Ayam Bakar Madu, Cara Cepat Menambah Nafsu Makan - Dapur Umami

Ayam Bakar Madu, Cara Cepat Menambah Nafsu Makan

Beberapa waktu ini cuaca sedang tidak menentu ya, Ma. Kadang panas terik di siang hari, namun hujan deras di malam hari. Apakah begitu juga di daerah tempat Mama tinggal? Karena cuaca yang sedang tidak menentu ini, banyak penyakit seperti flu menyerang.


Nah, inilah saatnya Mama perlu mem-booster daya tahan tubuh dengan nafsu makan. Inilah saatnya ayam bakar madu.


Selain menambah nafsu makan, makanan satu ini juga bisa digolongkan sebagai superfood dan mengandung banyak protein hewani yang dapat membantu mempercepat penyembuhan. Biar Mama tidak terlalu penasaran, ayo simak resep cara membuat ayam bakar madu ini! Dijamin resep ini adalah 1 dari 5 resep yang tidak rumit pembuatan dan penyajiannya!

Dan, semoga juga akhirnya bisa membantu meningkatkan imunitas Mama dan keluarga ya.


Bahan Ayam Bakar Madu

Bahan utama yang diperlukan adalah ayam satu ekor. Mama bisa pilih ayam kampung untuk rasa dan serat yang lebih kesat. Selain itu bahan bahannya adalah seruas lengkuas, kecap manis, dan air asam jawa (atau bisa Mama ganti dengan air lemon).

Untuk bumbu yang dihaluskan, Mama bisa ulek atau blender semua bahan di bawah ini. Bawang merah 15 biji, bawang putih 7 siung, cabe keriting, cabe merah sesuai selera, ketumbar, jahe, merica, dan tentu saja MASAKO® rasa ayam.

Yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah bumbu ayam bakar olesnya, cukup dengan 3 bahan. Gunakan mentega yang dilelehkan, kecap manis, dan madu (kan ayam bakar madu, namanya). Gunakan perbandingan yang sama dalam ketiga bahan ini ya ma.


Cara Membuat

Bahan sudah disiapkan, saatnya Mama memasak ayam goreng madu yang tentu akan menambah nikmat dan nafsu makan semua anggota keluarga. Pertama, Mama perlu tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi dengan sedikit minyak, aduk rata dan aduk-aduk hingga matang dan harum ya, Ma.

Setelah itu matikan kompor, masukkan semua bahan utama pada tumisan bumbu, dan tambahkan air (tuangi air secukupnya). Masukkan ayam dan pastikan semua ayam terendam, rebus hingga ayam matang dan melunak, yang kurang lebih memakan waktu 15 menit hingga 20 menit. 

Apabila daging ayam sudah lunak, segera angkat dan tiriskan. Tata dalam pinggan tahan panas, olesi ayam dengan bumbu oles yang sudah dipersiapkan. Panggang ayam dalam suhu 180┬║ selama 30 menit dan jangan lupa untuk dibalik dan dioles ulang hingga matang sempurna ya, Ma.

Ayam panggang madu siap dinikmati dan aromanya tentu bikin ngiler.


Eits untuk Mama yang tidak memiliki oven, resep ayam bakar madu ini tetap bisa diaplikasikan di rumah kok.


Mama bisa menggunakan panggangan yang Mama punya ataupun menggunakan teflon juga bisa loh. Mama hanya perlu menambahkan step di bawah ini:


  1. Potongan ayam yang digunakan, bisa disesuaikan. Bila menggunakan teflon atau panggangan, satu ekor ayam bisa Mama potong menjadi 8 hingga 12 potong. Hal ini agar ayam bakar madu yang dihasilkan matang sempurna dan lebih mudah dalam proses memasaknya.
  2. Bila memakai panggangan, pastikan arang yang digunakan tidak terlalu panas. Begitu juga bila Mama memanfaatkan teflon kesayangan Mama, pakai api yang sedang cenderung kecil ya, agar ayam bakar madu yang dihasilkan juicy dan tidak gosong.
  3. Bumbu oles bisa Mama oleskan berkali-kali, agar lebih meresap, hingga berubah warna menjadi kecoklatan.


Bagaimana, Ma? Ternyata mudah saja bukan dalam membuat ayam bakar madu ini? Sajikan bersama lalapan sayur sesuai selera keluarga Mama. Duh, siap menghabiskan nasi lagi nih!