Enak! Ini 5 Resep Cemilan Gurih, Asin & Mudah Dibuat

Kalau Mama senang mencari resep cemilan gurih dan asin, Mama tak sendiri. Karena banyak juga yang sama.

“Riskesdas Kementerian Kesehatan pernah membuat penelitian menarik. Isinya mengungkap hampir 30% masyarakat Indonesia suka mengkonsumsi makanan asin lebih dari 1x sehari.“¹

Untuk Mama yang suka dengan camilan gurih, resep-resep dari Dapur Umami berikut ini bisa jadi pilihan. Selain proses pembuatannya sangat mudah, bahannya juga sangat terjangkau. Mama pasti bisa langsung praktek setelah membacanya.


Onion Ring Crispy ala Sajiku®

Ini adalah resep cemilan gurih dan mudah untuk pemula

karena hanya membutuhkan bawang bombay dengan irisan agak tebal sebagai bahan utamanya. Langkah pembuatannya juga hanya memerlukan tiga langkah: iris bawang, campur dengan larutan tepung, lalu goreng,

Hanya saja, agar gurih maksimal, Mama perlu pastikan hanya sebaiknya gunakan tepung bumbu Sajiku®. Komposisi bumbu ini terdiri dari rempah campur tepung terigu berkualitas tinggi sehingga mampu memberi efek gurih lebih kuat.

Selain simple, cemilan dari bawang bombay ini juga menyehatkan lho! Diantara khasiat terpenting bawang bombay adalah membantu melancarkan pencernaan karena kaya dengan serat dan probiotik.


Jamur Crispy Saus Jeruk ala Sajiku®

Resep cemilan gurih renyah ini sama simple-nya dengan onion ring. Bedanya, yang Mama campurkan dalam larutan tepung bumbu Sajiku® adalah jamur tiram. Saat dimasak, pastikan semua bagian jamur terbalut tepung dengan merata.

Agar rasanya semakin spesial, Mama bisa menyiapkan saus jeruk. Cara membuatnya dengan merebus dan aduk rata jus jeruk, gula, dan garam. Ketika sudah mendidih, Mama bisa tambahkan larutan tepung maizena untuk memberi efek kental khas saus.

Pasti penasaran kan apa jadinya jamur crispy jika dicocol dengan saus jeruk? Coba saja langsung, enak kok!


Keripik Kentang ala Sajiku®

Siapa sih orang Indonesia yang tak suka makan keripik? Riset dari Compas, dalam rentang 3 bulan, perputaran uang dari bisnis keripik di 3 marketplace lokal bisa mencapai lebih dari 1 miliar.³ 

Mama yang hobi makan keripik seperti keripik kentang sebenarnya bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Cukup dengan mengiris kentang tipis-tipis lalu mengguling-gulingkannya di wadah berisi campuran tepung bumbu Sajiku®, Mama bisa dapatkan keripik yang gurih.

Satu lagi, untuk dapatkan efek crispy maksimal, irisan kentang bisa Mama rendam dulu dengan air es sebelum Mama campurkan dengan tepung dan menggorengnya.


Telur Gulung ala AJI-NO-MOTO®

Kalau sebelumnya Mama suka jajan telur gulung di luar, sesekali boleh dong coba buat sendiri di rumah? Selain mudah, bisa jadi resep cemilan gurih kekinian buatan Mama lebih enak dan gurih karena menggunakan penyedap rasa dari

AJI-NO-MOTO®.

Selain telur, sedikit air, garam, dan bumbu AJI-NO-MOTO®, Mama bisa tambahkan sedikit saus tomat dalam adonan telur gulung. Agar tidak gagal, saat tuang adonan minyak harus benar-benar sudah panas dan kocokan telur sudah maksimal hingga mengeluarkan busa. 

Selain nikmat, cemilan ini tentu sangat sehat. Telur yang jadi bahan dasarnya sudah terkenal sebagai superfood kaya nutrisi yang tak diragukan kebaikannya bagi tubuh.


Stik Ikan ala Mayumi®

Bukan hanya untuk pendamping makanan berat, sebenarnya ikan juga bisa Mama jadikan cemilan enak dan menyehatkan lho! Dapur Umami punya resep stik ikan mayo jika Mama mau mencobanya. 

Mama hanya perlu fillet ikan gurame dan campuran kocokan telur plus tepung terigu sebagai pelapis stik. 

Hal yang tak kalah penting dari resep ini adalah saus cocolnya. Mama bisa gunakan saus Mayumi® dari AJI-NO-MOTO® yang dicampur dengan potongan tomat, timun, dan saus tomat. Kombinasi stik ikan yang asin dan gurih dengan saus Mayumi® yang creamy bisa jadi paduan yang bikin nagih.

Nah, kira-kira, mana nih resep cemilan gurih yang bikin Mama ngiler? Kalau ada, jangan tunggu lama-lama, langsung eksekusi sekarang juga! Jangan lupa, buat yang banyak supaya semua anggota keluarga kebagian.