Artikel & Tips Aneka Ide Olahan Sayur yang Lezat dan Menggugah Selera
Aneka Ide Olahan Sayur yang Lezat dan Menggugah Selera

Aneka Ide Olahan Sayur yang Lezat dan Menggugah Selera

09 Feb 2023, 11:02

Hampir semua orang paham kalau sayur adalah makanan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Terutama karena aneka kandungan vitamin dan mineralnya. Sayangnya, tidak semua orang semangat dan lahap kalau disajikan menu sayuran di hadapannya. Mungkin, termasuk keluarga Mama di rumah.


Namun, Mama tak perlu khawatir, Dapur Umami bisa membantu Mama untuk membuat selera makan sayur keluarga meningkat. Dengan kreativitas bahan dan cara pengolahannya, masakan sayur yang biasanya hanya menu biasa dapat menjadi favorit untuk jadi lauk pauk sehari-hari.


Yuk kita bahas resep masakan sayur untuk dikonsumsi sehari-hari berikut ini!


Ide Resep Sayur untuk Sarapan, Bisa Buat Bekal Juga!

Bantu keluarga memulai hari dengan nutrisi penting dari sayuran yuk! Ada sejumlah ide olahan sayur kreatif yang dapat Mama jajal. Buat sarapan oke, buat bekal sekolah atau kerja juga bisa kok.


Omelette Sayur

Dapur Umami yakin, di rumah Mama pasti sudah cukup sering sih membuat omelette. Benar kan? Menu ini memang simpel, praktis, tapi enak.


Coba deh Ma, untuk sarapan kali ini tambahkan sayuran. Mama bisa menambahkan wortel, irisan bayam, serta jamur dalam kocokan telur sebelum menggorengnya. Jangan lupa, pakai juga Masako® Rasa Ayam. Sayuran dapat melengkapi nutrisi telur yang pada dasarnya menyehatkan karena mengandung protein.


Katsu Sayur Mayumi®

Pernah bikin katsu kan Ma? Kalau pernah, Mama tau dong kalau biasanya makanan ini disenangi anak-anak. Selain mudah dikunyah, teksturnya juga crispy dan menggugah selera.


Resep sayur untuk anak ala Dapur Umami menggunakan campuran produk Mayumi® beserta tumisan sejumlah sayuran. Mama bisa tumis wortel, kacang polong dengan sedikit minyak goreng, serta jagung yang warnanya variatif lalu mencampurkannya dengan Mayumi®.


Sajikan katsu bersama saus ini dan coba lihat bagaimana menu ini memikat keluarga di rumah. Selain jadi menu sarapan, katsu ini juga cocok jadi menu camilan sayur yang lezat untuk teman bersantai. 


Udang Sayur Teriyaki

Sayur juga cocok lho Ma bersanding dengan seafood seperti udang. Apalagi, kalau Mama menggunakan saus yang bisa menyatukan rasa dari setiap bahan hidangannya.


Dapur Umami punya ide memasak udang dengan SAORI® Saus Teriyaki khas Jepang. Untuk sayuran, gunakan tomat cherry yang memiliki cita rasa asam. Adapun rempahnya, cukup memakai bawang bombay dan cabai hijau.


Kombinasi rasa yang kaya dari gurih udang, asam tomat, serta manis asin ala teriyaki, pasti menarik! Ide sayur untuk sarapan lainnya sudah kami buat di artikel lain.

Cek resep Ide olahan sayur Dapur Umami ya!


Ide Resep Sayur Tumis Praktis, Cocok untuk Makan Siang

Kalau siang hari Mama mau makan sayur, cocoknya sih Mama olah jadi menu tumis. Dapur Umami punya ide tumis yang bukan hanya praktis, tapi gurihnya bikin nagih. Cobain yuk!


Tumis Sayur Ayam

Tumis sayur ayam jadi ide bagus. Bahan-bahannya sederhana dan pasti sangat mudah Mama temukan di pasar. Sayuran yang dapat Mama pakai dalam sajian ini antara lain kacang kapri dan jagung muda. Sementara untuk ayamnya, bagusnya sih Mama bentuk dulu seukuran dadu. Bagaimana dengan bumbu? Cukup serahkan pada AJI-NO-MOTO®, urusan rasa sudah bisa juara.


Tumis Tauge Jamur

Ini adalah menu tumis sayur akhir bulan yang paling recommended untuk Mama. Bahan-bahannya murah-murah, tapi rasanya tetap wah. Mama dapat mengkombinasikan tauge dan jamur, lalu mengikat rasanya dengan AJI-NO-MOTO®. Kalau Mama mau melengkapi resep dengan sumber protein, gunakan saja tahu! Meski secara harga lebih murah dari aneka daging, tapi proteinnya cukup memadai kok untuk dukung kebutuhan harian.


