5 Rekomendasi Makanan Diet Rendah Kalori yang Rasanya Enak

Nggak selamanya makanan diet murah dan sehat itu tidak berasa, hambar, dan membosankan - mama harus coba empat variasi makanan, cemilan, buah dan sayur di bawah ini.

Harganya murah, gampang dicari, dan jumlah kalorinya kecil pula.

Sedang cari inspirasi cemilan dan makanan harian yang bagus untuk diet pola makan? Cobain pilihan makanan rendah lemak di bawah.


1. Oatmeal

Sumber: Canva


Kalau ada makanan yang paling cocok untuk menu sarapan, memiliki kalori rendah, dan rasanya enak, oatmeal bisa jadi pilihan tepat.

Karena jenis makanannya ada banyak, usahakan tidak memilih oatmeal instan dengan tambahan rasa. Kenapa? Karena biasanya mengandung gula tambahan sehingga kandungan kalorinya lebih besar.

Jadi untuk program diet Mama bisa memilih oatmeal tawar atau original.


Gizi dan Kalori Oatmeal

Berikut ini adalah gizi dan kalori oatmeal:

Kalori per 100 g: 62 kal

Lemak: 1,02 g

Karbohidrat: 10,84 g

Protein: 2,59 g

https://www.fatsecret.co.id/Diary.aspx?pa=fjrd&eid=10725727831&dt=18927


2. Telur

Sumber: Canva


Praktis, cara mengolahnya variatif, dan banyak penjualnya - telur adalah makanan diet rendah kalori dan karbohidrat yang paling sempurna kalau mama ingin punya badan langsing.

Telur ini bisa mama jadikan makanan rutin setiap hari karena penyajiannya bervariatif dan simpel. Bisa digoreng menggunakan butter atau olive oil, dimasak kering pakai air fryer, bahkan bisa Anda rebus dan simpan di dalam kulkas untuk dimakan sebagai camilan saat lapar.

Kenapa telur rebus cocok sebagai camilan? Karena nutrisinya padat dan menyehatkan - coba lihat di bawah.


Gizi dan Kalori Telur

Berikut ini adalah gizi dan kalori telur utuh (termasuk kuningnya):

Kalori per 100 g: 147 kal

Lemak: 9,94 g

Karbohidrat: 0,77 g

Protein: 12,58 g

https://www.fatsecret.co.id/Diary.aspx?pa=fj&dt=18927

Catatan: karena telur adalah makanan berlemak tinggi, mama yang tidak ingin mengonsumsi banyak lemak dan takut dengan isu kolesterol di dalam telur dan biji bijian, siasati dengan cara membuang kuning dan hanya konsumsi putih telurnya saja.


3. Kentang (Potatoes)

Sumber: Canva


Kentang ini cocok sekali sebagai makanan diet pemula. Apalagi buat mama yang nggak mau repot menyiapkan banyak resep healthy food, tapi ingin hidangan yang simpel-simpel dan rasanya enak.

Sama seperti telur, kentang ini variatif cara olahnya. Mama bisa menjadikannya sebagai mashed potatoes, digoreng menggunakan air fryer, dan gampang disandingkan dengan hidangan diet sehat lainnya seperti kacang-kacangan.


Gizi dan Kalori Kentang

Berikut ini adalah gizi dan kalori kentang rebus (tanpa bumbu tambahan):

Kalori per 100 g: 87 kal

Lemak: 0,1 g

Karbohidrat: 20,13 g

Protein: 1,87 g

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/kentang-rebus

Catatan: karbohidrat dalam kentang lumayan tinggi. Untuk membantu mengurangi asupan karbo, sebaiknya pilih antara kentang atau nasi untuk dijadikan sebagai sumber karbohidrat harian. Misalnya pilih kentang, berarti mama harus kurang/hindari nasi.


4. Ikan Salmon

Sumber: Canva


Kaya akan nutrisi omega-3 serta vitamin dan mineral, ikan salmon bukan hanya efisien untuk diet, tapi juga bagus sebagai penangkal resiko penyakit jantung, depresi, asma, dan obat nyeri persendian yang alami.

Ikan salmon juga kaya akan protein dan nutrisi. Dengan macro-nutrient yang sempurna, diet dengan cara sesekali mengonsumsi ikan salmon sangat efektif supaya proses penurunan berat badan lebih sehat.


Gizi dan Kalori Ikan Salmon

Berikut ini adalah gizi dan kalori di dalam ikan salmon:

Kalori per 100 g: 146 kal

Lemak: 5,93 g

Karbohidrat: 0 g

Protein: 21,62 g

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/ikan-salmon

Catatan: ikan salmon terkenal mahal harganya. Kalau bunda mencari daging-dagingan yang kaya nutrisi seperti salmon tapi harganya lebih murah, alternatifnya adalah mengonsumsi dada ayam.


5. Tomat

Sumber: Canva


Kalau mama sedang mencari rekomendasi buah buahan yang mengandung serat dan kalorinya rendah untuk konsumsi harian, pilih tomat saja.

Kalorinya sangat kecil, mengenyangkan, dan bisa Anda jadikan jus sebagai pelengkap makan siang atau makan malam supaya merasa kenyang lebih lama.


Gizi dan Kalori Buah Tomat

Berikut ini adalah gizi dan kalori di dalam buah tomat:

Kalori per 100 g: 18 kal

Lemak: 0,2 g

Karbohidrat: 3,92 g

Protein: 0,88 g

https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/umum/tomat


Penutup

Meskipun setiap hari mengonsumsi makanan diet, bukan berarti mama harus makan hidangan yang rasanya hambar. Mama bisa mencari rekomendasi resep makanan rendah kalori ala Dapur Umami, selain sehat rasanya juga enak. Jadi bisa diet bisa juga makan enak, eat well - live well!