Kudapan Sore: Arem-Arem Isi Ayam Rica-Rica

Di artikel kali ini kita akan mengulik tentang pembuatan arem-arem isi ayam rica-rica. Sajian ini memiliki paduan yang menarik antara rasa gurih dari beras. Tentunya rasa pedas dari rica ayam khas Manado akan memanjakan lidah. Eh, tapi kenapa mesti arem-arem ayam rica-rica? 


Jadi begini: Pada sore hari, setelah selesai beraktivitas, seringkali terdapat jam-jam rawan untuk merasa lapar ya, Ma. Mau makan tapi tanggung karena sudah mendekati makan malam, tapi kalau perut tidak diisi, bunyi genderangnya bikin risih.


Di saat ini, kudapan sore cocok untuk membantu dalam mengganjal perut. Kudapan sore biasanya berupa cemilan baik itu berasa asin maupun manis, dinikmati sambil minum teh hangat atau kopi.


Salah satu kudapan yang berasa asin dan mengenyangkan adalah arem-arem. Sajian berbahan dasar beras, dan dibungkus daun ini sangat mengenyangkan. Banyak memang variasi dari kudapan yang satu ini, mulai dari varian isiannya hingga arem-arem bakar pun ada. 


Bahan arem-arem

Pembuatan bahan arem-arem ini terdiri dari beras sebanyak 500 gram (pilih beras yang pulen, cuci bersih), santan kelapa dari satu butir kelapa (santan kental lebih baik), daun salam, serai daun (ambil bagian putihnya saja), dan daun pisang untuk membungkus.


Pada resep ini arem arem yang dihasilkan kurang lebih sebanyak 30 biji, sehingga bisa Mama sesuaikan banyaknya bahan dengan kebutuhan memasak Mama.


Bahan isi ayam rica-rica

Untuk membuat ayam rica rica sebagai isian ini memerlukan banyak bahan. Untuk bumbu rica rica terdiri dari bahan yang dihaluskan yakni duo bawang, bawang merah (10 butir), bawang putih (5 siung), cabai keriting merah, cabe rawit merah, kemiri yang sudah disangrai sebelumnya, seruas jahe, dan lengkuas.


Lengkuas geprek terlebih dulu. Untuk bumbunya tentu saja gunakan lada, garam, gula dan MASAKO® rasa ayam.


Untuk bahan utama dari isian arem arem ini tentu saja ayam, sereh, daun jeruk, daun kemangi, daun salam. Ayam yang akan digunakan Mama bisa memilih bagian dada, karena lebih banyak dagingnya dan berserat, sehingga akan memudahkan untuk disuwir-suwir.


Cara pembuatan arem arem isi ayam rica-rica

Untuk pembuatan arem arem isi rica ini terdapat tiga langkah, langkah pertama yakni mempersiapkan arem-aremnya. Mama cuci bersih beras, lalu masak beras tersebut bersama santan, daun sereh, dan sedikit garam dan MASAKO┬« rasa ayam. 


Setelah beras setengah matang, siap diaron kedalam panci kukusan, seperti biasanya Mama memasak nasi, namun tekstur yang dihasilkan akan sedikit berminyak dan lengket.


Langkah kedua membuat isian dari arem-arem, yakni resep ayam rica rica yang pedas mantap sesuai selera. tentu saja ayam yang telah dipersiapkan tadi direbus, di suwir halus.


Di wajan, Mama bisa tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan sedikit minyak. Aduk aduk rata bumbu hingga bumbu meresap dan matang, setelah itu masukkan ayam suwir dan semua bumbu utama. Koreksi rasa, bila sudah lezat, sisihkan. Untuk rasa yang sangat pedas, Mama jangan buang biji cabai yang akan Mama gunakan, dan perbanyak penggunaan cabe rawit merahnya. 


Langkah terakhir tentu saja Mama persiapkan daun pisang untuk pembungkusnya, lebih baik Mama gunakan 2 lembar daun pisang agar rapi dan tidak bocor. Daun pisang tersebut untuk selanjutnya dengan 2 hingga 3 sendok bahan arem-arem, berikan isian ayam rica-rica suwir.


Setelah selesai, tutup rapat, dan rapikan ujungnya daun. Bila semua sudah terbungkus, kukus hingga matang kurang lebih 40 menit hingga 1 jam.

Ide kudapan sore untuk pengganjal perut sudah siap dipraktekkan di dapur Mama.