Cara Membuat Dressing Salad Anti Mainstream

Mama pasti setuju bahwa yang utama dari salad adalah sayurnya. Tapi, Mama pasti seratus persen percaya bahwa yang paling menantang justru membuat “dressing” agar sayuran dalam salad itu bercita rasa unik. Karena itu pula Mama selalu ingin tahu cara membuat dressing yang tidak biasa.


Bila mendengar kata salad, maka yang akan terpikirkan oleh kita adalah diet dan makanan penuh dengan sayur mentah tanpa rasa. Padahal konsep salad tidak hanya untuk diet, melainkan sejuta manfaat dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. 


Nah, agar Mama tidak bosan mengkonsumsi salad ini, maka perlu ditambahkan saus “dressing” ini, jadi rasa salad tidak plain atau hambar. Dressing yang biasa kita gunakan untuk pelengkap salad biasanya hanya menggunakan mustard, mayones, bahkan susu kental manis. 


Namun dressing yang kita bahas ini berbeda, karena bisa kita kombinasikan sedemikian rupa dengan salad sayur maupun buah yang akan kita konsumsi. Jadi, yuk kita langsung ke dapur untuk mempraktekkan cara membuat dressing yang anti mainstream! Tapi jangan kuatir, proses pembuatan dressing ini mudah kok.


salad-ga7cb9516c_640.jpg

Cara membuat dressing adalah tantangan terbesar para penikmat salad


Caesar dressing

Caesar salad dressing ini paling familiar di antara semua, karena di kafe dan rumah makan juga sering disajikan sebagai salah satu menu saladnya. Bahkan, dressing ini sering termasuk dressing yang paling digemari di Amerika Serikat. Untuk membuatnya mudah saja, Mama campurkan mayones Mayumi®, air jeruk lemon, mustard pasta, merica, garam, dan tidak lupa keju parmesan bubuk. Aduk rata semua bahan dressing ini. 


Bahan salad yang cocok dipadukan dengan saus dressing ini adalah ayam yang bagian dada yang telah dipanggang, selada romaine, atau bisa juga menggunakan lettuce, dan roti tawar yang juga telah dipanggang, atau bisa juga disebut crouton. Siramkan dan aduk dressing ke dalam salad, rasa renyah dan sedikit manis bercampur menjadi satu. 

Selamat mencoba.


Thousand islands dressing

Walaupun sudah ada kemasan dalam botol, dan sangat mudah ditemukan di supermarket, namun tidak ada salahnya bila kita mencoba membuat sendiri Thousand Island dressing ini. Selain hemat, juga akan lebih puas dalam memakainya. Thousand island dressing ini terlihat sama seperti mayones, tetapi warnanya yang terlihat lebih tua. 


Untuk cara membuatnya, Mama campurkan 100ml mayones Mayumi®, mustard, saus tomat, cuka, gula halus, dan bawang bombay yang dicincang sangat halus. Campurkan semua bahan dressing, simpan dalam kulkas bila ingin menyimpannya. Mama bisa menggunakan lain kali tanpa repot untuk membeli dressing lagi. 


Perpaduan salad yang sesuai dengan dressing ini adalah selada, timun jepang, jagung manis, paprika, dan kacang merah. Sehat dan mengenyangkan!


Honey mustard dressing

Bahan dressing kali ini tidak hanya cocok bila disajikan bersama salad, namun bisa untuk saus pada sandwich. Perpaduan rasa manis, dan asam ini dapat membantu Mama agar semakin bersemangat dalam menerapkan gaya hidup sehat dengan makan salad. 


Cara membuat honey mustard ini adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan mustard, madu, air jeruk lemon, garam, dan sedikit minyak zaitun hingga rata. Saus ini dapat bertahan hingga satu minggu di kulkas. 


Isian salad yang cocok dengan dressing ini adalah paprika, mentimun jepang, dan lettuce, potong semua isian salad sesuai dengan selera, makan dengan honey mustard dressing yang telah dibuat.


Vinaigrette dressing

Dressing kali ini identik dengan rasanya yang masam, dan bentuknya yang encer dan cenderung segar, berbeda dengan dressing sebelumnya yang lebih creamy. Vinaigrette dressing ini cocok dikombinasikan dengan semua varian salad sayur yang Mama buat. 


Cara membuat dressing ini adalah dengan menyiapkan olive oil ( 250ml ), cuka masak, garam, merica, dan juga sedikit mustard. Campurkan semua bahan hingga merata, dan diamkan terlebih dahulu kurang lebih satu jam sebelum digunakan.


Sehat, dan yang pasti tidak membosankan bukan resep dressing diatas. Mama tinggal padukan dengan salad favorit.