Ide Makan Malam: Resep Ayam Goreng Serundeng.

Halo Mama! Apa kabar hari ini? Apakah Mama sudah menentukan menu makan malam keluarga hari ini? Bila belum, di artikel ini kita ada ide masak resep ayam goreng serundeng yang bisa dipraktekkan di rumah, lho. 


Salah satu olahan khas Nusantara ini tentu tidak asing, terutama karena resep yang satu ini rasanya yang gurih dan rasa sensasinya yang khas karena ditemani serundeng kelapa yang garing.


Eitss, meski dari berbagai sumber sekarang sudah banyak yang menjual dalam bentuk frozen, tetapi Mama jangan takut mencoba ya. Dan jangan sampai berpikir akan sangat sulit membuatnya ya, Ma. Menyajikannya juga berkisar antara 15 menit - 45 menit.


Untuk bahan utamanya, yaitu ayam, Mama bisa menggunakan bagian apapun sesuai dengan selera dan stok yang ada di kulkas. Mama bisa menggunakan ayam kampung, yang punya tekstur lebih kesat dan padat, maupun ayam negeri yang lebih cepat matang dan empuk itu. Yuk kita mulai ke dapur untuk mempraktekkannya.


Apa saja bahan dalam resep ayam goreng serundeng? 

Tentu wajib ada ayam (1 ekor, potong ayam menjadi 12 bagian atau sesuai selera), kelapa parut memanjang (300 gram), air kelapa untuk mengungkep (700ml), daun jeruk, daun salam, dan pastinya serai.


Untuk bumbu halus yang digunakan, Mama perlu siapkan bawang merah (8 butir), bawang putih (8 siung), kemiri, sedikit jahe, kunyit dan tambahkan lengkuas.


Tentu saja Mama perlu tambahkan gula, garam, dan juga Sajiku® Bumbu Praktis Siap Pakai Ayam Goreng. Haluskan semua bumbu menggunakan chopper atau memakai ulekan. Atau, untuk mempersingkat waktu, Mama juga bisa menggunakan Sajiku® Bumbu Praktis Siap Pakai Ayam Goreng.


Cara membuat

Tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi kedalam minyak panas aduk rata hingga matang. Masukkan daun jeruk, daun salam, dan juga serai. Setelah tumisan bawang dan semua bumbu tadi matang, masukkan air kelapa yang sudah dipersiapkan.


Fungsi air kelapa saat mengungkep adalah agar ayam lebih mudah lunak dan juga rasa yang dihasilkan lebih gurih. Setelah itu, masukkan ayam dan kelapa parut. Masukkan juga gula garam dan Sajiku® Bumbu Praktis Siap Pakai Ayam Goreng. Tes rasa pada ayam dengan bumbu halus ini untuk memastikan apakah sudah pas.


Ungkep hingga ayam matang dan air menyusut. Untuk hasil yang terbaik, masak dengan api kecil dalam mengungkep ayam. Bila sudah matang, saatnya angkat ayam. angkat dan tiriskan ayam lalu goreng bersama kelapanya hingga berwarna kecoklatan.


Tips dalam pembuatan ayam serundeng :

Nah, ada beberapa tips yang wajib Mama ketahui:

1. Bila Mama menginginkan hasil serundeng yang basah, kulit ari kelapa yang harus dibuang. Tapi, bila Mama ingin serundeng yang kriuk, gunakan kelapa beserta kulit arinya. Simpel, kan?


2. Mama bisa juga menggoreng ayam dan serundeng secara terpisah untuk menghindari gosong pada ayam, karena serundeng membutuhkan waktu lebih lama untuk matang.


3. Untuk menghasilkan serundeng ayam yang krispi dan kadar minyak yang rendah, Mama bisa mengeringkan dengan cara memasaknya memakai api kecil dalam waktu yang lama. Untuk selanjutnya serundeng kelapa ini bisa disimpan di dalam toples agar bisa awet lebih lama.


4. Apabila Mama kesulitan menemukan air kelapa, Mama juga bisa menggantinya dengan santan encer. Hasilnya lebih creamy.


5. Terakhir, apabila males ribet saat mengungkep, Mama bisa mengungkep ayam tersebut dengan menggunakan Sajiku® Bumbu Praktis Siap Pakai Ayam Goreng, praktis dan rasanya pas.


Nah, Mama sekarang sudah menyimak resep ayam goreng serundeng lengkap dengan tips memasaknya, kan? Untuk resep olahan ayam lainnya, Mama bisa simak di sini. Lengkapi dengan sambal favorit dan juga lalapan segar kalau ingin lebih maksimal. Jika suka cita rasa kecap asin atau kecap manis juga boleh dicoba. Selamat sajikan ayam!