5 Resep Masakan yang Dibungkus Daun Pisang, Lezat dan Unik

Aroma daun pisang selalu berhasil membangkitkan selera makan. Tak percaya? Coba variasi resep masakan yang dibungkus daun pisang berikut ini.


sumber: https://www.pexels.com/photo/cooked-food-on-green-ceramic-plate-5410418/ 


Daun pisang memberikan aroma dan cita rasa yang unik dan spesifik. Karena itu, resep masakan yang dibungkus daun pisang selalu laku sepanjang zaman.


Sebagai negara yang terletak di wilayah tropis, Indonesia kaya akan ragam kuliner sehari-hari yang menggunakan bungkus daun pisang. Dari mulai jajanan hingga lauk kukus, semuanya sangat menggiurkan.


Buat Mama yang ingin membuat masakan spesial dengan menggunakan daun pisang, bisa mencoba 5 resep berikut.


Pepes Ikan Mas


Pepes ikan mas merupakan resep daun pisang legendaris dari masa ke masa.


Harumnya bumbu dan aroma kemangi berpadu dengan segarnya daging ikan mas menjadi alasan kenapa hampir semua orang menyukainya. Apalagi dengan tambahan kecap manis di atasnya.


Cara buatnya mudah. Pertama, bersihkan ikan mas dan percikkan air jeruk nipis bila perlu agar amisnya hilang.


Selanjutnya, rendam ikan yang sudah bersih di dalam bumbu rendaman selama 15 menit. Bumbu rendaman terbuat dari air, cabai hijau atau merah giling, dan 1 bungkus Sajiku® Bumbu Ikan Goreng.


Selanjutnya, isi perut ikan dengan potongan cabai rawit, serai, dan kemangi. Kemudian bungkus dengan daun pisang dan kukus selama selama 30 menit.


Gadon Daging Sapi


Gadon daging adalah makanan yang menggunakan daun pisang khas Jawa, terbuat dari daging berbumbu. Jenis daging untuk ini biasanya adalah daging sapi dan sudah melalui proses penggilingan terlebih dahulu.


Bumbunya terdiri atas bawang merah & putih, kemiri, ketumbar dan merica bubuk, serta gula merah & garam secukupnya. Jangan lupa untuk menambahkan AJI-NO-MOTO® tanpa perlu tambahan saus tiram untuk memberikan rasa yang lebih lezat.


Campur daging giling dengan bumbu halus, serta tambahkan irisan cabe, telur ayam, dan susu rendah lemak. Selanjutnya, aduk hingga jadi adonan, lalu bungkus dengan daun pisang seperti bikin botok.


Kukus selama 30 menit, lalu angkat dan sajikan.


Pepes Ayam


Selain ikan dan daging, ayam juga termasuk lauk yang bisa diolah dalam bentuk pepes. Bahkan, dengan cara ini, selain dagingnya jadi lebih lembut, gizi dan vitaminnya juga terjaga dengan baik.


Cara masaknya terbagi jadi 2 tahap. Pertama dengan merendamnya dalam bumbu dan memanaskannya hingga air menguap habis. Setelah itu, bungkus dengan daun pisang bersama kemangi dan irisan cabe lalu panggang di atas teflon.


Untuk bumbu lengkap dengan cara membuatnya, Mama bisa melihatnya di Resep Pepes Ayam Ajinomoto berikut.


Botok Jamur

Jika ingin cita rasa yang tidak menggunakan daging, Mama dapat mencoba untuk memasak botok jamur. Rasanya lezat dan teksturnya tak kalah dengan daging.


Selain jamur, bahan lainnya adalah tahu cina dan 1 butir telur. Siapkan masing-masing 100 gram jamur kancing, 100 gram tahu, dan 1 telur atau perbandingannya 1 : 1. Setelah itu, bumbunya cuma irisan cabe merah, daun bawang, dan daun jeruk.


Haluskan bahan lalu campurkan semua bumbu dan aduk merata. Kemudian bungkus dengan daun pisang, masing-masing sekitar 2 sendok makan per bungkus.

Kukus selama kurang lebih 30 menit, kemudian angkat dan tiriskan.


Nasi Bakar Teriyaki


Selain lauk, nasi juga bisa jadi makanan yang dibungkus daun pisang. Caranya dengan membuat nasi bakar Teriyaki ala SAORI®.


Bahan utamanya nasi, sedangkan campuran tambahannya adalah tuna suwir, serta jagung manis pipil bila ada. Adapun bumbunya cuma butuh cabai merah dan saus SAORI® Saus Teriyaki.


Cara membuatnya, panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta SAORI® Saus Teriyaki ke dalam wajan. Tumis hingga matang dan harum.


Letakkan nasi di atas daun pisang lalu siramkan bahan yang telah ditumis sebelumnya. Bungkus memanjang seperti pepes, lalu panggang di atas teflon hingga daun pisang berwarna kecoklatan.


Sajikan dengan kondimen tomat dan selada agar lebih segar. Hidangan ini cocok untuk menemani acara bakar-bakaran di tahun baru.


Itu dia rekomendasi 5 resep masakan yang dibungkus daun pisang. Bagaimana, kira-kira mana yang cocok untuk dimasak bagi keluarga Mama di rumah? Jangan lupa untuk mengecek resep masakan rumahan lainnya di Dapur Umami ya.