Artikel & Tips Inilah ayam goreng kunyit yang viral buat healing
Inilah ayam goreng kunyit yang viral buat healing

Inilah ayam goreng kunyit yang viral buat healing

29 Sep 2022, 09:09

Akhir-akhir ini ternyata banyak juga orang yang cari alternatif untuk resep ayam. Memang, sejak kesuksesan ayam goreng tepung Amrik itu, yang ada di pikiran kita tentang ayam goreng adalah ayam goreng tepung. Hingga akhirnya sekarang banyak yang mencari alternatif, mulai dari ayam pop, ayam lengkuas, hingga yang terkini ayam goreng kunyit. 


Karena itulah, akhir-akhir ini semakin banyak hajatan atau warung makan yang menawarkan menu ayam kunyit. Begitu lihat warna kuningnya yang segar, kita pasti langsung merasa segar. Apalagi kalau sudah dicicipi. Tidak hanya gabungan antara citarasa kunir dan kelezatan ayam yang ditawarkan, tapi juga ada kekayaan khasiat kunyitnya!


Pasti dong Mama bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya. Mari kita ikuti artikel kali ini.


Ayam Goreng Kunyit Original

Mari kita mulai dengan resep yang paling original ini. Bisa dibilang ini adalah versi yang perlu Mama kuasai dulu sebelum akhirnya mencoba versi-versi lain dari ayam kunyit. 


Ayam goreng kunyit original


Nah, apa saja sih bahan yang dibutuhkan? Pertama tentu saja daging ayam. Seperti biasa, Mama bebas memilih ayam kampung atau ayam potong. Potongan ayam cenderung lebih besar, tapi ayam kampung cenderung memiliki tekstur daging lebih kuat. 


Kedua, Mama siapkan dua jenis bumbunya. Bumbu halusnya adalah bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan kunyit. Haluskan semua ini dengan blender atau ulekan. Bahan-bahan bumbu kedua adalah yang tidak perlu dihaluskan. Mama hanya membutuhkan daun salam, serai, dan dan jeruk. Jangan lupa juga tambahkan MASAKO® Rasa Ayam sebagai penguat rasa. 


Untuk membuat ayam goreng ungkep, tumis bumbu halus dengan minyak goreng sedikit hingga harum. Kemudian masukkan ayam, bumbu tidak halus, dan air. Setelah air mendidih, tambahkan gula, garam, dan MASAKO® Rasa Ayam. Biarkan hingga air surut tapi jangan sampai gosong. 


Selanjutnya, ayam bisa disimpan di kulkas dan digoreng nanti bila sudah siap. Ayam kunyit ini akan bertahan beberapa hari hingga dibutuhkan. 


Ayam goreng kunyit sambal terasi

Nah, yang kedua ini adalah salah satu pengembangan lagi dari ayam goreng kunyit yang sudah kita bahas sebelumnya. Kali ini, yang perlu kita siapkan adalah sambal terasinya yang menjadikan cita rasa kunyit pada ayam akan terasa semakin kuat. Oh ya, di sini, sambal terasi yang akan kita buat adalah sambal terasi matang.

 

Bahan-bahan untuk sambal terasinya adalah: bawang merah, bawang putih, kemiri, tomat, cabai, serai, daun salam, gula, garam, kaldu jamur tidak diperlukan karena sudah ada MASAKO® Rasa Ayam. Untuk versi yang lebih detail, silakan lihat sambal terasi yang dipakai dalam resep Ayam Goreng Sambal Terasi di Dapur Umami ini.


Haluskan semua bahan untuk sambal terasi. Bila, sudah selesai, tumis sambal terasi hingga berubah warna dan sudah matang. Sambal ini bisa bertahan dan dikulkas bila diperlukan. Saat dipadukan dengan ayam kunyit yang bisa disimpan di kulkas dan digoreng bila diperlukan, sambal terasi versi ini sangat tepat. Mama tinggal panggil sambal terasi ini dari kulkas saat diperlukan. Tambahkan kecap manis jika suka.


Ayam goreng tepung kunyit

Untuk menutup koleksi resep kita, mari kita lihat sesuatu yang tidak terlalu asing buat kita semua, yaitu ayam goreng tepung. Tapi, sesuai dengan tema kita, nasi goreng tepung ini pun tidak seperti biasanya. 


Bila biasanya sebelum membuat kuliner ini Mama tinggal mencampur SAJIKU® Bumbu Ayam Goreng dengan air dan kemudian mencelupkan ayam yang sudah siap dimasak ke situ, kali ini kita akan menambahkan satu hal. Kita perlu tambahkan kunyit bubuk ke dalam adonan SAJIKU®. 


Dengan pencampuran ini, resep ayam kegemaran anak-anak ini akan menjadi berwarna kuning terang dan memiliki cita rasa kunyit yang menjadi tambahannya. Dengan begitu, Mama bisa mendapatkan kelezatan ayam goreng tepung dari SAJIKU® sekaligus juga manfaat kesehatan dari kunyit sebagai pendorong daya tahan tubuh dan penyuplai zat anti peradangan. 


Dengan ketiga resep ini, Mama bisa memberikan alternatif yang berbeda untuk resep ayam goreng Mama. Keluarga pun tidak akan lagi berpikir “itu lagi, itu lagi!” ketika mendengar bahwa hari ini Mama memasak ayam goreng.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.