6 Minuman & Makanan sebelum Jogging Penambah Energi - Dapur Umami

6 Minuman & Makanan sebelum Jogging Penambah Energi

Mengonsumsi makanan sebelum jogging dibutuhkan untuk menyuplai energi. Dengan begitu, tubuh jadi lebih bertenaga dan memberi performa maksimal. Ahli diet mengatakan bahwa satu jam sebelum berolahraga tubuh membutuhkan dua asupan utama, yaitu karbohidrat dan protein. Kedua nutrisi tersebut punya peranan masing-masing ketika berolahraga. Intinya, gizi yang cukup sangat memengaruhi ketahanan fisik. Jogging di pagi hari dalam kondisi perut kosong pasti bikin lemas. Maka dari itu, ketahui apa saja minuman dan makanan yang tepat sebelum jogging.


Minuman & Makanan Sebelum Jogging Pagi

Penuhi kebutuhan gizi tubuh sebelum jogging dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein seperti berikut ini:


1. Roti Gandum

Vadim Agapov from Getty Images


Rekomendasi makanan sebelum lari yang pertama adalah roti gandum. Sepotong roti gandum 43 gram mengandung karbohidrat 20 gram. Jumlah ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina saat beraktivitas fisik. Bukan sembarang karbohidrat, tetapi roti gandum merupakan sumber karbohidrat rendah lemak yang baik untuk otot. Saran penyajiannya, buat roti panggang dengan topping selai kacang. Menu ini bisa bikin kamu kuat jogging dalam waktu lama. Cara lainnya, yaitu menambahkan dada ayam rebus sebagai sumber protein yang tinggi.


2. Oatmeal

Arx0nt from Getty Images Pro


Dengan kandungan gandum utuh dan serat tinggi, semangkuk oatmeal cocok sebagai makanan untuk olahraga pagi. Makanan ini mampu mempertahankan energi tubuh lebih lama karena jenis karbohidratnya tercerna secara lambat. Untuk mengonsumsinya, sajikan oatmeal dengan susu rendah lemak dan buah segar. Rasa manis buah menjadikan kadar gula darah dalam aliran darah di dalam tubuh lebih stabil. Sedangkan protein dari susu membantu peningkatan berat badan.


3. Pisang

Yana Gayvoronskaya


Tidak sempat bikin sarapan sebelum olahraga? Pisang bisa menjadi pilihan praktis makanan yang baik dikonsumsi sebelum jogging. Alasannya, tubuh mencerna pisang dengan cepat dan langsung menghasilkan sumber energi. Ini sangat efisien sebagai suntikan energi alami. Tidak heran, seringkali atlet profesional terlihat makan di tengah permainan guna mendongkrak tenaganya. Mineral bernama potasium di kandungan pisang juga bagus untuk pencegahan kram otot, lo! Menurut para ahli, makan pisang sebaiknya satu jam sebelum jogging.


4. Smoothies Buah

dennisyang988 from pixabay


Banyak orang salah kaprah antara smoothies dan jus buah, padahal sangat kelihatan bedanya. Smoothies teksturnya kental, sedangkan jus lebih cair. Selain itu, manisnya smoothies alami dari buah-buahan tanpa pemanis buatan. Minum smoothies sebelum jogging dapat menghilangkan rasa lesu dan mudah dicerna. Cara membuat smoothies sangat mudah. Blender buahnya, lalu tambahkan es ke dalamnya. Ini bisa membuat Mama tetap terhidrasi selama berolahraga di pagi hari atau kapanpun. Coba sajikan smoothies bersama yogurt untuk menambah protein.


5. Kurma

gorkemdemir from Getty Images


Buah kurma mengandung gula alami yang menjadi kriteria makanan yang sesuai sebelum jogging. Rasa manisnya memberi energi, sedangkan potasium berguna untuk meningkatkan kinerja otot.

Kurma juga menyuntikkan karbohidrat secara cepat bagi tubuh. Jadi, makanlah kurma sebelum jogging sebanyak 45 gram agar Mama lebih bertenaga. Saran terbaik, konsumsi kurma paling lambat 30 menit sebelum jogging.


6. Kopi

sonerkose from pixabay


Minuman selain smoothies yang bagus dikonsumsi sebelum olahraga adalah kopi. Namun, kalau tidak terbiasa minum kopi sebaiknya lewati saran ini. Hindari minum kopi sebelum jogging sore karena bakal bikin susah tidur malam harinya. Di samping itu, kopi mengandung kafein, yang dalam sebuah penelitian terbukti dapat sebagai bahan bakar energi. Selama tidak minum berlebihan, ini pasti bermanfaat. Minum kopi espresso dalam takaran secangkir kecil kurang lebih 60 menit sebelum memulai segala aktivitas dan jenis olahraga yang akan dilakukan.


´╗┐Penutup

Kesimpulannya, makanan sebelum jogging yang baik adalah makanan yang mengandung karbohidrat serta protein. Menunya tinggal Mama kreasikan sendiri sesuai keinginan. Yang terpenting, jangan lupa olahraga, ya!