Makanan Diet Berkualitas Ini Ternyata Ada di Sekitar Kita

Ketika kita berbicara tentang makanan diet, seringkali kita merasa bahwa berbagai makanan tersebut cenderung mahal. Bahkan ketika kita mencari di internet dan menemukan artikel tentang makanan diet murah, tidak jarang terkadang masih mahal. 


Padahal, tidak semestinya begitu, kan? Apalagi di negeri tropis seperti Indonesia ini. Nah, di sinilah pentingnya kita menghubungkan pengetahuan tentang makanan diet dengan kondisi geografis dan kearifan lokal di Indonesia.


Mari kita coba lihat beberapa kelompok makanan diet yang terbilang sangat murah dan mudah diperoleh ini.


Sayur-sayuran

Sebagai negeri yang memiliki banyak gunung dan dataran tinggi serta tanah yang sangat subur, Indonesia adalah surganya sayur-sayuran. Berbeda dengan Amerika Serikat, misalnya, yang sayur-sayurannya sebagian besar ditumbuhkan di California, di Indonesia setiap daerah memiliki sumber sayurnya sendiri-sendiri. 


Hal itu menjadikan sayuran sangat murah di Indonesia. Mama boleh memilih: sayuran untuk dilalap (atau dijadikan salad) atau sayuran yang perlu dimasak? Ragamnya nyaris tak terbatas dan harganya sangat terjangkau. 


Hanya ada satu yang perlu diingat saat menggunakan sayuran sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan. Untuk sayuran yang perlu dimasak, Mama perlu memastikan bahwa cara memasaknya tidak menggunakan bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan penimbunan lemak. Salah satunya misalnya dengan tidak menggunakan santan saat ingin diet.


Ada banyak sekali pilihan lokal seperti misalnya urap-urap, pecel, gado-gado, dan berbagai hidangan lokal lain yang sangat cocok menjadi makanan diet.


Selain itu, Mama tinggal memanfaatkan berbagai sayuran yang ada dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup untuk membuat kenyang. Oh iya, kalau ingin variasi, tambahkan misalnya saus Mayumi serbaguna yang cocok untuk membuat salad.


Buah-buahan 

Bahan lain yang tak kalah berlimpahnya di Indonesia adalah buah-buahan. Setiap daerah memiliki buah lokalnya sendiri-sendiri. Sayangnya, seringkali ada anggapan di masyarakat bahwa makan buah tanpa nasi akan menyebabkan sakit perut. 


Anggapan seperti ini telah menyebabkan tidak bisa tumbuhnya budaya menggunakan buah untuk pengganti kalori nasi. Padahal, apabila kita bisa memanfaatkan berbagai jenis buah yang ada dan mengkombinasikannya, kita bisa dengan mudah mendapatkan makanan diet yang terjangkau. 


Bayangkan sebanyak apa serat dan manfaat yang bisa didapatkan bila Mama bisa membiasakan keluarga mengkonsumsi misalnya apel lokal (misalnya apel Malang), melon, dan pepaya sebagai pengganti sarapan atau makan malam. Pastinya bisa murah sambil tetap membuat kenyang, kan? 


Sumber karbohidrat alternatif

Terakhir, sumber makanan diet yang tak kalah murah dan mudahnya adalah sejumlah sumber karbohidrat alternatif asli nusantara. Memang, telah berabad-abad nasi menjadi makanan pokok di pulau Jawa. Bahkan, saat ini nasi juga seakan sudah menjadi satu-satunya makanan pokok seluruh Indonesia. 


Padahal, masih banyak sumber karbohidrat lain di Indonesia ini yang tak kalah berlimpahnya. Jumlah yang berlimpah itu menjadikan sumber-sumber makanan tadi tidak terlalu mahal. 


Beberapa contoh yang mudah ditemukan adalah singkong, pisang plantain (bukan pisang buah), tepung sagu, dan lain sebagainya. Dengan sedikit saja bantuan bahan-bahan penyedap yang tepat seperti Masako, tepung bumbu Sajiku, atau Mayumi, hidangan yang akan Mama dapatkan tidak kalah gurih dengan masakan sehari-hari biasanya. 


Setelah melihat berbagai pilihan bahan lokal yang bisa kita pilih untuk dijadikan makanan diet, pasti Mama sekarang kembali yakin bahwa di sekitar kita ini banyak pilihan yang berkualitas tinggi dalam hal gizi dan rasa. Dan, yang pasti, makanan diet itu tidak perlu hasil impor dan mahal! Betul, kan, Mama?