker dengan air kaldu, pastikan sudah tekan tombol cook hingga nasi matang. Sering aduk aduk nasi, agar bumbu dan nasi tercampur sempurna.
  4. Dalam memasak nasi kebuli, jangan pernah pelit bumbu. Karena ciri utama nasi kebuli adalah kaya akan rasa dan rempah yang kuat.


Siap menyajikan hidangan istimewa saat buka puasa nantinya. Selamat mencoba dan berkah dalam menjalankan puasa ya, Ma.