Ingat Ini Agar Mudah Membuat Bekal Favorit Si Buah Hati

Kita membutuhkan kiat-kiat agar mudah membuat bekal yang disukai oleh anak. Dengan kemampuan itu, Mama bisa tenang karena buah hati tetap sehat dan bisa belajar di sekolah dengan nyaman. Tapi, apa sih sebenarnya kiat-kiatnya agar orang tua mudah membuat bekal yang disukai buah hati sekaligus menenangkan buat orang tua sendiri?  


Mengutamakan Nutrisi 

Sepertinya ini sudah jelas dan tidak bisa ditawar-tawar. Anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan gizi yang seimbang. Kebutuhan gizi mereka harus terpenuhi. Selain karbohidrat yang memberi mereka energi untuk aktif bergerak, anak-anak juga membutuhkan bahan yang tepat dengan kandungan gizi lainnya.  


Agar mudah membuat bekal buat buah hati, Mama harus hafal di luar kepala lima elemen nutrisi selain karbohidrat. Kelima elemen itu adalah kalsium, vitamin, zat besi, protein, dan susu. Bila perlu, Mama harus punya tabel bahan-bahan makanan yang kaya dengan lima nutrisi penting ini. Misalnya, untuk bagian zat besi, kita harus punya daftar berbagai sayuran yang kaya dengan zat besi. Di bagian protein, misalnya, kita memasukkan daftar berbagai jenis protein baik hewani maupun plant-based untuk memastikan anak mendapatkan yang terbaik.  


Menyediakan Makanan Kesukaan Anak 

Setelah nutrisi terpenuhi, Mama juga perlu ingat bahwa urusan makanan juga urusan hati. Untuk itu, mama perlu selalu menyediakan bahan-bahan makanan yang mudah disukai anak-anak. Ada beberapa jenis bahan makanan yang disukai anak-anak, yang biasanya terasa manis dan praktis.  


Sosis adalah bahan makanan yang biasanya benar-benar disukai anak-anak. Rasanya yang gurih, teksturnya yang kenyal, dan aroma asapnya nyaris tidak pernah gagal memikat anak-anak. Mama tinggal berusaha untuk mendapatkan merk sosis yang paling sehat dan aman untuk disediakan di rumah.  


Buah yang manis dan praktis seperti apel dan mangga adalah juga favorit anak-anak. Rasa manis buah-buahan selalu bisa memikat anak-anak. Karena sehatnya buah-buahan ini, Mama boleh kok sesekali hanya membekali buah hati dengan porsi lebih banyak daripada nasi atau roti.  


Kue atau kudapan adalah juga makanan yang digemari anak-anak. Mama bisa menyertakan biskuit, donat, atau produk yang di jual di pasaran untuk anak-anak. Oleh karena itu, Mama juga perlu tahu cara mudah membuat donat agar bisa memberikan bekal makan siang yang menyenangkan bagi anak-anak.  

Agar Mudah Membuat Bekal, Makanan Favorit Anak Sesekali Perlu Tersedia


Memiliki pilihan kotak makan yang menarik 

Tentu kotak makan tidak berhubungan langsung dengan gizi. Tapi, peralatan makan sangat membantu menentukan nafsu makan anak. Setidak-tidaknya, peralatan makan yang menarik akan membuat anak tidak mudah bosan. Ada lho penelitian yang mengatakan bahwa tempat makanan mempengaruhi nafsu makan seseorang


Untuk anak, ada beberapa jenis peralatan makan (termasuk kotak makan siang) yang diajurkan para food stylist yang bisa dijadikan pertimbangan oleh Mama. Peralatan yang cenderung disukai anak-anak adalah peralatan makan yang memiliki gambar atau bentuk binatang. Untuk botol minum, anak-anak cenderung menyukai botol minuman yang berbentuk karakter kartun kesukaan mereka.  


Apresiasi Ketika Bekal Dihabiskan 

Selain kotak makan siang, ada satu lagi sesuatu yang bukan makanan tetapi masuk ke dalam kiat mudah membuat bekal yang disukai anak, yaitu apresiasi ketika anak bisa menghabiskan bekal makan siangnya. Seorang anak tidak ada bedanya dengan manusia pada umumnya, mereka selalu suka diapresiasi. Apresiasi ini membuat anak tanpa sadar akan berusaha menghabiskan bekal makan siang di keesokan harinya.  


Apresiasi untuk buah hati bisa berupa apa saja. Yang paling sederhana tentu saja memberikan apresiasi secara verbal dengan menyoroti ini sebagai prestasinya. Sebenarnya ini nyata. Menghabiskan makan siang berarti memastikan bahwa diri kita akan bisa beraktivitas sepenuhnya pada siang hari. Ini adalah sebuah prestasi. Mari belajar membuat anak merasa bangga menghabiskan makanan. 


Keempat hal ini mungkin hal sederhana. Tapi, yang sederhana ini patut dipertahankan sebagai tradisi bila itu berhasil membuat Mama memastikan kesehatan buah hati. Dengan mengingat dan menjalankan keempat hal ini, kita bisa mudah membuat bekal makan siang kegemaran anak.  


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/arrangement-delicious-japanese-bento-box_14328317.htm