Makan Malam di Rumah dengan Cita Rasa Restoran Steak Betulan - Dapur Umami

Makan Malam di Rumah dengan Cita Rasa Restoran Steak Betulan

Restoran steak saat ini sudah semakin banyak, dan masing-masing memiliki caranya sendiri menghadirkan daya pikat. Tapi diantara begitu banyaknya keragaman setiap restoran, ada beberapa hal serupa yang menghasilkan cita rasa restoran steak istimewa. 

Berikut ada beberapa elemen yang bila diciptakan bersama-sama akan menghasilkan cita rasa restoran steak. Dan asyiknya lagi, seluruh keluarga bisa menikmati steak ini bersama-sama. 


Hidangan Pembuka

Untuk hidangan pembuka yang menggugah selera, salad buah adalah yang paling pas di sini. Kenapa salad buah? Mama akan menghidangkan daging sapi, satu jenis daging yang memiliki kandungan kolesterol cukup tinggi. Untuk mengurangi potensi bahaya daging sapi, maka kita perlu mengimbanginya dengan makanan yang banyak mengandung serat dan antioksidan. 

Salad yang bisa Mama pilih di sini adalah salad dengan rupa-rupa buah yang diberi dressing mayonaise Mayumi®. Dengan hidangan pembuka ini, Mama bisa membawa keluarga untuk bersiap-siap menikmati hidangan utama.


Menu Utama

Tentu saja di bagian ini semuanya jelas. Menu utama kita adalah steak, daging sapi khususnya bagian has dalam atau has luar. Ada banyak cara membuat steak. Berikut satu saja yang bisa diandalkan untuk menghasilkan steak yang menggiurkan bahkan bila Mama masih merasa sebagai pemula dalam membuat steak. 


Selain bahan utama itu, ada beberapa jenis bahan yang perlu kita siapkan untuk membumbui daging ini. Yang kita butuhkan adalah madu (2 sendok makan), garam (secukupnya), bawang putih (3 siung, cincang), air perasan jeruk (1 sendok makan), merica (¼ sendok), kecap asin, dan AJI-NO-MOTO® (secukupnya, untuk memperkuat cita rasa daging sapi). 


Campurkan semua bahan bumbu di dalam mangkuk. Kemudian, iris daging dengan ketebalan 1 cm dan masukkan ke semua bahan bumbu tersebut. Idealnya, kita rendam daging dalam bumbu hingga 1 jam. Namun, bila terpaksa 45 menit hingga 1 jam sudah cukup untuk membuat bumbu meresap ke sayur. 


Setelah itu, kita panggang daging di atas pan dengan minyak goreng secukupnya. Waktu memanggang bisa disesuaikan dengan selera yang Mama dan keluarga inginkan.

Bila ingin cara yang lebih cepat, Mama bisa mencoba menggunakan SAORI® Saus Teriyaki dari AJI-NO-MOTO® seperti dianjurkan di sini


Hidangan Penyerta 

Makan steak tanpa karbohidrat tidak akan lengkap. Karena itulah setiap kali kita ke restoran semacam ini, ada beberapa jenis karbohidrat yang bisa kita pilih. Yang paling banyak dipakai di Amerika dan Eropa adalah kentang atau ubi jalar. 


Salah satu yang paling populer adalah dengan membuat kentang tumbuk atau potato wedges (kentang panggang). Untuk membuat potato wedges, Mama bisa menggunakan kentang atau ubi jalar. Terlepas dari rasanya yang berbeda, kedua bahan ini memiliki banyak kemiripan. 


Cara membuatnya adalah dengan memotong-motong kentang atau ubi jalar dengan bentuk seperti bulan sabit. Percikkan minyak zaitun ke potongan-potongan ini dan aduk hingga merata. Terakhir, taburkan garam dan lada hitam sebelum kemudian memanggang kentang ini di atas kompor atau di dalam oven. 


Terakhir, untuk mendapatkan menu yang seimbang, Mama perlu juga menyiapkan sayuran. Untuk kebutuhan ini, siapkan asparagus secukupnya. Mama bisa memilih mengukusnya atau memanggangnya di atas wajan dengan sedikit minyak zaitun. 


Dengan menyiapkan hidangan pembuka, menu utama, dan makanan pendamping ini, Mama akan mendapatkan makan malam rumahan dengan cita rasa restoran steak istimewa bersama keluarga. Tapi, tentu saja ini bukan satu-satunya cara menyiapkan menu steak untuk di rumah.