Hanya Perlu Buah! Cara Membuat Gelato dengan Mudah di Rumah

Makan pencuci mulut dingin berasal dari Italia tidak perlu jauh-jauh. Dengan mengandalkan cara membuat yang sederhana dan buah-buahan segar, gelato siap dihidangkan!


Siapa yang tak menyukai gelato? Berasal dari Italia, gelato adalah pencuci mulut dingin yang sejenis dengan es krim. Namun es krim dan gelato tidak sama lho! Mama tahu, kan, bahwa gelato itu lebih rendah lemak daripada es krim, membuatnya jadi lebih sehat. Tekstur, kandungan udara, dan bahkan bahan dasar gelato itu berbeda dari es krim. Dengan kandungan susu yang lebih banyak dan tekstur yang lebih padat, gelato lebih sehat dan lebih lezat untuk dikonsumsi sebagai pengganti es krim. Dan meskipun sudah banyak dijual di restoran dan kafe, Mama bisa belajar cara membuat gelato dengan mudah di rumah.


Tidak semua gelato terbuat dari bahan yang sama, tapi cara membuat gelato tetap mudah. Yang penting untuk diperhatikan adalah bahan dasarnya. Gelato terbuat dari susu, krim dan kuning telur. Berikut ini 3 cara membuat gelato yang praktis. 


1. Basic Gelato

Gunakan susu cair, whipped cream, gula dan kuning telur untuk membuat gelato yang paling basic. Untuk cara membuat gelato yang ini, susunya direbus hingga mendidih dan didiamkan sampai dingin. Lalu, susu tersebut dicampurkan dalam mixer beserta kuning telur dan gula yang sudah dikocok bersamaan dan whipped cream yang sudah dikocok sampai lembut. Setelah dilakukan proses mixing, simpan gelato di freezer untuk dibekukan. Ulangi proses mixing dan freezing sampai mendapatkan tekstur yang lembut. 


2. Strawberry Gelato (gelato dengan 1 rasa)

Untuk cara membuat gelato dengan strawberry mudah saja. Proses mixing yang dilakukan sama seperti basic gelato. Sementara untuk buah strawberry bisa diblender sampai halus dan dimasukkan ke dalam adonan. Pilihan sehalus apa hasil blender strawberry tersebut bisa Mama tentukan sendiri. Yang pasti, ulangi proses mixing dan freezing sampai dapat gelato selembut yang diinginkan. Proses ini bisa digunakan untuk segala jenis buah yang ingin Mama pakai untuk menjadi rasa dalam gelato itu.


3. Banana and Lemon Gelato (gelato dengan 2 rasa)

Bagaimana dengan gelato dengan dua rasa buah? Bisa! Cobalah dengan pisang dan lemon. Peras lemon untuk menghasilkan jus. Tidak perlu banyak, cukup 1 buah lemon saja karena rasanya sudah asam. Untuk mengimbanginya, gunakan 3 buah pisang. Pisang dapat dihancurkan atau dilumatkan dengan sendok atau blender. Lalu campurkan larutan gula, air, telur dan susu. Aduk sampai lembut, dinginkan, dan sajikan. Kombinasi buah yang pas bisa Mama cari. Kiwi dan mangga, misalnya, atau melon dan blueberry pun bisa dicoba. Untuk cara membuat gelato dengan dua jenis buah, yang penting adalah keseimbangan rasa. 


Sekarang Mama tidak perlu jauh-jauh ke Italia atau ke Bali untuk makan gelato. Dari cara membuat gelato sendiri di rumah, Mama bisa menikmati sensasi dingin bersama keluarga tercinta. Delizioso!


sumber:https://www.freepik.com/free-photo/close-up-tasty-ice-cream-scoops-with-topping_6742812.htm