7 Tips Memilih Daging Sapi Berkualitas ala Dapur Umami

Daging sapi bisa dijadikan berbagai resep masakan yang nikmat dan disukai banyak orang. Pastinya keluarga Mama akan makan lebih lahap jika Mama memasak daging sapi, ya. Meskipun harganya cukup tinggi, tapi daging sapi ini tidak pernah sepi peminatnya, lho! Hal tersebut dibuktikan permintaan yang selalu meningkat.


Selain harga, kualitas daging sapi juga patut diperhatikan. Daging sapi yang layak dikonsumsi hanyalah daging yang berkualitas baik dan pastinya masih segar. Sehingga, bisa menghasilkan rasa gurih yang khas dan tidak menimbulkan dampak negatif setelah mengonsumsi daging.


Membeli Daging Sapi Online dan Offline

Karena pandemi Covid-19 yang belum usai, kini lebih banyak orang yang lebih memilih untuk membeli daging sapi secara online. Selain itu ada beberapa kelebihan membeli daging sapi secara online. Seperti lebih praktis, tidak perlu antri, kapan saja dan di mana saja bisa berbelanja. 


Namun sayangnya jika membeli secara online, Mama akan sulit mengetahui daging yang masih fresh dan yang sudah tidak fresh. Sebaliknya, kalau membeli secara offline, Mama akan lebih mudah mengetahui daging sapi yang masih fresh. 


Tapi, untuk mengunjungi toko offline Mama harus menyediakan ekstra waktu dan tenaga. Selain itu, untuk seseorang yang belum mengetahui cara memilih kualitas daging sapi, tentu hal ini akan cukup merepotkan, ya.


Tips Memilih Daging Sapi Berkualitas ala Dapur Umami.

Jangan bingung, Ma, agar bisa menyediakan bahan masakan daging sapi berkualitas untuk keluarga Mama, yuk ikuti tips-tips berikut:


1.Pilih Toko yang Terpercaya.

Sebelum masak daging sapi, Mama harus memastikan bahwa telah membeli daging di toko yang terpercaya. Mama harus memastikan bahwa tempat membeli daging bersih dan tidak tercium bau yang menyengat.


Mama juga perlu menghindari daging sapi yang sudah dihinggapi lalat. Sebaiknya pilihlah daging sapi yang ditempatkan pada suhu dingin seperti lemari es.


2.Tekstur Daging Sapi.

Cara kedua dalam memilih daging sapi yang berkualitas ala Dapur Umami adalah memegang tekstur daging. Daging sapi yang berkualitas pastinya memiliki tekstur kenyal. Mama bisa menekan di beberapa bagian daging sapi yang ingin dibeli. 


Daging yang kenyal saat ditekan pastinya menjadi ciri bahwa daging tersebut masih segar dan layak untuk Mama masak. Sebaliknya, jika daging sapi lembek, berarti sudah tidak layak untuk dikonsumsi.


3.Perhatikan Warna Daging Sapi.

Selain dari tekstur, cara memilih daging yang baik juga bisa Mama lihat dari warnanya, karena warna akan sangat menentukan kualitas dari daging sapi tersebut. Daging sapi yang masih segar dan memiliki kualitas baik pastinya memiliki warna merah segar. 


Bisa dibilang cara ini memang yang paling mudah untuk bisa mengetahui kesegaran dan kualitas dari daging sapi. Hindari memilih daging sapi yang warnanya sudah pucat atau terlihat kotor.


4.Cek Tanggal Kadaluarsa.

Jangan lupa untuk menanyakan ke penjual daging kapan waktu pemotongan daging tersebut ya Ma. Dengan cara ini Mama akan mengetahui kapan tanggal kadaluarsa untuk daging sapi. Biasanya di toko online akan disertakan kapan proses pemotongan daging dilakukan.

Sedangkan untuk daging merah dapat disimpan selama 4 hari di kulkas. Jika disimpan di dalam freezer, usia simpan akan lebih lama bahkan hingga 12 bulan.


5.Aroma Daging.

Cek aroma daging, jika daging berbau amis sebaiknya Mama jangan membeli daging tersebut. Daging sapi segar akan berbau khas daging sapi.


6.Cek Sertifikat Halal.

Untuk umat Muslim memang sangat wajib untuk mengonsumsi makanan halal, termasuk daging sapi. Mama bisa meminta sertifikat halal dari penjual untuk bisa mengetahui apakah daging sapi yang dijual halal.


Sertifikat halal juga menjadi salah satu syarat bahwa daging yang dijual memiliki kualitas yang baik, dirawat dengan baik dan diberikan makanan yang bernutrisi sehingga sesuai dengan standarisasi yang berlaku.


7.Daging Tidak Berair.

Mama harus mengecek bahwa daging sapi tidak berair. Mama pastinya sering ya melihat cairan berwarna merah yang keluar dari daging, sebenarnya itu bukanlah darah melainkan sari. Daging yang mengeluarkan sarinya ini berarti daging sudah terlalu lama terkena udara bebas.


Berbekal beberapa tips di atas, semoga Mama kini bisa lebih memahami cara memilih daging sapi dengan mutu bagus. Kalau sudah beli daging sapi, jangan lupa cek resep-resep menggoda dari Dapur Umami sebagai inspirasi Mama. Selamat berbelanja ya, Ma. 


sumber:https://pixabay.com/id/photos/bouillon-kaki-disk-daging-sapi-4706464/