Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan Sederhana yang Lezat - Dapur Umami

Bahan untuk Membuat Sushi Rumahan Sederhana yang Lezat

Bahan untuk membuat sushi rumahan tidak harus dari Jepang. Bahan baku lokal pun dapat diolah menjadi sushi rumahan sederhana yang lezat. Meskipun kelihatannya sepele, tetapi teknik bikin sushi tidak semudah itu, lo. Pahami triknya agar Mama bisa membuat sushi ala restoran. Di akhir artikel, Dapur Umami juga akan memberitahu kebiasaan kesalahan saat membuat sushi. Namun, sebelum itu pelajari dulu resep sushi rumahan.


1. Cara Membuat Sushi Rumahan Simple

Salah satu kelebihan resep rumahan, yaitu bebas menyesuaikan bahan dengan kesukaan masing-masing. Dalam hal ini isian sushi boleh pakai apa saja.

Nedim_B from Getty Images


Bahan-bahan

Bahan-bahan untuk membuat sushi roll yang paling penting yaitu nasi, sebab nasi sushi agak berbeda dari beras biasa. Tipikal nasi sushi biji berasnya pendek dan lebih lengket ketika matang. Selanjutnya, beli lembaran rumput laut alias nori di swalayan. Buat yang belum tahu, nori adalah pembungkus nasi pada sushi. Ciri khas sushi Jepang menggunakan salmon atau tuna sebagai isian. Namun, tidak ada salahnya juga mencampurkan bahan salah satu makanan khas Indonesia. Setelah semua bahan sushi rumahan siap, mari coba membuat sushi roll yang lezat.

z10e from Getty Images


Cara Membuat

Pertama, Mama harus punya alat penggulung sushi dari bambu agar lebih mudah. Susunannya, satu lembar nori (atau lebih), nasi, isian, lalu gulung sushi. Untuk isiannya, potong potong sushi dengan bentuk memanjang. Gunakan maksimal dua bahan saja ya, Ma. Siapkan nasi nya juga jangan terlalu tebal dan harus merata. Cara menggulungnya dari atas ke bawah. Setelah itu pakai pisau tajam untuk memotong sushi menjadi beberapa bagian. Mudah sekali, bukan? Kalau mau pakai isian daging, coba bikin resep sushi roll teriyaki.


2. Cara Membuat Sushi Rumahan tanpa Nori

Apakah memungkinkan bikin sushi tanpa menggunakan nori rumput laut sebagai kulit? Tentu saja bisa! Simak bahan dan cara buatnya di bawah ini.

DragonFly from Getty Images Pro


Bahan-bahan

Bahan membuat sushi sederhana tanpa nori sama seperti sushi biasa. Tambahannya, yaitu campuran khusus untuk merekatkan nasi. Mama membutuhkan garam, cuka beras dan minyak wijen. Campurkan semua bahan tersebut di dalam mangkuk kecil. Tidak perlu menggunakan isian. Kali ini cukup siapkan salmon slice saja.

gkrphoto from Getty Images Pro


Cara Membuat

Sebenarnya akan lebih baik jika menggunakan beras biasa dan beras ketan. Tanak keduanya sampai benar-benar matang. Untuk membuat sushi tanpa nori, bentuknya memang harus berbeda. Ambil nasi kemudian bentuk menjadi lonjong. Oleskan campuran bahan perekat tadi agar bentuk nasinya tetap utuh. Terakhir, letakkan irisan salmon di atas bulatan nasinya. Mudah, bukan? Resep lainnya yang patut dicoba, yaitu sushi goreng dengan tepung Sajiku®. 


Kesalahan Pemula Membuat Sushi

Ivan Samkov from Pexels


Banyak pemula yang asal-asalan ketika membuat sushi. Supaya hasil akhirnya baik, perhatikan kesalahan yang perlu dihindari berikut ini:


  • Hindari pakai pisau tumpul untuk memotong sushi karena justru bakal menyulitkan Mama.
  • Pisau harus basah agar tidak lengket dan hasil potongannya lebih rapi.
  • Bahan baku untuk isian maksimal dua saja. Jika kebanyakan, menggulungnya pasti sulit.
  • Menambahkan saus, wasabi, atau kecap asin sushi boleh-boleh saja, tetapi jangan berlebihan sebab gulungannya akan basah.
  • Lapisan nasi yang terlalu tebal juga bikin sushi sulit digulung.

Dengan memperhatikan kesalahan-kesalahan di atas, sushi buatan Mama hasilnya pasti lebih baik dan lezat dari sebelumnya.


Penutup

Kesimpulannya, bahan untuk membuat sushi rumahan tidak sulit dicari. Proses pembuatannya pun mudah asal tahu bagaimana teknik yang tepat. Latih itu berkali-kali untuk menghasilkan sushi ala restoran makanan khas Jepang.