Artikel & Tips Gempur Hipertensi Dengan Diet DASH
Gempur Hipertensi Dengan Diet DASH

Gempur Hipertensi Dengan Diet DASH

08 Nov 2022, 15:11

Apakah mama sudah mengenal apa itu hipertensi dan cara mengatasinya? mungkin mama dan keluarga sering mendengar istilah tersebut, atau mungkin anggota keluarga ada yang menderita hipertensi. 


Hipertensi atau biasa orang awam menyebutnya dengan tekanan darah tinggi, merupakan sebuah kondisi dimana tekanan darah pada tubuh berada pada 130/80 mmhg maupun lebih. Pada kondisi ini dapat membahayakan bila dibiarkan terus menerus lho Ma, karena dapat menyebabkan terjadinya peningkatan resiko penyakit jantung, stroke, hingga kematian. 


Agar kondisi lebih membaik dan menghindari resiko penyakit penyerta, Mama maupun keluarga yang menderita hipertensi alias tekanan darah tinggi ini bisa mengkonsumsi obat – obatan sesuai dengan resep dokter. Selain itu bisa juga dengan menjaga gaya hidup dan pola makan agar lebih seimbang, salah satunya dengan diet DASH. Diet jenis ini dikenal efektif bagi penderita hipertensi.


Gempur Hipertensi Metode Diet DASH

Diet DASH merupakan singkatan dari dietary approaches to stop hypertension. Diet DASH ini menekankan pada pola makan yang rendah akan garam ( baik berupa natrium maupun sodium ) namun tetap tinggi akan nutrisinya. Karena garam ini dapat memberikan efek langsung kepada penderita hipertensi. 


Untuk lebih lanjutnya Mama perlu mengetahui bagaimana pengaturan menu makan dengan metode diet DASH ini.


Pengaturan Menu Dengan Metode Diet DASH


  • Susu Rendah Lemak

Pada metode diet dash ini disarankan untuk mengkonsumsi susu. Namun susu yang digunakan pada diet DASH ini merupakan susu rendah lemak beserta turunannya, seperti keju maupun yoghurt. Susu rendah lemak ini kaya akan vitamin D, protein, bahkan kalsium. Untuk takaran konsumsinya, dianjurkan untuk mengkonsumsi sebanyak 2 hingga 3 porsi susu rendah lemak dalam sehari.


  • Minyak Dan Lemak

Minyak disini bukan minyak untuk memasak ya Ma, namun minyak tunggal tak jenuh yang menyehatkan, seperti yang terkandung dalam kacang- kacangan, alpukat, maupun minyak zaitun atau olive oil. Sedangkan lemak yang perlu dikonsumsi hariannya dapat diperoleh pada ikan salmon maupun tongkol, dan kedelai. untuk porsi takaran yang dianjurkan, sebanyak 2 hingga 3 porsi dalam sehari.


  • Buah – Buahan

Salah satu jenis buah yang baik bagi penderita darah tinggi atau hipertensi adalah pisang, karena buah pisang ini kaya akan kalium. Kalium disini berfungsi untuk mengurangi natrium dalam darah.


Sajikan buah buahan sebanyak 4 hingga 5 porsi sehari, memang terdengar sangat banyak ya Ma, namun memang manfaat dari buah sangatlah baik untuk penderita riwayat hipertensi. Bila Mama maupun keluarga tidak menyukai konsumsi buah, maka buah bisa disajikan dalam bentuk smoothies maupun jus tanpa gula yang menyegarkan,


  • Sayuran

Dalam diet DASH ini, sayuran dijadikan sebagai menu utama, bukan menu pendamping, sehingga disajikan dalam porsi yang besar dan banyak. Sayur yang disajikan pun dipilih yang memiliki banyak unsur kalium, vitamin, serat, dan magnesium.


Seperti contohnya sayuran yang berwarna hijau, brokoli, wortel, tomat, maupun mentimun. Mama bisa padukan dan kreasikan sayur ini sebagai salad maupun kreasi yang lainnya.


  • Daging 

Siapa bilang penderita hipertensi tidak boleh makan daging? Masih boleh ya Ma, asalkan tepat porsi. Yakni tidak lebih dari 6 ons perharinya. Dan diolah dengan cara direbus atau dipanggang saja. Selain itu bisa juga konsumsi ikan, seperti ikan salmon ataupun tongkol yang kaya akan Omega 3.


Semoga penjelasan di artikel ini bermanfaat . Jangan lupa imbangi juga dengan olahraga dan mengatur pola hidup sehat!

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.