6 Kreasi Jajanan Anak SD yang Sehat, Praktis, dan Enak - Dapur Umami

6 Kreasi Jajanan Anak SD yang Sehat, Praktis, dan Enak

Di kantin atau di depan sekolah dasar pasti sering Mama lihat penjual jajanan yang bervariasi jenisnya seperti martabak mini, telur gulung, dan sebagainya. Seringkali, anak-anak pun tergiur untuk membelinya. Sayangnya, tidak semua jajanan tersebut sehat dan aman untuk dikonsumsi. Simak ulasan di bawah ini tentang kreasi jajanan anak sekolah SD yang tidak hanya sehat tetapi juga mengenyangkan untuk bekal buah hati, atau jadi camilan di rumah. 


Apa itu Jajanan Sehat? 


Seorang ahli gizi dari Los Angeles mengatakan bahwa anak membutuhkan nutrisi yang lebih banyak daripada orang dewasa sebagai bahan bakar tambahan. Oleh karena itu, anak-anak masih suka mengonsumsi camilan sekalipun sudah sarapan, baik itu makan siang atau makan malam. 


Bagi anak SD, jajan di kantin atau di depan sekolah adalah momen yang paling dinantikan. Tapi, tidak semua jajanan tersebut sehat dan aman. Mama wajib waspada akan kebersihannya, termasuk tambahan bahan pengawet, pewarna non makanan, dll. 


Saat anak mengonsumsi jajanan tidak sehat secara terus-menerus, maka kesehatan pun akan menjadi terganggu. Itulah mengapa, Mama harus pintar-pintar membuat resep jajanan sehat sendiri agar anak tidak tergiur membeli di luar. 


Jajanan sehat berarti semua jenis jajan yang mempunyai nilai gizi, untuk membantu tumbuh kembang anak. Dengan demikian, anak tidak akan mudah sakit dan kekurangan gizi.  


Kreasi Jajanan Sehat Anak SD yang Sehat, Praktis, dan Enak

Agar nutrisi tercukupi, memang lebih baik jika Mama membuat jajanan anak homemade. Berikut adalah daftar kreasi jajanan anak SD yang bisa Mama buat dirumah dengan praktis dan tidak kalah enak. 


Telur Gulung


Salah satu jajanan anak yang lagi viral adalah telur gulung. Makanan ini biasanya mudah Mama jumpai di depan gerbang SD, dengan bahan utamanya adalah telur dan air. 


Nah, agar jauh lebih aman, Mama bisa membuat kreasi telur gulung sendiri yang lebih sehat dan higienis. Bahan yang perlu Mama siapkan hanya telur, satu sendok teh AJI-NO-MOTO®, sejumput garam dan air. Air di sini berfungsi agar telur menyebar saat digoreng sehingga dapat menggulungnya dengan mudah. 


Cara membuatnya adalah mencampur semua bahan menjadi satu, aduk hingga rata. Kemudian tuang telur ke dalam minyak panas. Gulung-gulung dan goreng hingga matang. Angkat kemudian sajikan dengan saus tomat. 


Siomay



Selain membuat telur gulung, siomay juga salah satu jajanan sehat yang cocok untuk bekal sekolah. Siomay merupakan jajanan SD tanpa minyak yang enak, sehat dan mengenyangkan. Mama bisa membuat kreasi siomay dengan isi ayam wortel udang yang lebih menyehatkan. 


Pizza


Makanan asal Italia ini juga bisa menjadi ide jajanan untuk bekal. Agar tidak repot, Mama bisa membuat pizza dari roti tawar dengan topping keju, saus tomat, dan sosis. Tambahkan oregano agar aroma khas pizza keluar. 


Puding Agar


Daripada anak jajan di depan sekolah terus, Mama bisa membuat puding sendiri dari rumah. Saat membuat puding, Mama bisa tambahkan buah segar favorit anak, sehingga lebih menyehatkan. 


Sosis Gulung Mie


Selain di atas, jajanan sehat murah yang bisa Mama buat sendiri di rumah adalah sosis mie. Enggak cuma cocok sebagai bekal camilan di sekolah, sosis mie juga bisa menjadi pengganti lauk saat makan siang anak. Agar kebutuhan nutrisi tercukupi, maka Mama bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas. 




Roti Abon


Roti abon juga bisa menjadi pilihan jajanan sehat anak SD. Cara membuatnya pun cukup mudah, terlebih lagi rasanya enak dan bergizi. Mama hanya perlu menyiapkan roti tawar, telur, Mayumi® mayonnaise, abon rasa sapi, SKM. 


Pipihkan roti tawar kemudian panggang di atas teflon dan oles roti dengan telur hingga rata. Taburi daun bawang dan wijen, lalu panggang hingga matang. Setelah itu, angkat dan olesi roti dengan Mayumi® mayones. Taburi abon, lalu gulung. Potong roti menjadi dua, masing-masing ujungnya olesi dengan mayones dan beri abon. Semua bisa Mama dapatkan resepnya di sini


Itulah beberapa kreasi jajanan anak SD yang bisa Mama buat di rumah sebagai bekal sekolah anak, sehingga tidak lagi tergiur untuk jajan di luar. Nutrisi dan kehigienisan terjamin, anak kenyang Mama senang. Selamat berkreasi, ya Ma.



Source of thumbnail: Telur gulung gulung telur adalah jajanan tradisional berbahan dasar telur by rizkyama's Images