Artikel & Tips Bagaimana Membuat Sup Ayam Kampung untuk MPASI Jagoan Mama?
Bagaimana Membuat Sup Ayam Kampung untuk MPASI Jagoan Mama?

Bagaimana Membuat Sup Ayam Kampung untuk MPASI Jagoan Mama?

26 Jul 2022, 16:07

Usia 6 bulan merupakan masa awal pemberian MPASI untuk anak. Kenapa usia 6 bulan? Hal ini karena kebutuhan gizi harian bayi sudah meningkat dan ASI saja tidak cukup. Agar Mama tidak pusing dalam menentukan menu MPASI, di artikel ini kita akan membahas pembuatan sup ayam kampung sesuai dengan usia anak.


Bubur sup ayam kampung untuk MPASI usia 6 hingga 8 bulan

Menu MPASI pada usia ini bisa digunakan menu tunggal ataupun menu campuran. Menu campuran yang dimaksud di sini terdiri dari berbagai sumber makanan, seperti daging, telur, sayur, buah, dan lainnya. Menu MPASI untuk usia 6 hingga 8 bulan haruslah berbentuk pure. Atau makanan padat yang ditumbuk dan disaring.


Kali ini Mama akan diajak untuk memasak bubur sup ayam kampung. Bahan yang digunakan adalah sepotong ayam kampung, nasi putih, wortel, tempe, bawang merah, bawang putih, dan sedikit unsalted butter, itu lho butter yang tidak asin.


Cara membuat nya, pastikan semua bahan dicuci bersih, tumis duo bawang hingga harum. Masukkan potongan ayam kampung dan tempe. Masukkan juga sayur dan air kaldu. Rebus hingga semua matang dan lunak. Terakhir, masukkan nasi dan aduk hingga susut. Sajikan dengan disaring atau diblender sesuai kemampuan bayi.


Simpan bubur sup ayam kampung ini di chiller untuk makan selanjutnya.


Kalau Mama, Papa dan Kakak ingin bubur ayamnya juga, Dapur Umami punya beberapa resep bubur ayam atau sop ayam bening dan lainnya yang bisa dicoba. 


Sup ayam kampung untuk MPASI usia di atas 12 bulan

Untuk MPASI usia di atas 12 bulan, anak sudah mulai makan yang lebih bervariatif dan sesuai menu keluarga. Nah, di saat itulah, menu sup ayam bening kampung kali ini juga bisa dijadikan alternatif. 


Resep sup ayam ini, untuk membuatnya, ada bahan bahan yang perlu dipersiapkan sebelum memasak: dada ayam empuk kampung yang dipotong kecil kecil, bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Untuk menambah nutrisinya, Mama bisa gunakan sayuran yang dipotong kecil-kecil, seperti buncis, tomat, wortel, daun seledri, dan kentang.


Untuk membuatnya, Mama masukkan ayam, rebus daging ayam kampung dada hingga lunak. Di tempat lain, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.


Kemudian tuangkan tumisan bawang tadi ke dalam panci yang berisi rebusan dada ayam kampung. Masukkan semua sayuran serta bahan lainnya dan masak hingga sup ayam kampung ini matang. Berikan gula garam saat akan disajikan saja, sesuai dengan takaran. 


Sajikan hangat-hangat di piring makan anak.


Sup ayam kampung untuk MPASI dengan slow cooker

Memasak dengan slow cooker tentu masih menjadi andalan Mama dalam memasak MPASI untuk jagoan. Karena dengan dimasak dengan suhu yang rendah, maka nutrisi dalam makanan akan tetap terjaga. Selain empuk, masakan yang dimasak menggunakan slow cooker ini tentu anti gosong karena ada pengatur waktunya.


Kali ini kita memilih ayam fillet kampung atau ayam kampung biasa. Sebabnya adalah ayam kampung lebih sehat dan rasanya lebih gurih dan menghasilkan rebusan kaldu ayam yang menyehatkan. Bahan yang perlu disiapkan tentu saja ayam kampung, kentang, wortel impor atau wortel manis, seledri, sereh, bawang putih geprek, dan daun bawang.


Langkah pertamanya adalah cuci bersih ayam kampung dan potong menjadi 12 bagian. Masukkan ke dalam slow cooker bersama dengan sereh dan bawang putih geprek. Set slow cooker selama 4 jam. Setelah 4 jam, masukkan semua bahan lain seperti wortel, kentang, daun bawang, dan seledri. Set lagi slow cooker selama 1 jam.


Langkah terakhirnya adalah Mama bisa sajikan sup ayam kampung ini sebagai MPASI. Pemberian garam gula disesuaikan dengan kebutuhan dan usia anak.


Sup ayam kampung slow cooker ini dijamin gurih dan anti GTM. Kalau masih ada sisa ayam, Mama bisa menggunakannya untuk membuat sup ayam buat anggota dewasa, misalnya seperti ini.


Dengan tiga jenis sup ayam ini, Mama sudah bisa membuat MPASI mulai usia 6 bulan hingga 2 tahun. Semoga membantu tumbuh kembang baby ya, Ma.

Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.