Bakso Berasal dari Mana Sih? Ternyata, Ini Asal-Muasalnya! - Dapur Umami

Bakso Berasal dari Mana Sih? Ternyata, Ini Asal-Muasalnya!

Bakso dan masyarakat Indonesia adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Kelezatan dan popularitasnya tak ada yang meragukan, selevel dengan rendang, sate, atau nasi goreng. 


Mama juga suka kan dengan bakso? Tapi ngomong-ngomong, udah tau belum sejarah bakso bisa sepopuler ini, Ma? Kira-kira, bagaimana asal-muasalnya makanan ini hingga disenangi semua kalangan?


Nah, kali ini, Dapur Umami mau menjawab rasa penasaran Mama!


Asal-usul ‘Bakso’, Tercatat sejak Abad ke-5!

Kalau menelusuri asal-usul bakso, makanan dengan proses pembuatan dan bentuk yang serupa dengan bakso zaman sekarang sudah ada sejak lama. 


Buku resep bangsa Romawi yang berjudul Apicius, pada sekitar abad ke-5 sudah mencatat banyak resep membuat daging berbentuk bola seperti bakso.


Setiap bangsa, memiliki resepnya tersendiri. Untuk membuat bakso, masing-masing punya perbedaan. Baik dari bahan daging, campurannya, proses pengolahan, hingga cara penyajiannya. 

Kini, Wikipedia bahkan mencatat, ada lebih dari 40 negara yang memiliki resep khas untuk makanan ini.


Tak hanya itu, antar negara punya istilah yang berbeda untuk menyebut makanan ini di daerahnya. Namun intinya, semuanya sama-sama berupa makanan berbahan daging yang diolah dan dibentuk menjadi berbentuk bola.


Istilah Bakso, Bukan Berasal dari Indonesia

Di Indonesia, orang-orang menyebut daging berwujud bola dengan sebutan ‘bakso’. Namun Mama perlu tahu, istilah bakso ini bukan dari Indonesia lho!


Istilah bakso berasal dari bahasa Hokkien, salah satu rumpun bahasa di Tiongkok dan jadi bahasa utama penduduk Provinsi Fujian. Kenapa namanya bakso? Karena, berasal dari kata ‘bak’ artinya daging, dan ‘so’ dalam bahasa Hokkien artinya kuah.


Nama bakso ini bermula pada abad ke-17. Ketika itu, ada seorang warga Fuzhou (Daerah di Provinsi Fujian) yang bernama Meng Bo memiliki ide membuat makanan untuk sang ibu yang sakit. 


Sejarah Bakso


Makanan tersebut ia buat dari daging cincang halus yang direbus lalu ia sajikan dengan kuah seperti sup. Karena kelezatannya, resep bakso bikinan Meng Bo ini lalu populer ke seantero Tiongkok.


Lambat laun, bakso ala Meng Bo ini juga akhirnya sampai di Indonesia. Orang-orang yang mengenalkannya adalah imigran asal Tiongkok yang tinggal di berbagai wilayah Nusantara. Maka, penemu bakso yang persis sering kita temukan di sekitar kita adalah Meng Bo.


Hanya saja, meskipun sama-sama berkuah, terjadi penyesuaian pada bakso. Di negeri asalnya, daging yang digunakan umumnya berasal dari daging babi. Karena Indonesia berpenduduk mayoritas Muslim, bahannya menggunakan daging sapi, ikan, dan lainnya.


Namun, seperti Mama ketahui, penggunaan bahan yang berbeda ini tak memengaruhi kelezatannya. Buktinya, kini bakso menjadi salah satu makanan paling populer di Indonesia. 


Ringkasnya, makanan serupa bakso sudah tercatat di buku resep Romawi sejak lama. Tapi, bakso berkuah yang kita sering temukan sekarang, itu berakar dari Tiongkok.


Kreativitas Masyarakat Indonesia Bikin Bakso Beragam Jenisnya

Orang Indonesia memang kreatif. Berbagai jenis bakso yang tersebar di berbagai negeri ini, mendapatkan banyak sentuhan khas. 


Dari bahan, ada bakso sapi, bakso ikan, bakso ayam, dan bakso dari berbagai campuran daging. Sementara dari jenis kuah, ada yang bening seperti bakso solo, ada juga yang penuh lemak seperti bakso malang. 


Di Indonesia, bakso juga biasanya mendapatkan isian yang beragam. Ada isi telur, urat, daging cincang, keju, atau cabe. Bahkan, belakangan ada bakso yang isinya bakso lagi dan populer dengan nama bakso beranak.



Satu lagi, yang cukup variatif adalah jenis pendampingnya. Mama yang suka makan bakso, pasti tahu dong biasanya kuah bakso bersanding dengan makanan apa saja?


Ada yang mendapatkan tambahan mie kuning, bihun, soun, tauge, bawang goreng, dan berbagai sayuran lainnya. Selain itu, nikmat juga menyantapnya bersama pangsit, tahu, siomay, atau sumber protein lain seperti tetelan sapi atau iga yang pastinya bikin semakin endeus.


Berkat tingkat keragaman jenisnya, bakso khas di masing-masing daerah sering jadi target wisata kuliner orang-orang yang sedang plesiran. Bukan sekedar untuk menghabiskan uang, tapi menikmati kespesialan resepnya yang punya citarasa masing-masing.


Mau Bikin Bakso Sendiri? Kunjungi Dapur Umami!

Ngomong-ngomong, setelah membahas bakso, apa Mama nggak lapar dan ngiler nih mau menyantapnya?


Di Dapur Umami, ada banyak lho resep bakso lezat yang bisa Mama eksekusi satu persatu. Setiap resep, sudah mendapat jaminan teruji, karena memang sudah tim Dapur Umami praktekkan dan rasakan langsung hasilnya.


Salah satunya Mama bisa coba kreasikan resep Bakso kuah Sajiku®, mudah dan pasti enak!


Kalau mengeksekusi resepnya tepat, jaminan sehat dan nikmat bisa Mama dapat! Apalagi, resep-resep yang kami buat ini menggunakan bumbu-bumbu dari AJI-NO-MOTO® yang bisa menghasilkan rasa umami yang khas dan tak terlupakan!