Dapur Umami Menginspirasi sambil Mengasah Kreativitas

Mama pasti sudah semakin sering mengunjungi Dapur Umami dan bahkan mungkin sudah banyak mendengarkan namanya dibincangkan di forum-forum obrolan. Biasanya, banyak pengunjung menyukai Dapur Umami karena banyaknya resep yang disediakan di situs ini.

Tapi, apa sebenarnya yang lebih berharga dari sekadar banyaknya resep yang disediakan di situs web ini? Bagi sebagian pengguna, ternyata yang juga sangat berharga dari Dapur Umami adalah karena dia menginspirasi tetapi tidak membatasi, dan justru malah memantik kreativitas mama yang menggunakan situs ini. 

Bagaimana ceritanya Dapur Umami bisa menjadi situs yang seperti itu? Apa saja hal-hal yang membuat Dapur Umami sampai begitu? Berikut beberapa hal yang membuat situs web ini bisa menginspirasi sekaligus membuat mama bisa berkreasi. 


Banyak Resep Tak Biasa

Yang pertama adalah adanya resep-resep mudah dan praktis tetapi tidak biasa. Resep-resep ini bisa jadi gabungan antara bahan-bahan dan resep yang kita kenal sehari-hari tetapi dengan penyajian yang terinspirasi oleh tradisi kuliner dari tempat-tempat yang jauh. 

Sebagai contohnya kita bisa melihat resep nasi goreng sushi ala Sajiku ini. Sebagai warga negara Indonesia yang bangga, pasti mama tahu cara memasak nasi goreng, bahkan dengan kreasi keluarga. Begitu juga dengan sushi. Pasti mama juga pernah mencobanya ketika jalan-jalan di mal atau membeli dari layanan antar. 

Namun, siapa sangka kita bisa memadukan dua kuliner itu ke satu piring saji dengan gaya yang semenarik ini? Coba deh mama lihat lagi, pasti tidak sedikit resep-resep tidak biasa yang seperti ini. 

Nasi Goreng Sushi, resep kratif Dapur Umami


Menggunakan Bumbu-bumbu yang Mudah

Selain resep-resep yang tidak biasa itu, ternyata Dapur Umami juga menggunakan bumbu dan tepung bumbu yang sebenarnya bisa kita temukan sehari-hari. Makanan yang kesannya bakal membutuhkan kombinasi bumbu dan rempah yang rumit ternyata bisa disajikan dengan bumbu yang cenderung mudah. 

Salah satu contohnya adalah Garang Asem Ayam ini. Lihatlah betapa mudah ditemukannya bumbu-bumbu pada masakan terkesan rumit itu.

Dan, yang lebih menarik lagi, pada sebagian resep, kita juga bisa menemukan bahwa bumbu yang rumit itu bisa dibuat dengan kreativitas menggunakan bumbu kemasan yang telah disiapkan oleh Ajinomoto Indonesia. Lihatlah misalnya Gulai Asam Daging yang ternyata bisa disiapkan dengan kreativitas menggunakan Bumbu Sayur Asam dari Sajiku. 

Untuk lainnya, mama bisa temukan masakan lezat dengan bumbu dan bahan yang sebagian sudah siap seperti Sajiku tepung atau Masako rasa ayam.


Mendorong Kreativitas 

Selain kombinasi cita rasa dan kreativitas menggunakan bahan, ternyata Dapur Umami juga bisa memantik mama untuk berkreativitas dalam hal cara menyiapkannya. Kalau mama lihat sekilas ke resep-resep di dapur umami, pasti akan tampak bahwa panduan penyiapan makanan relatif minim.

Pada berbagai resep yang ada di situs web ini, kita bisa menemukan panduan penyiapan yang terdiri dari 3-5 langkah saja. Tidak ada instruksi yang sangat mendetail seperti berapa lama setiap tahap memasak itu dilakukan atau instruksi-instruksi terlalu detail lainnya. 

Untuk yang terbiasa dengan resep yang sangat mendetail, mungkin hal ini akan menakutkan. Bisa jadi. Tapi, sepertinya para penyusun resep Dapur Umami paham betul bahwa sebentar saja mama mencoba-coba berkreasi di dapur, teknik-teknik detail memasak itu akan dikuasai secara natural. Yang paling vital adalah bahan-bahan dan urutan umum penyajian.

Sebaliknya, instruksi yang tidak terlalu mendetail ini justru memberikan ruang bagi mama untuk berkreasi dengan cara memotong, tingkat kematangan, cara penyajian dan sebagainya. Pendeknya, Dapur Umami memberikan kebebasan dengan tidak memberikan terlalu banyak detail dalam resep-resepnya. 

Ketiga hal di atas inilah yang menjadikan Dapur Umami tampak berbeda dari situs web kuliner yang biasa mama temukan. Dapur Umami memahami bahwa mama seringkali hanya membutuhkan pengingat dan sedikit inspirasi dalam beraksi di dapur. 

Kreativitas atau bahkan bakat memasak yang mama (atau papa) miliki akan membuat inspirasi-inspirasi ini menjadi berarti.