Mulai yang Gurih, Asin, hingga Manis, Ini Resep Cemilan Rendah Kalori untuk Diet!

“Hasrat ngemil Mama saat diet sebenarnya bukan persoalan. Asalkan, Mama mampu menyalurkannya dengan mengkonsumsi resep cemilan rendah kalori.“

Sayangnya, mengolah resep semacam ini mungkin tidak mudah karena menuntut Mama untuk menghitung kalori pada masing-masing bahannya. 

Untuk mempermudah Mama, Dapur Umami sudah mengumpulkan beberapa resep camilan yang bisa langsung Mama eksekusi tanpa hitung-hitung lagi kalorinya. Kita cek satu per-satu, yuk!


Martabak Tempe ala Ajinomoto

Jika martabak manis atau martabak telur isian daging Mama anggap kalorinya terlalu tinggi, mungkin Mama bisa coba martabak tempe. Kombinasi kalori rendah plus rasa yang tak kalah lezat, menjadikannya resep cemilan untuk diet yang bagus.

Cara membuat isiannya, mama bisa tumis tempe cincang dengan bumbu kari dan irisan daun bawang. Tumisan tersebut kemudian Mama aduk rata dengan telur, garam, dan penyedap rasa dari Ajinomoto. Terakhir, tinggal bungkus dengan kulit lumpia dan goreng hingga matang.

Meskipun menggunakan teknik goreng, kalori martabak tempe masih tergolong rendah, hanya 108 kkal per satu porsi. Mama juga akan mendapatkan protein tempe yang kadarnya bisa mencapai 20 gram per-100 gram. Tak kalah dengan daging, kan?


Siomay Ikan ala Ajinomoto

Sudah banyak riset membuktikan, kandungan omega pada ikan dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Karenanya, superfood ini makanan wajib bagi Mama yang sedang mengontrol asupan kalori.¹

Salah satu ikan yang biasa jadi bahan siomay adalah tenggiri. Mama bisa mengolah ikan tenggiri menjadi adonan siomay dengan menggiling dan mencampurkannya bersama daun bawang, garam, aci, air es, dan Ajinomoto. 

Kemudian, tuang adonan ke dalam pangsit. Sambil menunggu matang, Mama bisa membuat saus kacangnya.

Standarnya, satu porsi siomay ikan dengan bahan dasar ikan tenggiri hanya mengandung 121 kkal. 


Terompet Sayur Pelangi ala Saori

Sayuran memang bagus buat diet. Namun, Mama harus pintar-pintar mengolahnya agar tak bosan mengkonsumsinya. Nah, resep cemilan asin rendah kalori ini bisa jadi solusi.

Untuk menghidupkan rasa sayuran yang ‘membosankan’, Mama bisa mengkombinasikannya dengan kulit pangsit goreng yang dibentuk seperti terompet. 

Untuk isiannya, bisa masukan tumisan potongan wortel, kentang, timun, serta ayam suwir. Agar rasanya lebih mantap, tambahkan 1 bungkus Saori Saus Tiram.

Hitung-hitungan tim Dapur Umami, satu porsi terompet sayur pelangi ini hanya mengandung 133 kalori saja.


Rolade Tahu Ayam ala Masako

Sebagai sumber protein hewani, ayam dapat membuat Mama tetap bertenaga selama diet rendah kalori. Mengolahnya menjadi rolade dengan teknik kukus, akan menjaga kadar proteinnya tetap tinggi namun pada saat bersamaan kalorinya tetap wajar.

Adonan rolade bisa Mama buat dari campuran gilingan ayam, tahu cina, telur, tepung roti, seledri, dan tentu saja Masako sesuai selera. Agar lebih bergizi, tambahkan isian sayuran seperti wortel atau buncis sebelum Mama gulung dan kukus hingga matang.

Untuk satu porsi rolade, kalori yang masuk hanya sekitar 186 kkal. Dengan bahan yang beraneka ragam, resep ini tergolong padat nutrisi lho, Mama!


Pancake Mayo Strawberry ala Mayumi

Dari sekian banyak buah, buah dalam kategori berries terkenal dengan kalori rendah. Mama bisa memadukan buah strawberry dengan pancake untuk dapatkan cemilan manis rendah kalori yang lezat.

Adonan pancake bisa Mama dapatkan dari campuran tepung beras, telur, pasta pandan, santan, dan garam. Setelah jadi, Mama tinggal masukan potongan strawberry sebagai isiannya. Jangan lupa tambahkan juga saus Mayumi agar rasanya semakin yummy.

Satu porsi camilan ini, tim Dapur Umami hitung hanya mengandung 466 kalori. Angka tersebut sudah tergolong rendah untuk ukuran makanan dengan rasa manis.

Nah, itulah beberapa resep pilihan yang bisa kami bagikan. Pastikan gunakan produk-produk bumbu dari Ajinomoto agar setiap masakan lezat dan higienis.

Oh ya, tim Dapur Umami juga masih punya banyak pilihan cemilan rendah kalori lain yang bisa jadi teman diet Mama. Silahkan kunjungi menu resep untuk dapatkan ide-ide resep menarik lainnya ya, ma!