Artikel & Tips 5 Resep Sup Ayam Rumahan Sederhana yang Enak dan Gurih
5 Resep Sup Ayam Rumahan Sederhana yang Enak dan Gurih

5 Resep Sup Ayam Rumahan Sederhana yang Enak dan Gurih

07 Dec 2022, 16:12

Sop atau sup ayam adalah hidangan rumahan favorit masyarakat, terlebih di cuaca dingin. Khususnya di Indonesia, kuah sup kaya akan rempah-rempah sehingga rasanya sangat khas dan menjadi menu makan andalan keluarga sehari hari. Hidangan berkuah ini juga banyak macamnya. Bahkan beberapa negara memiliki sup tradisionalnya sendiri seperti Italia dan Korea. Mau masak sup dengan bahan ayam? Kali ini Dapur Umami akan memberi referensi cara membuat sop ayam sederhana sampai yang rumit yang pastinya semua lezat dengan berbagai cara penyajian.


Resep dan Cara Masak Sup Ayam Enak


Berikut beberapa ide resep sup sederhana yang enak dan cara masaknya:


1. Sup Ayam Kampung Bening

Ilustrasi sup ayam kampung bening oleh Mizina from Getty Images


Sesuai namanya, bahan utama resep yang pertama adalah ayam kampung. Kelebihannya antara lain sedikit lemaknya dan bergizi tinggi, tentunya air kaldunya sehat untuk tubuh.. 

Resep sup ayam bening ini proses masaknya sekitar 60 menit. Pertama, rebus potongan ayam dengan api kecil. Kedua, masukkan tumisan bawang putih, kaldu ayam, wortel, dan kentang. Bumbui dengan garam, merica dan Masako® sesuai selera lalu tinggal tunggu hingga matang. Tanda-tanda sup matang yaitu sayurannya sudah melunak.


2. Sup Ayam Jagung

ildipapp


Ide resep sup ayam simple yang kedua yaitu dengan bahan jagung. Ini patut dicoba jika Mama bosan masak sup yang itu-itu saja. Kuah kaldu ayam bercampur jagung manis adalah perpaduan sempurna. Cara membuatnya mudah. Potong daging ayam kecil-kecil lalu rebus sampai empuk. Setelah itu masukkan bumbu, sayuran, dan jagung pipil. Diamkan sampai tercium aroma wangi. Terakhir, tambahkan bahan pelengkap seperti tomat dan daun bawang. Sebagai pengganti jagung, Mama bisa membuat Sup Ayam Buncis Masako®.


3. Sup Ayam Shitake

StaryLyss-IS from Getty Images


Jamur shitake adalah salah satu jenis bahan makanan sehat yang mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Salah satu olahan shitake yang banyak disukai orang yaitu sup. Sup ayam jamur shitake dengan kuah bening berlemak rasanya gurih dan bikin nagih. Urutan prosesnya yaitu rebus ayam potong dulu kemudian masukkan jamur shitake di akhir. Rebus hingga ayamnya empuk. Saat merebus potongan ayam kampung, gunakan jahe dan bunga lawang agar semakin harum. Bumbunya cukup tumisan bawang putih dan bombay. Tuangkan jamur shitake lalu masukkan garam, bubuk merica dan Masako®. Tunggu sampai ayamnya lunak dulu, baru masukkan sayurannya. Kombinasi nikmat lainnya yaitu Resep Sup Sapi Jamur Ala Masako® dengan bahan jamur kancing dan daging sapi.


4. Sup Ayam Makaroni

Amarita from Getty Images


Sup makaroni ayam dengan kuah creamy cocok dinikmati bersama keluarga. Bahan-bahannya sederhana dan pembuatannya juga gampang. Sebagai permulaan, buat kaldunya dengan cara merebus tulang ayam. Setelah itu bumbui airnya dengan tumisan bombay dan didihkan. Potong-potong ayam lalu masukkan ke dalam rebusan bersama dengan sayuran. Jangan lupa berikan bumbu sop ayam yaitu garam dan merica ya, Ma. Kalau mau mencicipi resep sup ayam ala restoran, tambakan susu full cream supaya creamy. Terakhir, masukkan makaroninya. Matikan kompor ketika sup mulai mengental. Masukan daun seledri. Sup ayam siap dihidangkan dengan nasi putih hangat.


5. Sup Ayam Korea Dakdoritang

Nataly Hanin from Getty Images


Sup Ayam Spesial ala Masako® yang terakhir adalah sup dakdoritang dari Korea. Menu ini khusus untuk para penggemar makanan pedas. Bedanya dengan sup Indonesia kebanyakan, Dakdoritang menggunakan potongan ayam utuh, biasanya paha atau sayap. Kuahnya juga tidak bening. Bahan-bahan sup dakdoritang bisa Mama cari di marketplace. Bumbu kuahnya yaitu gochujang, gochugaru, kecap asin, lada, cuka beras, serta gula. Masak bahan-bahan bersama ayamnya dengan api kecil dengan panci tertutup sampai daging berwarna kecoklatan. Baru setelah itu masukkan sayuran, bawang putih, bombay, dan jahe. Masak sampai kuahnya kental kemudian sajikan hangat-hangat dengan topping daun bawang dan biji wijen.


Penutup

Masak sup ayam kelihatannya memang semudah memasuk-masukkan bahan ke dalam rebusan air. Akan tetapi, kunci keberhasilan masak sup terdapat pada bumbunya. Pakai Masako® agar kaldu ayamnya lebih berasa.


Source of thumbnail: airdone from Getty Images
Jurnal Umami

Fitur untuk berbagi dan bertukar informasi secara interaktif antar member Dapur Umami

Tanya NutriExpert

Manfaatkan konsultasi gratis seputar kesehatan dengan Nutritionist Terpercaya

Umami Coins

Tingkatkan Aktivitas Dan Kumpulkan Umami Coins Untuk Ditukarkan Dengan Hadiah Menarik.