Masak Apa Hari Ini? Dua Resep Sejuta Variasi ini Jawabnya

Di antara berbagai resep yang banyak dipakai di masakan-masakan Indonesia, ada dua resep yang pada intinya memiliki bumbu sama tetapi bisa dipakai untuk berbagai variasi. Dengan dua jenis resep ini, mama bisa berkreasi tanpa batas. Bisa-bisa, tidak ada lagi pertanyaan “masak apa hari ini?” bagi mama. 

Kedua resep tersebut adalah tumis dan lodeh. Ya, pastinya dua kata ini adalah kata sehari-hari buat mama. Pertanyaannya adalah bagaimana masak tumis dan lodeh bisa dilakukan dengan sejuta variasi? Apakah mungkin ini dilakukan ketika waktu kita singkat? 


Masak Tumis Berbagai Rupa

Tumis atau stir fry adalah cara masak yang pada intinya adalah menggoreng dengan sedikit minyak dengan api kecil. Dalam membuat tumis, seringkali kita bisa menggunakan bumbu yang cukup sederhana, seperti misalnya bawang putih, bawang merah, saus tiram, kecap, merica, jahe, lengkuas, dan beberapa bumbu lainnya.

Masak tumis kangkung tidak butuh waktu lama


Apapun jenis tumis yang ingin mama buat, ada langkah-langkah seragam ketika mengawalinya. Pertama-tama panaskan minyak. Kemudian, setelah minyak sudah panas, tumis bawang putih hingga harum. Kemudian, mulai masukkan sayur atau bahan-bahan lain yang ingin digunakan. Setelah itu, mama bisa berkreasi dengan berbagai kreasi bahan.

Apa saja bahan yang lazim dipakai untuk tumis?


1.Kacang panjang - salah satu bahan tumis paling umum. Kacang panjang bisa dipadukan dengan toge, tahu dan tempe, wortel dan bahkan daging sapi. 

2.Tempe 

3.Tauge

4.Buncis - buncis banyak digunakan bersama wortel ketika masak tumis

5.Tahu - mama perlu menggoreng tahu hingga setengah matang. 

6.Tiram 

7.Kangkung

8.Wortel

9.Jamur

10.Daging sapi - ketika menggunakan daging sapi untuk membuat tumis, mama perlu memasukkan sayuran belakangan ketika daging sudah matang atau bahkan sudah lunak

11.Daging ayam

Setelah bahan-bahan utama dimasukkan, masa bisa memasukkan kecap atau minyak atau bumbu penyedap. Bahan-bahan terakhir ini dimasukkan sesuai kebutuhan. 


Masak Lodeh Warna Warni

Berbeda dengan resep tumis, resep lodeh pada dasarnya adalah sayur berkuah yang mengandalkan kepada bumbu halus yang kaya rasa. Di antara berbagai variasi bahan, bumbu halus untuk sayur lodeh terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri, dan ketumbar. Terakhir, sayur lodeh selalu membutuhkan santan. 

Sebagian orang suka menggunakan bumbu halus yang cenderung berwarna terang atau putih. Namun, sebagian yang lain suka menggunakan bumbu merah yang biasanya diperoleh dengan menggunakan cabe merah atau cabe merah keriting. Bumbu yang kedua memiliki aroma khas cabe. 

Bumbu lodeh bisa untuk masak beragam bahan


Nah, cara membuat sayur lodeh sendiri relatif seragam. Pertama-tama mama perlu memanaskan air. Sambil menunggu air mendidih, mama bisa menyiapkan bumbu halusnya. Tidak ada yang khusus tentang bumbu halus dalam lodeh kecuali bahwa sebagian besar orang menyarankan agar kemiri disangrai sebelum dihaluskan. 

Selanjutnya, ketika air sudah mulai mendidih, mama bisa memasukkan bumbu halus diikuti dengan sayur-sayur yang digunakan. Bersamaan dengan sayur, mama bisa memasukkan daun salam atau bahkan terasi untuk menambah kekuatan rasa lodeh. Setelah itu, sejuta kreasi bisa terjadi. Berikut bahan-bahan yang sering digunakan untuk membuat sayur lodeh. 


1.Nangka muda - ini merupakan bahan yang paling lazim dipakai dalam lodeh. 

2.Kacang panjang - ini memang bahan yang cenderung serbaguna untuk berbagai macam hidangan.

3.Sayur manisa potong dadu atau korek

4.Rebung

5.Bunga bawang (atau “belaluh” dalam bahasa Jawa) - sayur yang mirip kacang panjang tapi renyah ini memang tidak terdapat di semua tempat. Masak belaluh tidak butuh waktu lama.

6.Tempe 

7.Tahu - untuk lodeh, mama boleh menggoreng tahu hingga setengah matang atau langsung saja memasukkan tahu tanpa digoreng.

8.Terong

9.Melinjo atau daun melinjo

10.Ikan pari

11.Telur puyuh


Setelah semua bahan ini dimasukkan dan dimasak hingga cukup lunak, mama bisa mulai memasukkan santan dan gula pasir. Setelah semua bahan matang, matikan api dan masukkan garam biarkan bumbu meresap. 

Total waktu yang mama butuhkan tak lebih dari 30 menit. Kalau waktu yang mama punya tidak banyak tapi ingin masak sesuatu yang bisa dipakai dengan bahan-bahan yang sudah atau masih tersedia di dalam kulkas, kedua resep inilah jawabannya.