Cara Membuat Sarapan Siap Dalam Waktu Singkat

Sarapan pagi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh semua anggota keluarga karena nutrisi dalam sarapan diperlukan oleh tubuh untuk mengeluarkan energi untuk beraktivitas harian.


Di sisi lain, seringkali pagi hari kita begitu hectic. Untuk itu Mama perlu cara membuat sarapan siap dalam waktu singkat. 

Untuk itu, ada satu kecakapan yang perlu Mama dan Papa kuasai. Mama harus pintar dalam mengatur menu yang akan disajikan.


Dengan pintar mengatur menu, sarapan sehat bisa siap dalam waktu singkat. Berikut beberapa ide sarapan yang bisa dilakukan kurang dari 15 menit.


Krim Sup Ayam (10 Menit)

Krim sup yang biasa disajikan sebagai hidangan pembuka ini bisa juga Mama jadikan alternatif untuk sarapan. Krim sup dibedakan menjadi dua menurut jenisnya: thick soup dan clear soup. Untuk thick soup biasanya bahan-bahan utamanya disajikan dengan cara dihaluskan, sedangkan clear soup biasa berisi potongan sayur daging. 


Untuk membuat krim sup ayam, bahan yang diperlukan adalah dada ayam yang sudah direbus dan dipotong dadu kecil, potongan sayur frozen (atau bisa juga dengan wortel, buncis, kacang polong, brokoli yang dipotong dadu), air kaldu dari rebusan ayam, susu cair, dan sedikit maizena. 


Untuk bumbu halusnya, krim sup ayam ini tentu saja memerlukan bawang bombay, bawang putih, garam, lada, dan MASAKO® rasa ayam.


Cara membuat krim sup ini pun cukup mudah dan cepat saja. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Bila sudah, masukkan dada ayam, dan potongan sayur, aduk aduk dengan bumbu hingga meresap.


Bila ayam dan sayur sudah mulai melunak, tambahkan kaldu, bumbui dengan garam, lada, MASAKO┬« dan masukkan air maizena. 

Oh ya, air maizena tersebut dilarutkan bersama susu ya, Ma. Terakhir, tunggu hingga krim sup ayam sedikit mengental. Viola, krim sup ayam hangat ini siap dinikmati sebagai menu sarapan.


Kimbab ( 10 menit )

Salah satu makanan khas korea yang bentuknya menyerupai sushi ini merupakan salah satu menu sarapan yang mengenyangkan dan penuh gizi. Mama dan keluarga pun bisa menjadikan kimbab ini sebagai menu sarapan on the go, alias bisa dijadikan bekal sambil makan di mobil. 


Yang paling penting: durasi memasaknya pun cepat dan bisa juga memanfaatkan sisa nasi kemarin.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimbab ini disesuaikan dengan isi kulkas Mama saja ya. Di artikel kali ini, kita akan menyajikan resep kimbab super sederhana. Untuk membuatnya, Mama hanya perlu mempersiapkan wortel, mentimun, telur dadar dan sosis siap makan yang semuanya dipotong memanjang. 


Plus, jangan lupa untuk menyertakan nasi putih, sedikit minyak wijen, dan tentu saja nori untuk membungkusnya.


Cara membuat kimbab kilat ini adalah sebagai berikut: Mama aduk nasi dengan sedikit minyak wijen atau garam, sisihkan. Tata nori. Letakkan nasi di seluruh permukaan kimbab (jangan terlalu tebal, agar nanti mudah untuk digulung).


Pada ujung nori, tata rapi juga wortel, mentimun, sosis, dan juga telur dadar yang sudah dipersiapkan. Bila sudah selesai, gulung sambil sedikit ditekan agar rapi sesuai selera. Kimbab siap dipotong dan dijadikan sarapan maupun bekal.


Potato Salad (15 menit)

Menu sarapan berbahan dasar kentang ini rasanya enak dan bisa menjadi opsi kalau sudah mulai bosan makan nasi. Bahan yang diperlukan pun sangat sederhana: kentang. Cara membuat kuliner ini adalah dengan memotong dadu kentang yang telah dikupas dan merebus hingga empuk. 


Tambahkan saus mustard, mayonnaise, air lemon, garam, dan lada. Untuk bahan lainnya, cincang halus bawang bombay, dan seledri. Cara membuatnya cukup mudah: campurkan kentang rebus dengan semua bahan, aduk rata. Tuang saus dan bila suka bisa juga ditambah telur rebus yang sudah dicincang.


Bagaimana ma, siap menyajikan sarapan penuh gizi secara kilat untuk keluarga pagi ini? Eits, jangan lupa, masak boleh kilat, tapi makannya harus dengan tenang dan dinikmati ya, Ma. Kalau sudah tidak buru-buru lagi, boleh lho balik lagi eksplorasi menu sarapan Dapur Umami ini.