Kuasai 4 Resep Makanan Sehari-hari ini Demi Menjaga Imun

Kalau Mama merasa resep makanan sehari-hari terkesan biasa saja, jangan kecewa. Apakah Mama tahu bahwa di dalam makanan sehari-hari itu justru kita temukan yang kita perlukan di zaman ini? 


Ya, hari-hari ini kita semakin menyadari pentingnya sistem imun tubuh. Kita bahkan sampai harus beli multivitamin dan peningkat imunitas. Padahal, sebenarnya banyak dari hidangan keseharian yang lebih bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan imun tubuh. Berikut ini beberapa resep makanan sehari-hari yang bisa dipilih untuk meningkat imun keluarga. 


Dan, yang perlu diingat adalah mama sudah tahu pasti cara mudah memaksimalkan menu sehari-hari ini. 


Sayur Bayam

Yang menduduki posisi paling tinggi di sini adalah sayur bayam. Kenapa begitu? Karena sayur kegemaran Popeye the Sailor Man ini memiliki kandungan lutein yang ketika kita konsumsi akan berubah menjadi antioksidan. Nah, kalau sudah jadi antioksidan begini, dia akan membantu mendukung sistem imun. 


Tapi, jangan lupa untuk memasukkan bayamnya belakangan saja untuk mempertahankan kandungan vitaminnya sebanyak mungkin. Jangan lupa untuk menghabiskan kuahnya yang juga sudah tercampur banyak nutrisi dari bayam ini. 


Bayam, sayuran sehari-hari di puncak tangga pendukung sistem imun


Sayur Sop Sederhana

Makanan sehari-hari yang termasuk paling bagus mendukung sistem imun tubuh adalah sayur sop paling sederhana. Juru masak asal Prancis Jacques Pepin suka membuat hidangan mirip-mirip sayur sop sederhana ini dan menyebutnya “fridge soup.” Kenapa? Karena dia bisa dibuat nyaris dengan sayur apa saja yang ada di kulkas. Begitu juga sayur sop ini. Kita bisa menggunakan apa saja. 


Tapi, di antara berbagai bahan, ada beberapa yang paling kaya kandungan untuk meningkatkan imun tubuh. Wortel, kol, bunga kol, dan bahkan tomat yang dipakai dalam wortel ini sangat kaya nutrisi. Khusus untuk tomat, dia kaya akan vitamin C dan senyawa likopen. Likopen ini justru nilainya akan semakin tinggi ketika kita memasaknya. 


Capcai

Menu keseharian lainnya yang juga sangat bagus adalah capcai. Bahan-bahan yang dipakai untuk capcai ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sayur sop sederhana. Yang mungkin agak membedakan adalah lebih banyaknya porsi wortel dan berbagai sayuran lainnya. Dan inilah yang membuat capcai menjadi salah satu yang paling relevan di masa ini. 


Mama pasti suka melihat kandungan nutrisi dalam wortel. Dia mengandung vitamin A, vitamin C, berbagai vitamin B, dan bahkan vitamin E. Berkat wortel dengan gabungan berbagai vitamin ini, capcai termasuk suplemen peningkat imun tubuh yang sangat bagus dan tidak jauh-jauh dari kita. 


Tumis Pakcoi 

Yang terakhir ini adalah tumis yang lezat dan bisa dicampur berbagai bahan lainnya. Mama pasti sangat suka membuat tumis pakcoi dengan paduan udang dan Saus Tiram dari Ajinomoto. Tapi, terlepas dari rasa gurihnya dan renyahnya tumis pakcoi, dia juga sangat kaya nutrisi. 


Pakcoi termasuk salah satu sayuran dengan kandungan nutrisi beragam. Menurut Healthline.com, pakcoi memiliki berbagai vitamin, misalnya vitamin A, C, dan K. Bahkan, pakcoi juga memiliki kandungan zinc yang saat ini sedang dicari untuk penambah imun tubuh. 


Satu senyawa istimewa dalam pakcoi adalah selenium, yang membantu mencegah terbentuknya sel kanker. Selain itu, selenium juga membantu kerja kelenjar tiroid yang berperan besar dalam peningkatan imun tubuh. 


Pakcoi, bahan untuk resep makanan sehari-hari pendongkrak imun


Ternyata, berbagai resep makanan sehari-hari yang sudah Mama akrabi memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menghadapi ancaman virus, kan? Nah, tugas mama selanjutnya adalah menemukan cara yang paling jitu agar berbagai hidangan sehari-hari ini bisa tampil menarik. Dan tentu saja rasanya jadi luar biasa. 


Mama juga bisa mencoba menggabungkannya dengan berbagai bahan lain. Udang, cumi, dan tiram adalah bahan tambahan yang memiliki cita rasa begitu kuat dan membangkitkan nafsu makan. Tentu saja, mama juga bisa memanfaatkan beragam kaldu atau penyedap rasa yang tersedia muncul menjadikannya semakin membangkitkan selera. 


Dari imunitas keluarga, tumbuh kesehatan bersama!


sumber:https://pixabay.com/id/photos/bayam-sehat-hijau-diet-1427360/

sumber:https://www.freepik.com/free-photo/chinese-cabbage_1016845.htm