5 Resep Cemilan Goreng yang Mudah Dibuat dan Lezat ala Dapur Umami

Di Indonesia, ada banyak sekali resep cemilan goreng dengan kelezatan yang hakiki. Tapi sayangnya, tak semuanya mudah untuk Mama buat. Sebagian ada yang membutuhkan proses yang ribet dan waktu yang lama.

Dari sekian banyak resep yang Dapur Umami miliki, ada lima resep cemilan goreng yang mudah dibuat terbaik yang layak Mama buktikan!


Telur Gulung ala AJI-NO-MOTO®


Daripada jajan telur gulung di luar, mending Mama bikin sendiri. Selain terjamin kebersihannya, Mama bisa pastikan penyedapnya adalah AJI-NO-MOTO® yang sudah terbukti bikin makanan gurih dan lebih lezat.


Cara membuat resep ini bisa Mama mulai dengan mencampurkan telur, saus tomat, sedikit air, garam, dan bumbu AJI-NO-MOTO® dalam satu wadah. Selanjutnya, kocok telur hingga berbusa.


Kunci agar tak gagal ada saat proses memasak. Nyalakan kompor dengan api kecil dan tunggu minyak hingga benar-benar panas. Selain itu, Mama hanya punya waktu 5-10 detik untuk menggulung telur ketika sudah menuangkannya di atas wajan agar tidak keburu kering dan mudah hancur.


Bakwan Tahu Udang ala Sajiku®


Sekarang, Mama bisa bikin bakwan dengan lebih praktis dan cepat karena ada Sajiku® Tepung Bumbu Bakwan Crispy. Bakwan tahu udang adalah salah satu resep cemilan gurih favorit punya Dapur Umami.


Jika Mama mau coba, menyiapkan wadah dengan campuran tepung Sajiku® dan air. Untuk 1 sachet Sajiku® 500 gram, takaran airnya cukup 130 mililiter. Aduk keduanya sampai tercampur.


Kemudian, masukan potongan wortel, tahu putih yang sudah halus, udang cincang, serta kacang polong. Setelah mengaduknya dengan rata, Mama bisa siapkan minyak panas dan mulai menggorengnya.


Sempol Ayam Pedas ala Sajiku®


Sempol ayam adalah resep cemilan goreng pedas yang wajib Mama coba. Bukan hanya karena pedasnya, kombinasi tekstur crispy di luar dan lembut di dalam memberi sensasi makan yang lebih enak.


Adonan dasar dari sempol dapat Mama buat dari campuran ayam cincang dan tepung tapioka. Setelah tercampur merata, Mama bisa membalutnya ke tusukan sate. Selanjutnya, siapkan dua wadah untuk menyimpan adonan basah dan kering dari Sajiku® Tepung Bumbu Rasa Pedas. 


Sebelum digoreng, celupkan sempol ke adonan basah terlebih dahulu lalu guling-guling di adonan kering. Cara ini akan membuat sempol ayam benar-benar crispy, gurih, dan bikin nagih.


Cireng Umami ala AJI-NO-MOTO®


Dari sekian banyak cemilan khas Bandung, cireng termasuk yang paling mudah untuk Mama buat. Dapur Umami juga punya resep spesial untuk cemilan ini.


Bahan campuran adonannya terdiri dari tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih, bawang daun, garam, air, dan AJI-NO-MOTO®. Silahkan Mama campur semua bahan adonan lalu uleni hingga merata dan teksturnya kenyal. Sambil menguleni, Mama sebaiknya tuang lagi tepung tapioka agar adonan tidak lengket di tangan.


Setelah itu, bentuk adonan dan isi dengan kornet. Terakhir, siapkan minyak panas dan goreng hingga matang. Agar lebih nikmat, siapkan bumbu kacang sebagai cocolan.


Telur Crispy ala Sajiku®


Telur crispy, emang ada ya? Ada dong. Dengan Sajiku® Tepung Bumbu Serbaguna, Mama bisa mengolah telur yang teksturnya lembut jadi cemilan crispy yang super lezat.


Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah mencampurkan telur, irisan daun bawang dan irisan bayam dalam satu wadah. Lalu, kocok-kocok hingga berbusa dan goreng dengan minyak panas seperti hendak membuat telur dadar.


Kalau sudah beres, siapkan dua wadah terpisah. Isi satu wadah dengan campuran Sajiku® dan air es, sementara yang satunya lagi isi dengan adonan Sajiku® kering. Selanjutnya, celup telur ke adonan basah lalu guling-guling di adonan kering sebelum Mama menggorengnya hingga crispy. 


Terakhir, angkat dan tiriskan telur crispy, cemilan ini kini siap dihidangkan!

“Selain memberi efek rasa yang lebih umami. produk AJI-NO-MOTO® bisa membuat proses memasak Mama lebih mudah dan praktis.“

Dengan bantuan produk-produk dari AJI-NO-MOTO®, sebenarnya masih banyak resep cemilan goreng yang Mama bisa kreasikan di rumah. Namun, pastikan jajal deretan resep di atas dulu ya!