Cara Agar Makan di Rumah Tidak Membosankan

Baik ketika mama masak sendiri makanan di rumah maupun ada asisten rumah tangga yang membantu memasak, mama tetap berusaha menentukan makanan yang akan dimasak. Karenanya mama tetap bertanggung jawab menentukan makanan apa keluarga mama. Nah, berikut kita akan menyoroti cara membuat makan di rumah menyenangkan. 

Oh ya, sebelum terlalu jauh, perlu ditegaskan bahwa di sini kita percaya bahwa rasa bosan terhadap makanan yang dinikmati berulang-ulang itu ada. Selezat apapun masakan yang dibuat, repetisi bisa membuat seseorang membutuhkan selingan.

Berikut ada tiga cara membuat makan di rumah lebih warna-warni buat keluarga. Silakan mama coba ikuti ya.


Daftar Resep yang Dikuasai

Cara pertama untuk membuat keluarga lebih menikmati makan di rumah adalah membuat daftar jenis-jenis makanan yang bisa mama masak dengan gampang. Silakan daftar semua resep yang mama kuasai (atau cukup kuasai). 

Pembuatan daftar ini bertujuan untuk mengetahui menu-menu yang bisa mama masak dengan mudah di rumah. Kalau kita sudah mengetahui hidangan-hidangan yang sudah mama kuasai, kita bisa menggunakannya dalam sebuah jadwal. 

Daftar ini juga membantu mama untuk mengetahui kecenderungan masak mama. Bila kecenderungan memasak ini terlalu banyak lemak atau terlalu banyak garam, mama bisa mengusahakan mengimbanginya dengan menu-menu lain.


Buat Meal Plan

Setelah mengetahui hidangan-hidangan yang bisa mama masak, mama bisa melanjutkan untuk membuat rencana hidangan atau “meal plan.” Durasi makanan bisa sepuluh hari atau dua mingguan (silakan ditentukan). Hal ini menyerupai sebuah jadwal tayang acara tivi. Kalau perlu, mama bisa pilih temanya: kacang-kacangan, hidangan pedas, daging sapi atau sejenisnya.

Dalam membuat jam tayang ini, selalu pertimbangkan keragaman dan usahakan untuk tidak memasang menu-menu yang mirip atau dari kategori yang sama secara berurutan. Misalnya, usahakan untuk tidak membuat sayur lodeh nangka muda di hari Senin dan sayur lodeh rebung di hari Selasanya.

Intinya adalah untuk membuat jadwal yang seberagam mungkin. Dengan ini, keluarga tidak akan pernah merasakan memakan dua jenis masakan dalam dua hari berturut-turut. Penjadwalan adalah cara membuat makanan tidak membosankan bagi keluarga yang paling sederhana. Namun, selain itu penjadwalan juga membuat mama lebih mudah mempersiapkan belanja mingguan. 

Namun ingat, mama harus disiplin mengikuti jadwal ini. Hal ini penting karena sekali saja mama melewatkan memasak satu jenis makanan, bahan yang ada akan tersisa untuk keesokan harinya dan agar tidak membuang mama pun akan perlu melakukan penyesuaian jadwal lagi.  


Lakukan Variasi

Nah, setelah kita punya daftar makanan dan menyusun jadwal tayangnya, maka yang selanjutnya juga perlu dilakukan mama adalah membuat variasi. Variasi bisa dilakukan dengan mengubah jadwal selama periode dengan hidangan-hidangan lain yang mama kuasai. 

Atau, kalau ingin lebih menarik, cobalah mama mengikuti semacam program-program challenge yang ada di forum-forum dunia maya. Ada banyak kegiatan “challenge” yang berhubungan dengan masak-memasak yang bisa mama ikuti. Contohnya adalah seperti ini

Dengan melakukan variasi dengan cara semacam ini, mama sebenarnya berpotensi mendapatkan dua keuntungan. Keuntungan pertama adalah adanya keragaman hidangan buat keluarga dan untuk mengubah kecenderungan kita berlama-lama di comfort zone. 

Selain itu, mengikuti challenge mungkin bisa memaksa mama untuk membaca lagi resep-resep baru atau untuk mengeluarkan jiwa petualang yang sebenarnya selama ini mama sembunyikan karena tuntutan keadaan.

Dengan variasi di bagian ketiga ini, keluarga akan mendapatkan lebih dari yang selama ini mereka harapkan. Kalau pada saat menggunakan jadwal keluarga sudah tidak lagi mengalami pengulangan menu, maka variasi ini akan memberikan satu lagi tambahan: menu rumah jadi secara rutin mendapatkan pembaruan.

Setelah menjalankan tiga tahap ini, mestinya keluarga sudah bisa merasakan makan masakan rumahan secara tidak membosankan dan plus sesekali ada tambahan resep yang bisa memberi kebaruan. Bagaimana dengan mama sendiri? Ketiga langkah ini adalah juga cara membuat mama tidak lagi resah harus masak apa hari ini.


sumber:https://pixabay.com/id/photos/masakan-mediterania-makan-makanan-2378758/