Gemar Masak, 3 Atlet ini Juga Kaya Prestasi

Kalau bicara soal atlet dan makanan, Mama pasti percaya bahwa makanan yang mereka pilih selalu penuh perhitungan. Selain latihan yang tekun tiada henti, makanan adalah juga modal dasar performa dan prestasi mereka. Bagaimana kalau ngomong soal atlet dan masak? Ada nggak sih atlet yang jago seperti Mama? 

Ternyata tidak sulit menemukannya. Beberapa atlet yang mengharumkan nama bangsa ini ternyata juga jago masak. Nah, kalau kita percaya mereka selalu peduli yang mereka makan, sepertinya bisa dong kita jadikan mereka teladan urusan performa dapur? 

Mari kita lihat tiga atlet jagoan ini.


Maria Febe Kusumastuti dan Akun Masak

Yang pertama, dari tunggal putri bulutangkis andalan Indonesia di awal hingga pertengahan dekade 2010-an, mari kita intip Maria Febe Kusumastuti. Pebulutangkis yang pernah tampil ini di berbagai ajang internasional mewakili tim putri Indonesia ini ternyata sangat gemar memasak. 

Ketika tinggal dan menjadi pelatih di Kanada, Maria Febe sangat gemar mengolah masakan Indonesia. Pasti emosional dong rasanya resep masakan selera nusantara di negeri yang berjarak separuh dunia dengan kita. 

Tidak tanggung-tanggung, Febe sampai membuat akun khusus untuk masakan-masakan kegemaranya yang bisa dilihat di sini. Di akun ini, kita bisa melihat hasil jagonya Febe memainkan spatula dan pisau: ada seafood, balado sapi, aneka sambal, paduan olahan masakan dengan kecap manis bawang putih dan banyak lagi lainnya. 

Akun khusus masak milik Maria Febe Kusumastuti


Triyaningsih yang Mengaku Belajar Masak

Selanjutnya kita akan bertemu atlet putri dari cabang yang lain. Kali ini Triyaningsih, dari cabang atletik, tepatnya lari jarak jauh. Pelari kelahiran Semarang ini tidak main-main urusan lari: dia meraih tiga medali emas di tiga SEA Games berturut-turut, 2013, 2015, dan 2017. Pasti orang bertanya: Apa sih makannya?

Ya, ternyata Triyaningsih suka masak sendiri. Dia sangat suka mengolah resep makanan sehari-hari dengan menu sederhana tetapi sehat. Wajar dong kalau atlet kita ini sehat. Dia memilih dan mengolah sendiri makanannya. 

Sebagaimana dibagikan di akun IG pribadinya, Triyaningsih suka memasak menu lengkap sekali makan mulai makan. Salah satu menu yang bisa dilihat di sini adalah ayam yakiniku (kaya protein), tumis sawi (kaya serat dan mineral), beras merah (sumber karbohidrat yang bagus), dan jus tomat (kaya vitamin). 

Teladan sekali kan menu sekali makannya? 

Jus tomat pelengkap menu makan Triyaningsih


Ade Rai dan Menu Pembentuk Otot

Terakhir, Ade Rai! Ini dia jagoan kita yang bisa dibilang sebagai living legend dunia binaraga kita. Di usianya yang sudah di awal 50-an tahun, juara binaraga kebanggaan Indonesia ini seperti tampak tidak pernah menua. Ototnya bisa dong bersaing dengan bintang-bintang Hollywood!

Hebatnya lagi, Ade Rai saat banyak mengkampanyekan hidup sehat dengan makanan dan latihan otot. Mama pasti pernah deh lihat videonya berseliweran di media sosial menjelaskan manfaat latihan otot untuk metabolisme. 

Ade Rai juga suka memasak bahan-bahan yang menurutnya bagus untuk menjaga kesehatan, khususnya yang kaya protein. Di video YouTube ini, Ade Rai mengajak Mama masak tumis tahu, tempe, dan tauge (3T) yang sangat digemarinya. 

Itulah dia tiga jawara olahraga kita yang ternyata juga terampil memainkan bahan dan bumbu. Siapa lagi ya atlet yang gemar berlaga di dapur? Pastinya masih ada. Ayo kita cari dan tiru resep-resepnya biar anak-anak Mama ketularan jadi juara!

Terakhir, pasti dong Mama sudah tahu kalau di Dapur Umami kita juga punya berbagai inspirasi menu atlet yang bisa dijadikan referensi kalau ingin membuat badan lebih bugar dan sehat. Eh, ada juga lho info lengkap “kachimeshi” di Dapur Umami


Salam juara!