Masak Apa Hari Ini yang Sederhana dan Murah? Ini Rekomendasinya

Cari inspirasi masak apa hari ini yang murah dan sederhana dan hemat waktu 10 menit? Coba cek rekomendasi yang teruji dari Dapur Umami berikut


sumber: https://unsplash.com/photos/LNn6O_Mt730 


Memasak adalah pekerjaan yang tiada akhir bagi Mama. Tak heran kalau seringkali kehabisan ide untuk masak apa hari ini.


Lebih lagi, sering ada tuntutan berbagai sumber untuk masak yang sederhana dan murah. Alhasil, otak Mama pun perlu berputar keras setiap hari.


Agar tidak pusing, berikut 5 rekomendasi masak apa hari ini Dapur Umami yang sederhana dan murah.


Tumis Ayam Sayur

 


Meski tujuannya memasak sederhana, tapi tetap tak boleh melupakan kelengkapan gizi. Selain protein, vitamin, mineral, dan serat juga harus dipenuhi.

Nah, Tumis Ayam Sayur ini merupakan sajian simpel, mudah, dengan gizi yang lengkap.


Bahan utamanya adalah paha ayam tanpa tulang. Atau, bisa juga bagian apapun asal potongannya kecil-kecil.


Sayurnya menggunakan kol, kembang kol, sawi putih, dan jagung muda. Kemudian, tambahkan juga bahan tahu agar lebih bervariasi.


Bumbunya cukup bawang putih dan jahe, keduanya digeprek. Setelah tumis bumbu, masukan semua bahan dan tambahkan Masako® Rasa Ayam untuk memperkaya rasa. Boleh menggunakan cabai merah jika suka pedas.


Lele Goreng Crispy


Lele merupakan ikan air tawar yang banyak gizi dan harganya cukup merakyat. Harga Rp 20-an ribu sekilo bisa mendapat 6-8 ekor ikan. Agar lebih variatif, Mama bisa memasaknya jadi Lele Crispy.


Bahannya simpel, cukup ikan lele yang sudah bersih dan Sajiku® Tepung Bumbu. Jangan lupa sediakan minyak untuk menggoreng dan air es untuk campuran tepung basah.


Caranya, rendam ikan lele yang sudah bersih dalam tepung basah, lalu lumuri dengan tepung kering. Lakukan 2 kali agar terlapisi oleh tepung dan bisa crispy sempurna.


Goreng hingga matang dan sajikan dengan sambal serta selada atau mentimun dan tuangan kecap manis sebagai kondimennya.


Telur Dadar Sayur


Telur adalah sumber protein yang lengkap dengan cita rasa yang gurih. Dalam bentuk telur dadar, hampir semua orang menyukainya.


Agar lebih variasi dengan gizi yang lebih lengkap, Mama bisa membuat Telur Dadar Sayur.


Bahan utamanya adalah telur, wortel potong kecil, dan daun bawang iris-iris. Jadi, cukup simpel dan tersedia di mana-mana.


Cara masaknya, kocok telur dan campur dengan potongan wortel serta irisan daun bawang. Selanjutnya, panaskan minyak dan goreng dengan panas tinggi. Jangan lupa bolak-balik agar panasnya merata.


Karena begitu simpel dan murah, masakan ini cocok jika Mama bingung masak apa hari ini untuk anak. Ini sekaligus bisa jadi bekal makan ke sekolah atau kantor.


Cah Jamur Bayam


Untuk yang tidak suka olahan daging, Mama bisa membuat cah Jamur Bayam.


Ini termasuk resep masakan rumahan sederhana dan murah yang tidak butuh banyak biaya. Bahan utamanya, tentu saja jamur tiram suwir dan bayam.


Untuk bumbunya, cukup bawang merah, bawang putih, cabe, dan lada. Selanjutnya, koreksi rasanya dengan garam dan AJI-NO-MOTO®.


Agar tidak terlalu tawar, Mama bisa melengkapinya dengan tempe goreng dan sambal.


Pepes Tahu Teri


Menu masakan tradisional sehari-hari lain yang lezat dan murah adalah Pepes Tahu Teri. Bahan utamanya, tentu saja tahu putih dan ikan teri.


Bumbu halus untuk Pepes Tahu Teri menggunakan bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan cabe. Untuk menyatukan bahannya, Mama perlu santan, telur, dan daun pisang.


Cara masaknya simpel, haluskan semua bumbu kecuali cabe. Untuk cabe, potong cincin saja biar tampilannya lebih indah.

Selanjutnya, campur semua bahan dan tambahkan 1 sendok teh AJI-NO-MOTO® lalu aduk rata. Bungkus dengan daun pisang tiap 2 sendok makan kemudian kukus sampai matang.


Itu dia 5 resep masakan rumahan sehari-hari yang sederhana dan minim biaya. Jadi, tak perlu bingung lagi mau masak apa hari ini selama ada Masako®dan AJI-NO-MOTO®. Jangan lupa untuk membeli dan selalu sedia di rumah, ya.