7 Ragam Sate Khas Indonesia yang Menggugah Selera - Dapur Umami

7 Ragam Sate Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Siapa tidak mengenal sate Indonesia? Sebagai salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia, sate mempunyai banyak ragamnya, lho. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai jenis sate dengan ciri khas yang berbeda satu sama lain. Mulai dari bumbunya, pilihan jenis dagingnya, hingga cara penyajiannya. 

Berikut adalah daftar ragam sate yang ada di Indonesia yang Mama harus tahu. 


Sate Madura


Sate Madura cukup populer di Indonesia, apalagi di kota asalnya. Sebab, hampir di setiap kota di seluruh pelosok Nusantara memiliki warung atau resto yang menjual sate Madura. Ciri khas dari sate Madura adalah rasanya manis, bumbu kacang yang kental dengan tambahan irisan bawang merah dan rawit. 


Meski kebanyakan resto menyajikan sate yang terbuat dari daging ayam, tapi sate Madura juga banyak menggunakan daging kambing dengan menggunakan saus kecap manis dan irisan cabai rawit (jika ingin pedas) sebagai bumbu sate nya.


Sate Lilit


Kalau sate yang satu ini adalah makanan khas Bali. Sate lilit umumnya menggunakan daging ayam, ikan atau kambing. Mama harus mencampur daging dengan bumbu rempah dan parutan kelapa. Selanjutnya, lilitkan pada batang serai. Tentu saja akan menambah kelezatan rasanya. Tak heran jika sate lilit juga populer hingga ke luar negeri. 


Sate Maranggi


Lain lagi dengan sate maranggi yang merupakan makanan khas Sunda. Biasanya, sate maranggi menggunakan daging sapi. Beda sate maranggi dengan sate daging sapi lainnya adalah proses mengolahnya. 


Proses membuat sate maranggi yaitu merendamnya terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu hingga meresap. Bumbu-bumbu yang digunakan adalah jahe, ketumbar, kunyit, lengkuas dan sedikit cuka sebagai perasa asam alami, dan sedikit air panas. Karena proses marinasi inilah, cara penyajiannya tidak perlu saus lagi. Karena bumbu sudah meresap ke dalam daging. 


Sate Taichan


Bosan dengan sate yang memakai saus kacang? Mama bisa mencoba membuat varian sate ayam yang dibakar tanpa kecap atau bumbu. Ya, ada sate taichan yang merupakan bentuk varian baru yang sempat viral beberapa tahun belakangan ini. 


Penampilan sate ini cukup sederhana, potongan daging ayam polos dengan pelengkap sambal rawit dan jeruk nipis saja. Meskipun begitu, rasa sate ini cukup unik dan membuat penasaran. Seperti apa rasanya? 


Sate Bandeng


Salah satu makanan dari Banten yang bisa menjadi oleh-oleh adalah sate bandeng. Sate khas Banten bentuknya unik, karena isiannya bukan daging sapi, daging ayam atau kambing, melainkan ikan bandeng.


Cara membuat sate bandeng ini sedikit rumit, namun worth it dengan kelezatan rasanya. Pertama-tama, Mama harus mengeluarkan isian bandeng dan memisahkannya dengan duri. 

Kemudian, campur daging ikan tanpa duri dengan adonan rempah dan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, dan lainnya. Masukkan kembali ke dalam kulit bandeng. Bakar hingga matang. Agar isian tidak terlepas dari kulit, Mama bisa menjepitnya dengan bilah bambu/ kayu tipis. 


Sate Komoh


Salah satu makanan khas Jawa Timur yang sulit Mama temukan di Jakarta atau daerah lain adalah sate komoh. Cara membuat sate ini cukup unik, Mama harus menumis daging sapi terlebih dahulu, hingga bumbu meresap. Setelah itu, bakar sate sampai matang. 


Rasanya manis dan gurih rempah. Biasanya, masyarakat Jawa Timur menghidangkan sate komoh sebagai lauk pada nasi kotak. 


Sate Pentul Ikan Tenggiri


Tidak setenar pempek Palembang, namun makanan ini juga dapat menggoyang lidah. Pasalnya, sate pentul ini mempunyai cita rasa yang berbeda dari sate pada umumnya. Sebab, terbuat dari ikan tenggiri yang dikukus. Terlebih lagi, cara membuatnya pun cukup praktis. Jadi, Mama pasti bisa mencobanya di rumah. 


Bahan yang perlu Mama siapkan hanya daging ikan tenggiri, kelapa parut, AJI-NO-MOTO┬«, bawang merah dan putih, kunyit, serai dan santan. Haluskan semua bumbu halus, kemudian campur dengan daging ikan dan kelapa parut serta penyedap. Buatlah pentul ikan dari adonan yang sudah jadi. Kemudian panggang hingga matang atau kecoklatan. Sajikan sebagai lauk yang nikmat dan bergizi. 


Itulah beberapa ragam sate khas Indonesia, yang tidak hanya enak, tetapi juga mudah Mama praktikkan di rumah. Kalau yang di atas adalah bahan membuat sate, intip artikel ini untuk membuat bumbu sate padang, sate kacang, dan bumbu sate yang sederhana. Selamat mencoba.



Source of thumbnail: Chicken Satay by Kadek Bonit Permadi