Tumis Sayur Pelangi

‘Dari mata jatuh hati’. Ungkapan tersebut bukan hanya berlaku untuk hubungan manusia dengan manusia lho Ma! Bisa jadi, relate juga dengan hubungan manusia saat mau makan. Look sayuran yang warna-warni dalam resep ini, bisa jadi jurus pemikat makan sayur untuk keluarga.


Mama bisa menumis bawang bombay, paprika merah, kapri manis, jagung manis, dan bakso sapi yang berlainan warna untuk menghasilkan sayur pelangi ini.

Bumbunya sih cukup Masako® Rasa Sapi saja dijamin enak. Semua resep tumis sayur Dapur Umami di atas, praktis dan lezat!


Ide Resep Sayur Kreatif untuk Makan Malam, Lezat dan Nagih

Menghidupkan suasana meja makan di malam hari dengan menu sayuran bisa kok Ma! Banyak resep sayur dari Dapur Umami yang cocok untuk ini, tapi kami sudah pilihkan tiga yang paling mungkin Mama pertimbangkan.


Capcay Mie

Punya sisa-sisa sayuran yang belum diolah malam hari? Daripada terbuang sia-sia, mending Mama olah jadi capcay mie ini. Untuk sayurannya, sebenarnya bisa Mama sesuaikan saja dengan bahan tersedia. Namun saat mengolahnya, pastikan menggunakan Sajiku® Bumbu Capcay yang mampu menghadirkan citarasa lezat dan otentik. Saat capcay sudah matang, Mama bisa campurkan dengan mie rebus.


Kentang Goreng Bolognese

Mau makan malam yang kesannya enteng di perut, Ma? Mungkin resep ini sesuai dengan ekspektasi Mama. Mau coba? Selain menyiapkan kentang goreng, yang penting dalam resep ini adalah saus bolognese yang menggunakan sejumlah sayuran dalam bahannya. Selain memakai daging giling, aneka rempah, sambal, dan Masako®, Mama juga bisa menambahkan sejumlah sayuran seperti wortel, oregano, serta daun thyme dalam sausnya.


Nasi Goreng Daging Sayur

Nasi goreng jadi salah satu hidangan paling populer untuk makan malam. Mama yang terpikirkan memasaknya, bisa melengkapi bahannya dengan sayuran. Selain menggunakan telur dan daging, menambahkan potongan wortel adalah ide yang bagus.


Sayuran ini akan membuat nutrisi nasi goreng semakin lengkap. Untuk rasanya, tak perlu siapkan banyak rempah, cukup pakai Sajiku® Bumbu Nasi Goreng Ayam, sudah pasti hidangannya lezat. Kalau ide di atas masih kurang, Dapur Umami punya ide resep sayur kreatif lainnya untuk Mama.


Ide Sayur Khas Indonesia dengan Cita Rasa Spesial

Nusantara sebenarnya punya banyak menu sayur khas yang top banget lho Ma!

Dapur Umami bakal spill sedikit ya resep sayur kuah nusantara di sini.


Tumis Mangut Kacang Panjang

Resep khas Jawa ini memadukan ikan asap dengan kacang panjang dan bumbu yang kaya rempah. Siap-siap keluarga di rumah bakal ketagihan deh kalau Mama membuatnya. Bumbu dan rempahnya sendiri terdiri dari bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, cabai rawit, serta Masako®. Tekstur yang biasanya mirip gulai, bisa Mama dapatkan dari larutan santan dan air yang menghasilkan tekstur kental. Dimakan pakai nasi selagi hangat, pasti nikmat.


Sayur Lodeh

Menu sayur legendaris sejak zaman kerajaan di Nusantara ini mungkin tampak simpel, tapi rasanya melekat dalam kepala banyak orang. Campuran sayuran dalam lodeh biasanya terdiri dari labu siam, kacang panjang, daun melinjo, serta terong. Mama juga dapat menambahkan nangka muda dan gula merah untuk memperkaya cita rasanya. Satu lagi, jangan lupakan Masako® untuk menyedapkan hidangan ini.


Bagaimana, sudah ada gambaran mau masak apa hari ini? Kalau sudah, tak perlu pikir panjang, Ma! Langsung saja prepare bahan-bahannya dan mulai membuatnya. Resep-resep sayur dari Dapur Umami bisa Mama eksekusi dengan energi sepraktis mungkin dengan rasa yang tetap lezat dan umami. Yuk buktikan!





Source of thumbnail: Vegan Recipe by NhatTianLe by Getty Images


Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.