Artikel & Tips Cara Membuat Ayam Goreng Saus Tiram Cepat, Hanya 10 Menit
Cara Membuat Ayam Goreng Saus Tiram Cepat, Hanya 10 Menit

Cara Membuat Ayam Goreng Saus Tiram Cepat, Hanya 10 Menit

27 Sep 2022, 14:09

Resep ayam goreng saus tiram spesial ini bisa Mama buat dalam 10 menit lho. Simak rahasianya, ya.

Image: pixabay 


Ayam goreng merupakan menu favorit banyak orang. Tekstur dan rasanya yang lezat membuat hampir setiap orang menyukainya. 

Buat Mama yang sibuk dan ingin masak cepat, kali ini Dapur Umami punya resep Ayam Goreng Saus Tiram spesial. Berbeda dengan memasak rebus ayam, menu ini bisa siap hanya dalam 10 menit saja. 


Walau bikinnya cepat, rasanya bakal tetap lezat. Apa rahasia dan bagaimana cara memasaknya? Simak resepnya di bawah, namun Mama juga bisa mengulik resep ayam goreng lengkuas jika ingin.


Gunakan Sayap Ayam

Rahasia pertama cara membuat ayam goreng saus tiram yang cepat dan lezat adalah menggunakan bagian sayap (chicken wings).

Berbeda dengan bagian lain seperti dada atau punggung yang berdaging tebal, daging bagian sayap cenderung lebih tipis dan bertekstur halus. Oleh karena itu, masaknya bisa lebih cepat.


Jika Mama punya langganan tukang sayur atau potong ayam, bisa pesan hanya bagian sayap saja. Untuk makan seharian bagi keluarga kecil, 10 potong pun cukup.

Pastikan semuanya sudah tercuci bersih ya, Ma. Kemudian baru bisa mulai dipotong-potong.


Potong Ayam Menjadi Tiga Bagian

Untuk resep chicken wings saus tiram ini, Mama dapat memotong sayap tersebut menjadi 3 bagian. Melakukan ini akan memudahkan dan mempercepat waktu masak. Ini karena bagian yang terpapar panas jadi lebih banyak.


Selain itu, agar tampilannya lebih menarik, Mama bisa membentuknya menjadi seperti pentul.



Caranya sangat mudah. Pada sayap bagian tengah, hilangkan daging dan tulang kecil yang ada di ujung, lalu bulatkan dagingnya di satu sisi seperti pentul.

Kemudian untuk sayap bagian pangkal, lepaskan daging yang menempel di ujung. Kemudian, bentuk pentul seperti sebelumnya.


Mama dapat menggunakan pisau untuk mendorong daging ke pangkal tulang. Setelah itu, tinggal meremas dan membentuknya seperti pentul dan sayap pun siap diolah.


Goreng Ayam Terlebih Dahulu

Sayap ayam yang sudah berbentuk pentul perlu Mama goreng terlebih dahulu agar matang benar. Ini akan mempersingkat waktu menumis nantinya.


Usahakan untuk menggoreng dengan minyak panas dan api sedang. Jika terlihat daging sudah agak kering, bisa langsung Mama angkat dan tiriskan.


Sebelum menggoreng, tak perlu melumuri ayam dengan rempah atau bumbu apapun. Cara ini juga dapat menghemat waktu. 


Tenang saja, rasanya akan tetap lezat karena bumbunya meresap saat menumis.


Bumbu dan Pemanis yang Simpel

Rahasia selanjutnya membuat Ayam Goreng Saus Tiram simpel dan cepat adalah dengan menggunakan bumbu dan hiasan yang simpel.


Untuk itu, Mama hanya perlu menggunakan bawang bombai, paprika hijau, dan cabe merah besar. Selain menimbulkan aroma yang sedap, warna masing-masing juga memberikan tampilan yang manis dan segar.


Bila perlu, Mama dapat menambahkan bawang putih, jahe, dan lada. Namun, untuk lebih cepat, Mama bisa menghiraukannya dan hanya menggunakan 3 bahan makanan sebelumnya.


Tak perlu menggunakan kaldu ayam dan kecap karena sudah ada saus tiram. Tetapi, Mama bisa menyiapkan garam atau gula untuk mengoreksi rasa nantinya.


Tambahkan SAORI® Saus Tiram

Bahan paling penting untuk membuat resep masakan ayam goreng saus tiram yang cepat dan lezat adalah SAORI® Saus Tiram.


Bumbu andalan dari AJI-NO-MOTO® ini terbuat dari ekstrak tiram asli tanpa menggunakan perisa tiram tambahan. Dengan ekstrak tiram yang lebih banyak, aroma sedap dan gurih dari SAORI® Saus Tiram akan membuat tumisan Mama terasa lebih nendang.


Untuk takaran 10 potong sayap, Mama cukup menggunakan 4 - 5 sendok makan saus tiram alias 2 - 3 bungkus SAORI® Saus Tiram yang sachet.


Jangan lupa untuk menambahkan air saat memasak agar semua bahan dapat terendam. Tak perlu banyak-banyak, hanya sekitar 3 sendok makan.


Selanjutnya, masak hingga saus mengental sambil bolak-balik agar matang merata. Menu resep Ayam Saus Tiram SAORI® Spesial pun siap disajikan.


Itulah cara membuat ayam goreng saus tiram ekstra cepat dengan rasa yang lezat menggunakan bumbu rahasia SAORI® Saus Tiram. Menu tersebut bisa Mama sediakan untuk 4 - 5 orang.


Untuk takaran dan cara memasak lengkapnya, Mama bisa mengunjungi halaman resep chicken wings saus tiram. Resep ayam goreng saus tiram spesial ini sudah teruji di Dapur Umami sehingga dijamin memuaskan. Untuk melihat resep spicy chicken wings nya, Mama boleh klik di sini atau kunjungi website Dapur Umami untuk mendapatkan resep masakan yang lebih banyak.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.