Mengenal Manfaat Minyak Zaitun Lebih Dekat

Nama minyak zaitun tentu sudah tidak asing lagi kan, Ma? Minyak zaitun atau yang biasa juga disebut sebagai olive oil ini merupakan ekstrak dari buah zaitun. Buah zaitun yang dipanen oleh petani dikumpulkan untuk dicuci bersih dan dihancurkan hingga sangat halus. 


Buah zaitun yang dihaluskan tadi akan menghasilkan pasta zaitun, pasta inilah yang nantinya diperas untuk memisahkan air yang terkandung di dalamnya dan minyak.


Untuk proses terakhirnya, bagian air dibuang lalu tinggal tersisa ekstraknya, yaitu minyak zaitun murni. Hasil dari proses yang panjang inilah yang biasa kita beli di pasaran berupa minyak zaitun murni atau virgin olive oil.


Dalam penelitian, dalam setiap 100 ml minyak zaitun murni terkandung 100 gram lemak total, dengan angka itu sudah dapat mencukupi kebutuhan lemak harian tubuh. Namun jangan khawatir, yang dihasilkan adalah lemak yang baik bagi tubuh.


Selain itu minyak zaitun ini mengandung Omega, vitamin K, Vitamin E dan segudang vitamin baik lainnya. Namun di dalam minyak zaitun ini tidak ditemukan lemak yang tidak jenuh, dan kolesterol yang dapat mengganggu kesehatan.


Oleh karena itu, Mama perlu mengenal lebih dekat manfaat minyak zaitun yang biasa Mama gunakan di rumah sebagai pengganti minyak goreng atau sebagai dressing untuk salad.


Menjaga fungsi otak

Memang minyak zaitun ini berjuta manfaat ya, Ma. Salah satu manfaat utama dari minyak zaitun ini digunakan untuk menjaga fungsi otak kita agar tetap sehat. Kandungan antioksidan tinggi dan anti peradangan pada minyak zaitun inilah yang mengurangi resiko penyakit pada otak seperti disebutkan di situs Total Health.


Salah satunya yaitu alzheimer yang merupakan penyebab utama penyakit pikun atau demensia. 


Oleh karena itu tidak ada salahnya kita mengkonsumsi dan memanfaatkan minyak zaitun untuk kesehatan otak kita dalam jangka panjang.


Menjaga kesehatan jantung

Tidak hanya otak, kesehatan jantung tubuh kita pun terjaga dengan minyak zaitun ini. Dalam penelitian, beberapa orang yang rutin menjalani diet minyak dan buah zaitun ini memiliki kecenderungan untuk terhindar dari penyakit serius penyebab penyakit jantung.


Antara lain yakni penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, bahkan stroke. 

Jaringan pada jantung pun akan semakin terawat baik, karena kandungan minyak zaitun yang sangat beragam dan baik bagi tubuh.


Makanya tidak salah kalau sebuah penelitian di Harvard mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin memiliki risiko lebih rendah meninggal karena serangan jantung.


Untuk mengatasi (mengurangi) resiko kanker payudara pada wanita

Manfaat minyak zaitun yang satu ini merupakan sebuah kabar yang menggembirakan bagi kita ya, Ma. Asam oleat pada minyak zaitun ini dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.


Selain itu, antioksidan yang super tinggi dapat mencegah adanya peradangan, sehingga menghindarkan tubuh dari kerusakan internalnya. 

Hebat bukan, ma?


Minyak zaitun untuk kulit dan rambut

Tidak hanya berfungsi secara internal, namun secara eksternal minyak zaitun ini juga dapat bekerja secara eksternal untuk kulit dan rambut. Untuk menjaga kesehatan kulit, Mama bisa mengoleskan minyak zaitun pada titik-titik di mana kulit cenderung kering dan terjadi penumpukan sel kulit mati.


Kandungan oleochantal pada minyak zaitun dapat menghilangkan rasa tidak nyaman pada kulit wajah yang sedang bermasalah. 

Begitu pula bila Mama memiliki masalah kerontokan pada rambut dan ketombe.


Mama bisa mengaplikasikan minyak zaitun ini sebelum keramas. Cukup diamkan minyak zaitun pada rambut Mama sekitar 10 menit, lalu keramas seperti biasa hingga bersih.

Wah ternyata segudang manfaat dari mengkonsumsi minyak zaitun, Mama sudah siap beralih dengan mengkonsumsi minyak zaitun dalam kebutuhan sehari hari kan?