Enak dan Sehat, Resep Nasi Gila Ala Abang-abang Tanpa Minyak

Selain nasi goreng, nasi gila juga telah menjadi salah satu comfort food favorit masyarakat Indonesia. Walaupun sekilas keduanya terlihat begitu mirip, nasi gila sebetulnya berbeda dari nasi goreng, Ma. Perbedaan ini terletak pada cara memasak serta penyajiannya.

Baik nasi goreng dan nasi gila bisa dengan mudah ditemukan di berbagai tempat, terutama di area-area pinggiran ruas jalan karena banyak dijual oleh pedagang kaki lima. Itulah kenapa terkadang nasi gila juga kerap disebut sebagai nasi gila abang-abang.

Apakah Mama sudah pernah mencobanya? Kalau belum, yuk, coba buat resep nasi gila ala abang-abang! Tidak cuma enak dan sedap, Mama juga bisa membuatnya dalam versi yang lebih sehat tanpa menggunakan minyak goreng.


Apa itu nasi gila?

Sebelum membahas tentang resep nasi gila ala abang-abang, apakah Mama sudah tahu tentang apa itu nasi gila? Nasi gila adalah nasi putih yang disajikan dengan campuran aneka topping lauk. Nah, topping lauk ini dimasak menggunakan bumbu-bumbu khusus secara terpisah. Proses memasak ini biasanya dilakukan dengan minyak goreng. Namun, Mama bisa menggantinya dengan air agar nasi gila yang Mama buat tidak hanya enak, tapi juga lebih sehat.

Begitu topping lauk selesai dimasak, baru setelah itu disajikan di atas sepiring nasi putih hangat. Umumnya, lauk-lauk yang digunakan untuk topping nasi gila adalah telur, bakso, sosis, dan daging ayam. Mama juga boleh, lho, kalau mau menambah lauk lain seperti rempelo ati atau potongan daging sapi. Lebih sehat lagi kalau Mama juga menambahkan sayuran seperti sawi, wortel, atau kubis.


Kenapa nasi gila begitu populer?

Sampai saat ini, tidak diketahui pasti siapa yang pertama kali memiliki ide untuk membuat resep nasi gila. Berbagai versi cerita pun bermunculan, Ma. Salah satunya datang dari area Kemang, Jakarta. Konon, saat itu ada seorang penjual nasi goreng yang kedatangan pelanggan. Ia meminta penjual nasi goreng untuk mencampur semua lauk dan sayuran dengan nasi yang tidak digoreng.

Mendengar permintaan tak biasa itu, sang penjual pun bingung. Lalu, karena merasa tidak sabar, pelanggan tersebut justru mengajari sang penjual untuk memasak nasi gila yang ia maksud. Hal ini pun akhirnya menginspirasi banyak pedagang lain untuk memasak menu serupa. Nah, resep nasi gila kali ini juga terinspirasi dari mereka, tapi tentunya dalam versi yang lebih sehat ya, Ma.


Sedikit berbeda dari nasi goreng gila 

Karena begitu populer, banyak penjual nasi gila yang akhirnya berkreasi dengan menu tersebut hingga muncul nasi goreng gila. Sebetulnya kedua nasi ini tidak begitu berbeda, Ma. Baik nasi gila dan nasi goreng gila sama-sama disajikan dengan topping campuran lauk dan sayuran berbumbu khusus. Bedanya terletak pada jenis nasi yang disajikan.

Nasi gila orisinal disajikan dengan nasi putih, sedangkan pada nasi goreng gila, nasinya dimasak secara terpisah dulu. Bentuk nasi gorengnya sama saja, kok, seperti nasi goreng pada umumnya. Jadi, nasi putih dimasak terlebih dulu dengan bumbu merah khusus, baru setelah itu disajikan dengan topping campuran lauk dan sayuran di atasnya.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi gila

Rasanya jadi tidak sabar mencoba mencicipi nasi gila ya, Ma? Untungnya, resep nasi gila ala abang-abang sangat mudah untuk dimasak sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun tak sulit ditemukan. Bahkan Mama juga bisa memodifikasinya agar lebih sehat tanpa menggunakan minyak goreng. Penggunaan garam juga sebaiknya di-skip karena nantinya bisa mendapatkan rasa asin dari saus lain. Berikut ini daftar bahan yang Mama butuhkan untuk membuat nasi gila yang tidak cuma enak, tapi juga lebih sehat:


Nasi, lauk, dan sayuran:


  • 2 piring nasi hangat (bisa juga diganti dengan shirataki rice yang lebih sehat)
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 2 buah sosis, iris tipis
  • 5 butir bakso sapi, iris tipis
  • 100 gram paha ayam, potong dadu
  • 1 ikat sawi, potong
  • 1 butir wortel, potong tipis dan rebus terlebih dulu
  • 1 butir daun bawang, potong tipis

Bumbu:


  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 butir bawang bombai kecil, iris tipis
  • 3 butir cabai merah, iris tipis (bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera)
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus sambal (bisa juga diganti saus tomat)
  • ½ sdm minyak wijen
  • ½ sdt AJI-NO-MOTO®
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ sdm merica bubuk
  • Air matang secukupnya


Langkah-langkah membuat nasi gila

Setelah menyiapkan seluruh bahan-bahan tersebut, sekarang saatnya Mama mulai memasak nasi gila. Karena tidak menggunakan minyak goreng, usahakan memakai wajan atau teflon anti lengket untuk memasak ya, Ma. Lalu, ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Masukkan sedikit air ke wajan, tunggu hingga mendidih, lalu tumis bawang bombai dan bawang putih hingga layu dan harum.
  2. Masukkan cabai merah, tumis hingga layu.
  3. Masukkan potongan ayam, aduk hingga berubah warna. Kalau wajan terlihat kering, bisa tambahkan sedikit air lagi ya, Ma.
  4. Tuang telur dan buat orak-arik.
  5. Masukkan sawi dan wortel.
  6. Masukkan sosis, bakso, kecap manis, saus tiram, saus sambal, dan minyak wijen. Aduk hingga semua tercampur rata dan berubah warna.
  7. Tambahkan Ajinomoto, merica, dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata.
  8. Tuang topping lauk tersebut di atas nasi hangat
  9. Beri potongan daun bawang sebagai taburan, lalu sajikan.


Resep nasi gila ala abang-abang ternyata sangat mudah untuk dimasak sendiri, kan, Ma? Bahan-bahannya pun bisa didapatkan dengan mudah. Lebih enaknya lagi, Mama bisa membuat nasi gila versi lebih sehat tanpa minyak goreng dan garam, serta menambahkan banyak sayuran atau menggunakan shirataki rice. Selamat menikmati nasi gila bersama keluarga ya, Ma!


Reference:

https://www.kompas.com/food/read/2021/07/10/190300375/resep-nasi-gila-abang-abang-menu-simple-untuk-makan-malam

https://www.idntimes.com/food/recipe/dewi-8/5-cara-bikin-nasi-gila-c1c2/2

https://www.inews.id/travel/kuliner/cara-membuat-nasi-gila-sosis-dengan-bahan-sederhana-ini-resepnya

https://www.pegipegi.com/travel/nasi-gila-adik-dari-nasi-goreng-yang-menggelitik-lidah/

https://imoforpcs.com/