Cara Membuat Telur Gulung Anti Gagal, Enak dan Gurih

Telur gulung adalah jajanan legendaris yang jadi favorit anak-anak. Jika Mama menguasai cara membuat telur gulung anti gagal, pasti bakal lebih baik daripada anak-anak jajan di luar.

Karena itu, di artikel ini, Dapur Umami akan membocorkan rahasia cara membuat telur gulung ala rumahan yang pasti berhasil dan gurih.

Yuk, simak caranya.


Campur Telur Pakai Air

Untuk membuat telur gulung sangat mudah. Bahannya hanya telur saja tanpa campuran tepung beras, tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir atau baking soda sekalipun. Ini karena secara alami, telur dapat mengembang dan memiliki tekstur halus.

Akan tetapi, penyebab telur gulung gagal, salah satunya adalah karena sedikit kandungan air. Jadi, begitu masuk ke dalam minyak, telur langsung mengental, padat, dan tidak menyebar.

Maka dari itu, setelah kupas kulit dan memasukkan isinyanya ke dalam mangkok, ikuti langkah berikut.:


  • campurkan air ke dalam telur. Tak perlu terlalu banyak, untuk 2 butir telur, jumlah air tambahannya cuma 15 ml atau 1 sendok makan saja.
  • masukkan tepung maizena. Ini pun hanya 1 sendok teh saja sebagai pengental.

Jangan lupa setelah masukkan semua bahan, agar diaduk supaya tercampur rata.


Tambahkan Kaldu Ayam

Fungsi kaldu ayam di sini selain untuk menambah kelembaban telur, juga memberikan rasa gurih dan enak.

Kalau tidak ada kaldu, Mama bisa menggantinya dengan saus tomat dan Masako® rasa ayam. Campur semua bahan dan aduk rata agar menyatu antara saus dan garam penyedap atau bumbunya.

Berapa takarannya? Cukup menggunakan ½ sendok teh saja untuk 2 butir telur. Jadi, sangat murah dan hemat.


Kocok Hingga Berbusa

Salah satu rahasia cara membuat telur gulung kaki lima yang tebal dan hemat adalah dengan mengocok adonannya sampai berbusa. Ini akan membuat adonan telur jadi lebih mengembang. 

Tak hanya teksturnya jadi lebih lembut dan tebal, cara ini sekaligus membuat telur mudah digulung dan tidak kaku. 

Selain itu, teknik ini juga bisa menghemat bahan. Jadi, hidangan telur gulung bikinan Mama bisa lebih banyak.


Minyak Panas tapi Api Kecil

Pastikan saat menggoreng, minyaknya sudah benar-benar panas. Namun, setelah panas, gunakan api kecil sekadar untuk mempertahankan suhunya saja.

Dengan cara ini, telur gulung akan dapat mengembang sempurna, tapi tidak sampai membuat adonan gosong.

Agar telur tidak jatuh dan menempel di dasar wajan, jumlah minyak yang Mama gunakan harus cukup banyak. Karena itu juga, sebaiknya Mama menggunakan wajan cekung sehingga ada cukup jarak dari permukaan minyak ke dasar wajan.


Teknik Menuangkan Telur

Selanjutnya, Mama perlu paham teknik menuangkan agar telur gulung tidak gagal.

Caranya, tuangkan telur dengan jarak yang cukup tinggi dari wajan. Ini akan membantu telur untuk menyebar dan tidak saling menempel.

Selain itu, tuangkan sedikit demi sedikit agar adonan membentuk jejaring laba-laba. Ini akan memudahkan saat nanti Mama akan menggulung telur.

Mama bisa menggunakan sendok saat menuang adonan. Akan tetapi, kalau ada tempat atau plastik yang ujungnya berbentuk corong, tentu bakal lebih mudah.


Gulung Tanpa Tunggu Lama

Jangan tunggu lama untuk mulai menggulung telur. Maksimal 5-10 detik setelah adonan mulai dituang, Mama harus langsung menggulung telur.

Cara ini akan mencegah telur terlalu kering sehingga hancur saat penggulungan. Nggak cuma itu, nantinya lapisan-lapisan telur juga jadi bervariasi sehingga teksturnya enak di lidah.


Teknik Menggulung Telur

Untuk menggulung telur, pastikan Mama menggunakan tusuk yang cukup panjang agar terhindar dari risiko panas. Gulung dengan posisi horizontal atau miring agar mudah dan gulungannya jadi bagus.

Supaya hasilnya tetap tebal dan nikmat, gunakan seperempat bagian tusuk dari untuk menggulung telur. Ini juga membantu agar tangan Mama tidak terlalu dekat dengan minyak.

Dengan resep dan teknik di atas, dijamin telur gulungnya pasti berhasil dan rasanya tidak kalah dari ayam goreng.

Nah, sudah paham, kan, rahasia cara membuat telur gulung anti gagal yang tebal, gurih, dan enak? Mama bisa coba memasak untuk keluarga, dijamin anak ketagihan dan nggak mau lagi jajan di pinggir jalan.