Mengenal Kachimeshi

Kachimeshi yang dalam Bahasa Indonesianya adalah “Makanan Sang Juara”, merupakan program makanan lezat dan bergizi seimbang yang pada awalnya mulai diselenggarakan oleh Ajinomoto Jepang kemudian diikuti oleh semua afiliasi perusahaan Ajinomoto diseluruh dunia termasuk Indonesia. Program ini ditujukan untuk mendukung para atlet nasional agar dapat meraih performa berbaik tubuhnya. Kachimeshi di Indonesia mulai diselenggarakan pada tahun 2018 hingga 2022. Dengan program latihan yang tepat dan juga support dari Kachimeshi, para atlet mampu mencapai performa terbaiknya dan terbukti banyak prestasi yang berhasil ditorehkan.



Ternyata Kachimeshi tidak hanya bisa diaplikasikan untuk para atlet yang berlaga di kanca nasional maupun internasional saja, tetapi juga bisa diaplikasikan untuk para penggemar olahraga atau sport anthusiast. Karena gizi memiliki peran penting dalam mengoptimalkan manfaat dari aktivitas fisik baik untuk binaragawan, atlet professional, atau untuk orang yang berolahraga dengan tujuan ingin meningatkan kesehatan fisik dan mental seperi sports anthusiast. Peran gizi dalam olahraga antara lain adalah untuk meningkatkan performa, mencegah cidera, dan mempercepat pemulihan. Ketika sports anthusiast kekurangan asupan gizi seperti energi, karbohidrat, cairan, protein, vitamin, dan mineral tubuhnya akan cenderung lebih mudah lelah dan memiliki performa yang buruk selama berolahraga.



Saat ini terdapat banyak cabang olahraga yang tentunya memilki penggemarnya masing-masing. Begitu pula pemenuhan gizinya untuk setiap cabang olahraga pastinya akan berbeda satu sama lain. Seperti olahraga bersepeda memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dengan olahraga sepak bola. Untuk itu Kachimeshi hadir untuk membantu sports anthusiast memahami kebutuhan gizinya.



Kachimeshi bisa disajikan dalam bentuk satu set menu lengkap yang didalamnya sudah terdapat makanan pokok, lauk, pauk, sayuran, dan buah-buahan seperti komposisi makanan bergizi lengkap dan seimbang dengan kandungan zat gizi makro seperti karbohidrat, lemak, protein, dan zat gizi mikro yaitu vitamin dan mineral. Pada dasarnya gizi untuk olahraga mengacu kepada gizi seimbang hanya saja proporsinya disesuaikan lagi dengan kebutuhan menurut cabang olahraganya. Fokusnya adalah untuk mencapai keseimbangan energi yang didapat dari makanan dan minuman dengan energi yang dibutuhkan untuk metabolisme butuh, menyediakan energi untuk beraktivitas, beristirahat, dan berolahraga.