Cara Mudah Membuat Bubuk Cabe Sendiri Dirumah

Bubuk cabe merupakan bumbu favorit yang semua kalangan menyukainya, dari anak-anak hingga orang dewasa. Daripada beli, Mama bisa mengikuti cara mudah membuat bubuk cabe sendiri di rumah dari Dapur Umami agar lebih hemat.

Tak perlu khawatir, cara bikin bubuk cabe ini bisa dengan oven maupun tanpa oven. Yang jelas, rasanya pasti enak, gurih, dan tidak pahit.

Selain itu, bubuk cabe juga bisa jadi cara terbaik untuk menyimpan bumbu pedas ini dalam jangka lama. 

Yuk, pelajari langkah-langkah atau deskripsi untuk membuatnya.


Pemilihan Cabe

Jika Mama ingin membuat cabe bubuk kering pedas yang biasa, Mama bisa menggunakan jenis cabe lombok yang besar.

Akan tetapi, kalau tujuannya membuat cabe bubuk kering yang super pedas, maka Mama perlu memilih jenis cabe rawit.

Untuk membuat yang pedasnya sedang, bisa dengan mengombinasikan kedua jenis cabe tersebut.

Cara membuat bubuk cabe agar tidak pahit, pastikan untuk menggunakan cabe yang masih segar dan tidak busuk. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah seberapa banyak bubuk cabe yang akan Mama buat.

Umumnya, tingkat penyusutannya adalah 80-85%. Artinya, jika berat cabe awal 1 kilogram, maka hasil akhirnya tinggal seperlimanya, alias 150-200 gram (kira-kira 1 botol kecil).


Belah dan Buang Isi Cabe

Salah satu cara lain agar cabe bubuk tidak pahit adalah dengan menyisihkan isi cabenya. Maka dari itu, Mama mungkin perlu membelah dan membuang biji cabenya.

Namun, biji cabe merupakan sumber rasa pedas yang paling utama. Karena itu, kalau ingin buat yang super pedas dan tidak keberatan dengan sedikit rasa pahit, tak apa untuk menyertakan bijinya.

Setelah biji dibuang, jangan lupa untuk memotong-motong cabe agar nanti lebih cepat saat proses pengeringan.


Mengukus cabe

Tujuan pengukusan cabe ini ada 2.

Pertama, agar bakteri dan kuman yang ada di cabe mati sehingga tidak ada kemungkinan membusuk saat penjemuran. Kedua, agar tekstur cabe lebih seragam dan bagus ketika kering.

Berapa lama mengukus cabe? Antara 10-15 menit seharusnya sudah cukup.

Akan tetapi, kalau proses pengeringan menggunakan oven, langkah ini bisa Mama lewati. Jadi, langsung ke proses selanjutnya.


Pengeringan

sumber: https://unsplash.com/photos/VURgi1Xr4t8 

Proses pengeringan akan cukup mudah dan praktis dengan menggunakan oven. Waktunya tidak lama, cukup 3-5 menit dengan suhu 1500 C. Silakan menggunakan aplikasi stopwatch untuk mengukur waktunya, bila perlu.

Namun Mama juga bisa membuat cabe bubuk tanpa oven jika tidak ada alat tersebut di rumah. Caranya, tentu saja dengan menjemur di bawah sinar matahari.

Ini akan ideal jika cuaca sedang panas, 1 hari juga sudah selesai. Tapi jika sering mendung dan banyak awan, mungkin butuh sekitar 2-3 hari agar cabe kering sempurna.

Bagaimana untuk mengetahui apa cabenya sudah kering sempurna atau belum? Tinggal pencet atau cubit saja. Jika memang kering sempurna, cabe akan mudah patah atau hancur.


Sangrai Bila Perlu

Langkah ini bisa Mama lewati jika cabe sudah kering sempurna, terutama jika pengeringan menggunakan oven.

Akan tetapi, penyangraian juga perlu jika ingin sekaligus menambahkan bumbu lainnya seperti jintan agar lebih sedap.

Yang pasti, tidak perlu waktu lama untuk ini. Secara singkat, antara 1-2 menit sudah cukup. Selain cabe memang sudah kering, aromanya bisa menusuk hidung dan bikin Mama menangis jika tidak kuat.


Menghaluskan Cabe

Paling praktis untuk menghaluskan cabe adalah dengan menggunakan blender. Tentu saja Mama perlu menggunakan fitur mode penggilingan bumbu sebelum digunakan untuk menghaluskan.

Selain itu, Mama juga bisa menghaluskannya dengan cara mengulek seperti saat bikin sambal. Cara ini memudahkan jika ingin membuat bubuk cabe yang masih bertekstur dan tidak terlalu halus.


Tambahkan Penyedap Rasa

Agar bubuk cabe memiliki rasa yang gurih dan lezat, Mama bisa menambahkan penyedap seperti Ajinomoto atau Masako.

Jadi, tak hanya rasa pedas biasa, tapi pedasnya akan terasa sedap dan gurih.

Setelah selesai, tinggal simpan bubuk cabe yang sudah jadi dalam tempat yang kering dan terlindung dari lembab.

Bagaimana? Mama bisa kan, mengikuti cara mudah membuat bubuk cabe sendiri di rumah ini? Lumayan, bisa menghemat daripada harus membeli cabe bubuk sachet setiap hari.