Hadirkan Cita Rasa Gurih Indonesia dengan 5 Bahan Ini

Apa yang membuat kuliner Indonesia memiliki cita rasa berbeda dari kuliner di tempat-tempat lain di dunia? Tentunya ada berjuta hal yang bisa menghadirkan perbedaan tersebut. Rempah-rempah adalah salah satunya. Namun, ada beberapa jenis bahan bumbu yang tidak banyak atau sama sekali tidak ditemukan di tempat-tempat lain di dunia. 

Bahan-bahan bumbu tersebut memiliki peran yang cukup berarti dalam menghadirkan cita rasa Indonesia dalam hidangan yang mama buat. Selain untuk masakan sehari-hari, bumbu-bumbuan ini bisa kita coba ketika menerima tamu dari luar negeri. 

Dengan menggunakan bahan-bahan bumbu ini secara tepat dalam kuliner yang mama masak, akan tercipta masakan dengan cita rasa Indonesia yang khas. Apa saja bumbu itu? 


Jahe

Jahe adalah rimpang yang paling terkenal diantara kawan-kawannya. Jahe banyak digunakan baik di dalam minuman tradisional maupun kuliner. Ini karena jahe memiliki keunggulan rasa sekaligus senyawa yang dibutuhkan untuk kesehatan. 

Dewasa ini, orang cenderung menggunakan dua jenis jahe untuk kebutuhan yang berbeda itu. Untuk kebutuhan minuman kesehatan, orang lebih memiliki menggunakan jahe merah. Namun, untuk keperluan memasak dan menghadirkan cita rasa, jahe biasa adalah yang lebih banyak dipakai. 

Mama bisa memasukkan irisan atau keprukan jahe ketika memasak tumis, misalnya saat membuat tumis buncis atau kacang panjang atau tumis dengan daging sapi. Kehadiran jahe akan memperkuat rasa gurih pada hidangan. 


Serai

Meskipun tidak seterkenal jahe, serai juga termasuk bahan bumbu yang multiguna. Dia banyak hadir dalam hidangan, minuman, maupun herbal. Bahkan orang-orang tertentu menggunakan irisan serai untuk mengusir nyamuk!

Dalam memasak, mama bisa menggunakan serai untuk memberikan aroma khas yang tidak bisa didapatkan dari sumber lain. Sajian seperti soto ayam lamongan dan gadon daging giling memiliki rasa khasnya berkat adanya serai di dalamnya. 

Kalau mama suka memasak menggunakan bumbu jadi yang sudah dikemas untuk membuat soto, mama bisa kok menambahkan serai untuk memperkuat aroma khasnya. Dengan serai, cita rasa Indonesia yang autentik bisa dihadirkan di dapur mama.


Kluwak

Di antara banyak bahan bumbu, kluwak termasuk paling terkenal namanya tetapi penggunaannya terbilang jarang. Kluwak yang memiliki cita rasa khas ini disebut juga sebagai buah kepayang. Nah, jadi tahu kan kenapa kluwak terkenal? Inilah buah yang bisa bikin orang “mabuk” karena kenikmatannya. 

Mungkin orang mengira kluwak dipakai untuk memberikan warna gelap dalam masakan. Sebenarnya lebih dari itu: kluwak dipakai karena memberikan rasa umami yang alami karena adanya senyawa glutamat di dalamnya. 

Tak heran, kluwak dipakai dalam masakan-masakan yang cukup terkenal dari masing-masing daerahnya. Di antara hidangan tersebut adalah sop konro, rawon, brongkos, dan sambal picung.


Kunyit

Bumbu rimpang lain yang sangat khas Indonesia adalah kunyit. Kunyit memberikan rasa khas di lidah dan aroma kuning yang sangat kuat. Akhir-akhir ini, kunyit juga naik daun sebagai herbal karena memiliki kemampuan anti-inflamasi dan membantu meningkatkan sistem imun. 

Dalam dunia kuliner, kunyit dipakai dalam berbagai hidangan, mulai dari soto lamongan, gulai, hingga kari. Kunyit digunakan dalam makanan untuk memberikan warna yang mencolok dan aroma khas yang sekilas menghadirkan kesegaran. 

Selain masakan Indonesia, kunyit juga banyak digunakan untuk kuliner di India. Tentu fakta ini tidak berarti kunyit bukan khas Indonesia ya. Mungkin justru ini menunjukkan betapa kuatnya pesona kunyit dalam dunia kuliner.


Kemiri

Bahan bumbu terakhir yang khas Indonesia adalah kemiri. Bumbu yang berbentuk seperti kacang dengan lapisan lilin ini populer dalam berbagai masakan Indonesia. Sayangnya, cita rasanya yang halus seringkali menjadikan kehadirannya tidak disadari oleh banyak orang. 

Tapi, mama yang pandai memasak pasti bisa mengenali sebuah makanan yang mengandung kemiri. Ada aroma gurih legit dan rasa kental yang langsung terasa pada makanan yang mengandung kemiri. Karena itulah kemiri adalah bahan wajib selain santan saat membuat kreasi sayur lodeh. 

Jadi bagaimana? Sudah siap menghadirkan cita rasa Indonesia yang khas dalam masakan sehari-hari? 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/jahe-obat-alami-membumbui-1714196/