Artikel & Tips Ajak Anak Belajar Warna Warni Sayur dan Manfaatnya
Ajak Anak Belajar Warna Warni Sayur dan Manfaatnya

Ajak Anak Belajar Warna Warni Sayur dan Manfaatnya

14 Aug 2023, 13:08

Sayuran merupakan bahan pangan sumber serat, vitamin, mineral dan antioksidan yang memberikan banyak manfaat terhadap kesehatan. Bahkan, Kementerian Kesehatan juga menganjurkan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi sayuran sebanyak 250 gram per hari atau setara dengan lima porsi sayuran dalam sehari. 


Ada hal unik dari sayuran yang mungkin belum kamu ketahui lho! Ternyata warna warni sayuran misalnya merah, hijau dan ungu memiliki kandungan antioksidan dan senyawa fitokimia yang berbeda juga. Nah, artikel Dapur Umami kali ini akan mengulas tentang warna warni sayur dan manfaatnya terhadap kesehatan. Jangan lupa juga ajak Si Kecil belajar warna warni sayur ini agar makin penasaran dan doyan makan sayur.


Artikel Terkait: Makanan Sehat Berawal dari Dapur Bersih!


1. Warna Merah Berarti Mengandung Likopen

Warna merah pada sayuran tentu sangat menarik. Sayuran yang berwarna merah seperti tomat dan kol merah mengandung senyawa likopen. Nah, likopen sendiri merupakan senyawa antioksidan yang memiliki manfaat dalam menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko kanker, terutama kanker payudara yang banyak dialami pada wanita.


2. Warna Hijau Berarti Mengandung Zeaxanthin dan Klorofil

Sayuran hijau misalnya bayam, sawi, brokoli dan daun singkong mengandung senyawa zeaxanthin dan klorofil. Kedua senyawa tersebut memiliki manfaat terhadap menjaga kesehatan mata dan detoksifikasi tubuh. Selain itu, sayuran hijau juga merupakan sumber asam folat yang baik lho untuk dikonsumsi sehari-hari.


3. Warna Kuning Berarti Mengandung Vitamin C dan Karotenoid

Sayuran yang berwarna kuning seperti baby corn dan labu mengandung vitamin C dan karotenoid. Kedua senyawa tersebut bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga daya tahan tubuh. 


Artikel Terkait: Tepat Kelola Sampah Makanan di Rumah, Bantu Jaga Lingkungan agar Lebih Baik


4. Warna Jingga Berarti Mengandung Senyawa Beta Karoten

Siapa disini yang suka makan wortel? Ternyata warna jingga pada wortel menunjukkan adanya kandungan senyawa beta karoten. Beta karoten sendiri merupakan prekursor vitamin A yang memiliki banyak manfaat mulai dari menjaga kesehatan mata, tulang hingga kulit.


5. Warna Ungu Berarti Mengandung Senyawa Antosianin

Sayuran yang berwarna ungu misalnya terung ungu dan kol ungu menunjukkan bahwa ada senyawa antosianin. Senyawa antosianin ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker dan penyakit jantung lho. 


Nah, itu dia ragam warna warni pada sayuran serta manfaatnya terhadap kesehatan. Agar bisa memperoleh manfaat sayuran dengan optimal baik dari kandungan gizi maupun senyawa antioksidannya, tentu sayuran harus diolah dengan tepat. Sayuran sebaiknya diolah dengan minim pemanasan yang tinggi serta berulang-ulang agar tak banyak antioksidan yang hilang dan rusak. Selain itu, kurangi mengolah sayur dengan cara deep frying agar tidak meningkatkan kandungan lemak jenuh pada menu yang disajikan di meja makan. 


Reference:
Jenis dan Manfaat Antioksidan – [KEMENKES] Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2022. Retrieved 23 July 2023.
Color and Antioxidant Properties of Cyanidin-Based Anthocyanin Pigments (2022) – Florian et al - J. Agric. Food Chem. Retrieved 23 July 2023.
Relationship between color and antioxidant capacity of fruits and vegetables (2022) – Comert et al. - Current Research in Food Science. Retrieved 23 July 2023.
Phytochemicals and Antioxidant Capacities in Rice Brans of Different Color (2010) – Min et al. – Food Science. Retrieved 23 July 2023.
Grown to be Blue—Antioxidant Properties and Health Effects of Colored Vegetables. Part I: Root Vegetables – Petropuolos et al. (2019) – Antioxidants. Retrieved 23 July 2023.
(NTR-HF)
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.