Cara Membuat Donat Lembut Isi Selai Kegemaran Buah Hati

Kalau ada daftar kue yang tidak pernah gagal membuat buah hati gembira, donat adalah salah satunya. Tak peduli apapun bentuknya, apapun bahan toppingnya, dan kapanpun waktunya, Donat selalu membahagiakan. Nah, bagaimana dengan donat yang ada isinya, yang bisa menjadi kejutan? Apakah acara cara membuat donat isi dengan mudah? 


Di masa kini, kita banyak diuntungkan dengan adanya orang-orang yang suka berbagi resep-resep hasil dari eksperimen mereka di dapur. Berikut ini tiga tahap yang bisa dilakukan kalau mama ingin membuat donat lembut isi selai yang pastinya akan digemari buah hati karena memberikan kejutan yang manis itu. 


Cara membuat donat empuk isi selai perlu dikuasai mama demi buah hati

Cara membuat donat empuk isi selai perlu dikuasai mama demi buah hati



Menyiapkan Bahan

Untuk membuat donat, tentu yang pertama-tama perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Apa saja? 


Mama pasti takjub bahwa bahan-bahan donat ternyata cukup sederhana. Yang ukurannya sangat perlu diperhatikan adalah tepung terigu (250 gram), ragi (1 sendok teh), kuning telur (2 butir) dan air pada suhu ruangan (125 ml). Selain itu, bahan-bahan lainnya relatif tergantung selera. Misalnya: gula halus, garam, margarin, dan selai buah. 


Ketika mama menyiapkan bahan-bahan ini, pastikan bahwa Mama menggunakan ragi instan atau ragi aktif. Biasanya,ragi instan memiliki butiran lebih lembut dari ragi biasa yang juga disebut ragi kering. 

Untuk airnya, pastikan menggunakan air pada suhu ruangan. 


Tahap Pertama: Memadukan Bahan

Setelah semua bahan sudah dipastikan siap dan benar, Mama bisa langsung melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu mulai mengolah bahan-bahan yang sudah ada hingga siap digoreng. Ini bagian yang menuntut kesabaran ya, Mama. 


Pertama, kita siapkan dulu raginya. Campurkan ragi bubuk dengan air hangat dan aduk hingga rata. Biarkan selama 15 menit. 


Selanjutnya, Mama bisa mulai menyiapkan adonannya. Kita awali dengan mencampur tepung, gula, kuning telur, dan cairan ragi. Telur uleni hingga rata. Kemudian, masukkan margarin dan garam dan terus uleni hingga adonan menjadi kalis. Ketika proses ini selesai, simpan adonan dalam wadah yang ditutup plastik hingga adonan mengembang selama 30-50 menit.


Sekarang kita tiba di tahap terakhir penyiapan adonan. Taburi adonan yang sudah mengembang ini dengan tepung terigu agar tidak terlalu lengket. Bagi adonan ini menjadi 13-15 bulatan. Untuk donat isi selai, kita tidak perlu membuat lobang. Mama hanya perlu sedikit memipihkan bulatan-bulan ini. Diamkan kembali agar lebih mengembang. 


Nah, sekarang Mama sudah punya bahan setengah jadi untuk donat yang empuk. 


Sentuhan Akhir

Di bagian terakhir ini, yang perlu mama lakukan adalah menyiapkan agar donat yang sudah tercampur dengan baik dan mengembang dengan sempurna ini matang dan kemudian mengisinya dengan selai. Untuk itu, berikut yang perlu mama lakukan. 


Bagian pertama adalah menggorengnya. Tidak ada yang istimewa di sini. Mama perlu memanaskan minyak di atas wajan cekung dengan api kecil. Masukkan adonan donat ke minyak yang sudah panas dan biarkan beberapa saat hingga warna permukaan donat menjadi keemasan, dan balik donat hingga matang merata. 


Bagian kedua adalah menyiapkan taburan. Angkat donat ketika warnanya sudah merata. Tiriskan sebentar hingga cukup kering. Tapi, sebelum donat dingin, taburkan tepung gula ke permukaan donat. Hal ini akan memastikan tepung akan menempel. 


Nah, yang terakhir adalah memasukkan selai. Buatlah lubang di tepi donat dengan menggunakan sumpit dan kemudian masukkan selai sesuai selera dengan menggunakan piping bag. 


Di bagian ini, yang sangat perlu diperhatikan adalah cara membuat gula menempel dengan baik di permukaan donat. Ingat: taburkan tepung gula saat donat masih panas sehingga sebagian gula bisa meleleh dan menempel ke permukaan donat dengan baik. 


Selain itu, dengan gunakan pastikan agar ada cukup ada jalur masuk untuk selai dan cukup ada ruang di dalam untuk memberikan cukup ruang untuk selai. Cara melakukannya biasanya adalah dengan menggerak-gerakkan sumpit ketika sudah tertancap pada donat. 


Cara membuat selai masuk ke donat adalah piping bag

Piping bag sebagai cara memasukkan selai ke dalam donat


Demikianlah cara membuat donat empuk tanpa perlu menggunakan mixer. Dengan mengetahui cara membuat makanan ini, Mama bisa memberikan cemilan yang selalu menjadi kesukaan buah hati. Apalagi kalau di sini mama membuat donat yang disertai isi selai. Kejutannya jadi berlipat-lipat!