Artikel & Tips Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan
Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan

Manfaat Omega 3 bagi Kesehatan

22 Nov 2022, 07:11

Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang hanya bisa didapatkan lewat makanan, tidak bisa diproduksi tubuh. Ada banyak sumber omega 3 terutama di ikan seperti salmon, sarden, mackerel, herring, serta minyak ikan dari cod, tuna, haddock, dan flounder. Asam lemak omega 3 dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan dan bagus untuk kesehatan jantung. 


Asam lemak omega 3 berperan penting peran dalam struktur dan fungsi sel yang optimal. Ditemukan berlimpah di mata dan otak, sangat penting untuk pertumbuhan normal, penglihatan ketajaman, dan perkembangan kognitif.​​ Kebutuhan omega 3 menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia tahun 2019 pada laki-laki dewasa sebesar 1,6 gram dan perempuan dewasa 1,1 gram.


Manfaat Omega 3

Berbagai penelitian terkait manfaat omega 3 telah banyak dilakukan. Konsumsi rutin omega 3 dapat membantu mencegah penggumpalan darah, melindungi dari tidak teraturnya detak jantung, meningkatkan kadar HDL, dan menurunkan tekanan darah, terutama pada individu dengan hipertensi atau aterosklerosis. Selain itu, omega 3 mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan menekan peradangan.​


Omega 3 dari ikan berlemak dapat melindungi dari beberapa jenis kanker, dengan menekan peradangan. Berdasarkan studi tahun 2019 pada 2000 partisipan, diketahui omega 3 yakni EPA memberikan dampak positif bagi penderita depresi. Bahkan ketika lemak omega 3 tidak melindungi terhadap perkembangan kanker, tampaknya ada penurunan yang signifikan kematian terkait kanker. Jadi, saran diet untuk mengurangi risiko kanker paralel dengan penurunan risiko penyakit jantung ialah mengurangi lemak jenuh dan meningkatkan omega 3 melalui makanan. 


Selain itu, Studi menunjukkan bahwa Omega 3 penting bagi perkembangan visual dalam kehidupan awal bayi dan bermanfaat untuk membantu memproduksi ASI (Air Susu Ibu). Lebih dari itu, konsumsi Omega 3 yang tinggi selama kehamilan juga dapat menurunkan risiko pre-eklampsia, mengurangi risiko depresi pada ibu hamil, dan meningkatkan berat badan lahir.


(NY)

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.