Makanan Diet Pengganti Nasi yang juga Gurih

Mengkonsumsi makanan diet dengan sadar, khususnya untuk menjaga berat badan, perlu dilakukan pada saat-saat tertentu. Makanan diet tidak hanya diperlukan oleh mereka yang sedang sakit atau yang sedang kelebihan berat badan. 


Makanan orang Indonesia pada umumnya tinggi kalori dan bila tidak dijaga bisa mengakibatkan kita kelebihan berat badan, apalagi kalau tidak diimbangi dengan olahraga. Karena itu, Mama perlu secara dalam jangka waktu tertentu menyiapkan hidangan diet rendah kalori bagi keluarga.


Tapi, ada satu masalah: karena kurang eksplorasi, seringkali makanan diet dikesankan dengan makanan yang kurang rasa dan kurang menggairahkan. Padahal, dengan sedikit coba-coba, kita bisa membuat makanan diet yang tetap gurih.


Bubur ayam oatmeal jamur

Yang pertama ini menggantikan nasi dengan bahan yang tingkat kalorinya lebih rendah sekaligus mengandung serat dan protein. Oatmeal memang sekaya itu, Mama. Dengan oatmeal, kita bisa tetap merasa kenyang meskipun yang kita makan tidak terlalu banyak.


Tapi, ada satu hal yang perlu kita sesuaikan. Kita cenderung berpersepsi bahwa oatmeal lebih cocok dijadikan makanan manis. Padahal, dia bisa juga jadi bahan makanan umami.


Mengolah oatmeal menjadi bubur ayam dengan jamur adalah cara yang bisa kita lakukan. Dengan resep ini, kita bisa mendapatkan gurih dari kaldu ayam sekaligus dari jamur kancing yang menjadi resep utama pembuatan makanan ini.


Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah: oatmeal (5-7 sendok), air (300 ml), wortel (1 buah, parut), jamur (5 gram, direbus hingga matang dan disuwir), minyak wijen (secukupnya), merica bubuk (secukupnya), bawang putih (secukupnya), dada ayam (rebus dengan garam dan bawang putih dan kemudian suwir-suwir). 


Cara membuatnya, didihkan air bersama air rebusan jamur dan ayam. Ketika sudah mendidih, masukkan paruta wortel dan oatmeal serta aduk-aduk. Masukkan bahan-bahan bumbu (minyak wijen, merica bubuk, bawang putih bubuk). Cek rasa. Bila kurang garam silakan tambahkan sesuai selera. 


Ketika bubur sudah jadi, tambahkan irisan daun bawang, suwiran jamur, dan suwiran ayam. Kecap asin atau kecap manis bisa ditambahkan sesuai selera. Dengan ini, kita bisa mendapatkan makanan diet kalori yang kaya serat dan protein tetapi sangat gurih. 


Salad kentang

Yang kedua ini mengeyangkan, gurih, tetapi juga menyegarkan. Kombinasi yang tidak umum, kan? Betul, Mama. Kalau dilihat sekilas, mungkin kita tidak akan menyangka bahwa makanan diet yang satu ini bisa mengenyakan. Tapi begitu dicoba semua keraguan akan hilang. 


Untuk membuat ini, ada sedikit panduan bahan yang Mama butuhkan. Panduan ini sangat bisa diubah. Yang utama adalah kentang, sayur-sayur segar (selada, tomat, baby spinach), dan dressing atau saus salad (boleh Mayumi┬« saus creamy serbaguna atau campuran minyak zaitun dan perasan lemon). 


Cara membuat salad kentang ini sangat mudah. Pertama-tama, rebus kentang hingga agak lunak (jangan sampai terlalu matang hingga mudah lembek). Kemudian potong-potong dadu kentang tersebut. Setelah cukup dingin, masukkan kentang ke mangkuk bersama bahan-bahan lain. Aduk-aduk hingga rata. 


Keistimewaan salad kentang adalah dia memiliki karbohidrat cukup dengan serat yang banyak. Kentang memiliki indeks glikemik lebih rendah daripada beras. Sementara itu, sayur-sayur yang dipakai pun sangat kaya serat dan mineral. 


Gabungan kedua bahan ini menjadikan salad kentang hidangan yang bisa dipakai sebagai makanan diet khususnya pengganti nasi. Dan, bila ditambah dengan penggunaan Mayumi┬« saus creamy serbaguna, kita bisa tetap mendapatkan rasa gurih yang diperlukan untuk menggugah selera. 


Bubur ayam oatmeal dengan jamur dan salad kentang ini hanya dua saja dari banyak pilihan pengganti nasi. Bisa dikehendaki, Mama bisa menyesuaikannya dengan selera atau ketersediaan bahan di rumah. 


Yang penting, Mama tetap ingat bahwa tujuan utama dari usaha ini adalah mendapatkan makanan diet yang bisa menggantikan nasi namun tetap gurih.